Aplikasi Baca Manga Android Terbaik? Tachiyomi Jawabnya

baca komik di android

Tachiyomi merupakan salah satu aplikasi baca manga Android terbaik. Kali ini kami akan membahas aplikasi satu ini sedikit lebih jauh.

Sekarang, banyak kegiatan sudah kita lakukan dengan handphone. Termasuk juga membaca komik online. Walau membaca di komputer punya tampilan lebih besar, tapi membaca lewat handphone memang lebih praktis.

Nah, bicara soal Android, seperti yang sudah kamu ketahui, ada banyak aplikasi untuk komik online. Salah satunya Tachiyomi ini. Apa yang menarik dari aplikasi satu ini?

Aplikasi Baca Manga dan Webtoon

Komik online memiliki banyak format. Yang berasal dari scanlation, tentunya punya bentuk seperti komik biasa. Konvensional. Selain itu ada juga yang memiliki format webtoon dengan susunan vertikal, seperti komik Korea. Tachiyomi mendukung semua format tersebut. 

Kalau mau, kamu pun bisa mengatur halaman komik scanlation seperti webtoon. Bisa juga seperti komik biasa tapi berganti halaman seperti webtoon (menggeser ke atas). Jadi sangat fleksibel.

baca manga dan webtoon

Baca manga dan webtoon

Mendukung Banyak Sumber

Kalau kamu hobi baca manga atau manhwa (komik Korea), kamu pasti tahu kalau ada banyak situs komik online di internet. Nah, Tachiyomi mendukung banyak situs tersebut. Mulai dari MangaHere, MangaFox, KissManga, dll. Ini juga salah satu alasan kenapa Tachiyomi jadi aplikasi baca manga Android terbaik.

Secara bawaan sudah ada dukungan untuk beberapa situs tertentu. Yang lebih seru lagi, ada banyak ekstensi tambahan untuk berbagai situs lain. Dengan begitu, kamu bisa mencari komik kesukaanmu dengan lebih leluasa. Lalu, di sumber yang bersangkutan, kamu bisa memilih genre manga. Apakah mau Shōnen, Shōujo, atau apa pun.

sumber situs komik online

Sumber situs komik online

Mudah Mengatur Koleksi Komik

Selain punya penampilan yang enak dilihat, Tachiyomi juga mudah dipakai. Halaman utama akan menampilkan Pustaka Komik (koleksi komik yang kamu baca). Kalau kamu membuka menu kiri, kamu akan menemukan pilihan umum aplikasi. Sementara, di bagian atas ada pilihan untuk menyaring dan mengurutkan koleksi tersebut.

Begitupun ketika kamu masuk ke salah satu manga. Ada urutan bab komik yang terbit, beserta filter dan urutannya. Jadi kamu bisa melihat mana yang sudah dibaca dan mana yang belum dengan lebih gampang.

aplikasi baca manga android tachiyomi

Tampilan koleksi manga di Tachiyomi

Punya Setelan Yang Komplit

Kamu pun bisa mengatur aplikasi sesuai keinginanmu. Ingin mengatur halaman seperti webtoon? Bisa. Ingin memakai tema aplikasi hitam ala AMOLED? Tinggal pilih. Menampilkan halaman penuh di layar? Bukan masalah. Ingin halaman komik tampil benar-benar penuh tanpa bidang kosong di pinggir? Potong saja.

Bahkan kamu juga bisa membuat cadangan (backup) koleksi manga kesayanganmu. Kalau mau, kamu juga bisa mengatur kapan aplikasi ini melakukan cek update manga terbaru. Asik kan?

setelan aplikasi tachiyomi

Setelan aplikasi Tachiyomi yang komplit

Open-source, Gratis, dan Tanpa Iklan

Nah, salah satu alasan lain yang membuat Tachiyomi jadi aplikasi baca manga Android terbaik adalah aplikasi ini open-source, gratis, dan tanpa iklan. Kamu bisa memakainya dengan bebas. Karena aplikasi ini open-source, kamu tidak akan menemukannya di Play Store. Langkah ini juga dilakukan oleh Epic Games dengan game Fortnite.

Kamu bisa menemukan aplikasi ini di GitHub. Di sana kamu bisa melihat kalau aplikasi ini sudah memiliki banyak pembaruan. Jadi cukup aktif dikembangkan. Yah, namanya juga aplikasi populer.

Kalau berminat silakan klik tautan di bawah ini untuk mengunduh APK aplikasi Tachiyomi. Kamu juga perlu memberi ijin di handphone Android untuk memasang aplikasi dari luar Play Store. Setelah itu, tinggal cari sumber manga, susun koleksi, dan baca manga favoritmu.

Download (Android)

Ada komentar?