10 Komik Jepang (Shōnen Manga) Yang Seru Dibaca

Portgas D. Ace dari komik manga One Piece

Komik Jepang alias Manga memang memberi pengaruh luar biasa di dunia komik. Tidak sedikit komik Manga yang menjadi favorit pembaca di seluruh dunia. Oleh karena itu, nggak salah dong kalau kami memilih beberapa yang jadi kesukaan kami?

Sebelum masuk ke daftar, perlu kami sebut kalau yang ada di daftar ini adalah komik Manga bergenre shōnen.

Shōnen merupakan komik Jepang yang ditujukan untuk pembaca remaja pria. Berbeda dengan Shōjo (komik cantik) yang ditujukan untuk remaja perempuan. Biasanya, shōnen manga memiliki karakter cerita yang penuh aksi, tokoh utamanya rata-rata remaja pria, dan biasanya si tokoh utama punya impian untuk jadi orang yang lebih hebat.

Oya, beberapa shōnen manga populer sudah tamat. Misalnya Naruto, Bleach, Toriko, Fairy Tail, dll. Di sini kami coba pilih yang masih belum tamat. Mungkin nanti akan berubah seiring perkembangan waktu.

One Piece

manga one piece

One Piece mungkin merupakan salah satu komik dengan cerita terpanjang yang ada. Komik ini mulai diterbitkan di majalah Weekly Shōnen Jump sejak tahun 1997 sampai sekarang! Pada bukan Oktober 2017, One Piece sudah terjual sebanyak 430 juta kopi, membuatnya menjadi komik Jepang paling laris sepanjang masa. Posisi yang dipegangnya selama 10 tahun berturut-turut.

Kamu pasti sudah tahu ceritanya. Monkey D. Luffy bersama teman-temannya, bajak laut “Topi Jerami” (Straw Hat Pirates), bertualang mengarungi samudra demi mencari harta karun “One Piece” dan menjadi raja bajak laut (Pirate King).

One Piece memiliki alur cerita yang seru. Pada setiap plot selalu ada saja yang menarik. Selain itu, komik ini juga terkenal karena gambarnya yang unik.

Shokugeki no Sōma

Shokugeki no Sōma — atau lengkapnya Food Wars!: Shokugeki no Soma — mulai tayang di Weekly Shōnen Jump sejak November 2012. Dengan cepat komik manga ini menjadi favorit.

Komik ini bercerita tentang Yukihira Sōma yang ingin mengalahkan ayahnya dalam kemampuan memasak. Ia kemudian masuk ke sekolah masak bergengsi Totsuki. Di sana, ia bertarung dengan koki lain dalam arena Shokugeki untuk bisa mencapai puncak.

Cerita Shokugeki no Sōma juga seru dan tidak membosankan. Tokoh-tokoh di dalamnya juga unik dan lucu. Salah satu yang membuat komik ini terkenal adalah adegan “Foodgasm” yang bombastis setelah mencicipi makanan. ????

The Seven Deadly Sins

shonen manga the seven deadly sins

The Seven Deadly Sins — atau Nanatsu no Tanzai — merupakan komik Jepang bertema fantasi. Komik ini hadir hampir bersamaan dengan Shokugeki no Sōma, yaitu pada bulan Oktober 2012. Manga ini pun tidak kalah cepat menjadi populer.

The Seven Deadly Sins bercerita tentang sekelompok ksatria elit yang menghilang dari peredaran dan diburu sebagai kriminal. Secara perlahan mereka berhasil membuktikan kalau mereka tidak bersalah. Dalam petualangannya mereka harus bertempur dengan pasukan dari ras lain yang tidak kalah kuat.

Kekuatan utama komik Nanatsu no Tanzai ini mungkin terletak dari karakter utamanya yang unik. Masing-masing menyimpan misteri dan kemampuan tersendiri. Misteri itu juga melingkupi hampir semua plot cerita. Yang akhirnya selalu membuat penasaran.

Kengan Ashura

kengan ashura

Kengan Ashura adalah manga berlatar bela diri. Komik ini pertama kali terbit di majalah Ura Sunday. Komik ini mungkin belum sepopuler Naruto atau One Piece. Tapi tidak kalah seru.

Manga ini bercerita tentang pertarungan gladiator yang menjadi ajang persaingan pebisnis Jepang. Tokita Ohma, yang dijuluki Ashura, merupakan salah satu petarung di sana. Di arena itu ia bertemu dengan petarung hebat lain, termasuk yang nomor satu “The Fang of Metsudo”. Di samping itu ia juga harus berhadapan dengan dendam masa lalu yang kelam.

Kengan Ashura menampilkan cerita penuh aksi dan sering kali brutal. Yang tidak kalah menarik, manga ini akan ditayangkan oleh Netflix pada tahun 2019. Oh, lalu sidah ada juga lanjutannya yang berjudul Kengan Omega.

Black Clover

komik manga black clover

Black Clover adalah sebuah komik fantasi yang terbit pertama kali pada bulan Februari 2015 di Weekly Shōnen Jump. Manga ini tidak langsung melejit kepopulerannya, tapi secara perlahan tapi pasti makin banyak disukai.

Cerita Black Clover punya unsur cerita yang mirip dengan One Piece. Di One Piece, Luffy ingin jadi Pirate King; sedangkan di Black Clover, Asta ingin jadi Magic Emperor. Asta sendiri adalah seorang bocah yang tidak punya kemampuan sihir. Walau begitu ia berhasil masuk ke kelompok Black Bull, menemukan kemampuan anti-magic dan dua senjata sakti.

Black Clover memiliki plot cerita yang seru. Sejauh ini masih banyak misteri yang melingkupi jalan cerita seluruhnya. Komik ini juga punya banyak karakter unik yang menghibur.

My Hero Academia

manga my hero academia

My Hero Academia — atau Boku no Hīrō Akademia — adalah sebuah komik manga action. Komik ini mulai menjadi serial di Weekly Shōnen Jump pada bulan Februari 2015. Komik ini termasuk cepat mendapat adaptasi dalam bentuk anime (tahun 2016).

My Hero Academia bercerita tentang Izuku Midoriya, seorang bocah tanpa kekuatan super (“Quirks“), yang bercita-cita jadi superhero. Karena kegigihan dan niat baiknya, ia mewarisi quirkOne For All” dari superhero terhebat, All Might.

Secara umum, My Hero Academia dan Black Clover memang punya cerita yang mirip. Toh My Hero Academia punya keunikan baik dari sisi karakter maupun plot cerita tersendiri.

Kimetsu no Yaiba

kimetsu no yaiba

Kimetsu no Yaiba merupakan sebuah komik manga action bertema supranatural. Komik ini mulai menjadi serial di Weekly Shōnen Jump mulai bulan Februari 2016.

Kimetsu no Yaiba bercerita tentang kakak beradik Kamado Tanjirou dan Kamado Nezuko yang bertualang setelah keluarganya dibunuh monster. Nezuko sendiri, walau selamat, berubah menjadi monster. Dalam usaha membalas dendam, Tanjirou masuk ke korps Demon Hunter.

Komik ini punya jalan cerita dan tokoh-tokoh yang cukup unik. Misalnya Tanjirou yang selalu menggendong Nezuko di dalam ransel bambu, atau Inosuke yang selalu pakai topeng babi hutan. Aksinya — termasuk jurus-jurus pedang — seru dan bikin penasaran.

Enen no Shouboutai

manga enen no shouboutai (fire force)

Enen no ShouboutaiFire Force atau Fire Brigade of Flames — adalah komik Jepang bertema fantasi supranatural. Komik ini mulai menjadi serial di Weekly Shōnen Jump mulai September 2015.

Enen no Shouboutai bercerita tentang Shinra Kusakabe, seorang anak laki-laki yang dijuluki Devil’s Footprint. Ia bergabung dengan brigrade pemadam kebakaran unik (masing-masing punya kekuatan api) untuk memecahkan misteri kematian keluarganya beberapa tahun silam.

Komik ini menarik karena memberikan sesuatu yang cukup berbeda. Sebuah brigade pemadam kebakaran yang berusaha mengalahkan api dengan api. Tokoh-tokohnya juga menarik, misalnya Tamaki yang selalu copot bajunya di berbagai kesempatan.

Shingeki no Kyojin

Shingeki No Kyojin atau Attack on Titan

Shingeki no Kyojin, atau Attack on Titan, merupakan salah satu manga yang paling populer saat ini. Komik ini mulai menjadi serial di Bessatsu Shōnen Magazine pada September 2009. Sebelumnya kisah ini berasal dari light novel berjudul Before the Fall. Tidak hanya komiknya, anime Attack on Titan juga meraup kesuksesan.

Cerita Shingeki no Kyojin berpusat pada Eren Yeager dan kedua temannya, ikasa Ackerman dan Armin Arlert. Mereka bergabung dengan militer untuk mempertahankan kota mereka dari serangan Titan (raksasa yang suka makan manusia tanpa alasan).

Tema post-apocalypse yang seringkali brutal dan tidak mudah ditebak membuat komik ini susah dilewatkan. Walau Attack on Titan bukan merupakan favorit saya pribadi, harus diakui komik ini memang menarik.

One Punch Man

manga one punch man

One-Punch Man — kalau dalam bahasa Jepang Wanpanman — juga merupakan salah satu manga yang paling populer saat ini. Awalnya, komik ini merupakan webcomic yang mulai dipublikasikan tahun 2009. Kemudian One-Punch Man dibuat ulang di Young Jump Web Comics, dan jadi serial di Weekly Shōnen Jump pada Desember 2016.

Komik ini bercerita tentang Saitama, seorang superhero yang begitu kuat sampai bisa mengalahkan musuh hanya sekali pukul. Namun lama kelamaan ia menjadi bosan karena tidak ada tantangan. Petualangannya berlanjut dengan bertemu superhero lain dan berbagai musuh.

One-Punch Man punya cerita menarik, seru, dan kocak. Kalau Saitama sudah berlatih keras sampai botak, apalagi yang bisa kita minta?

Itulah beberapa manga pilihan kami. Yah, kami akui cukup sulit memilihnya. Ada banyak komik Jepang menarik yang beredar.

Kalau kamu mau membaca di handphone, silakan lihat aplikasi baca komik pilihan kami. Jika kamu memakai Android, bolehlah kami menyarankan Tachiyomi. Kami bahkan pernah menulis cara memakai Tachiyomi untuk baca komik online.

%d blogger menyukai ini: