Aplikasi dan Tools untuk Berbagi Layar, Bisa Mendukung WFH Kamu Lho!

screen sharing

Kalian sedang mencari aplikasi atau tools untuk berbagi layar? Jika iya, kalian bisa simak artikel ini untuk mengetahui beberapa pilihannya.

COVID-19 semakin parah di Indonesia. Jadi sepertinya, masa WFH dan belajar dari rumah juga bakal diperpanjang. Hal itu menuntut orang agar bisa menemukan berbagai aplikasi alternatif.

Seperti pelajar, mereka harus menemukan aplikasi untuk belajar online. Sementara untuk pekerja, mereka perlu memiliki aplikasi yang dapat mendukung WFH.

Soal bekerja dari rumah, mungkin sebagian karyawan merasa kurang nyaman. Apalagi kalau mereka harus diskusi via online. Belum tentu orang yang diajak diskusi betul-betul paham, apalagi dia tidak melihat apa yang ada di layar kita.

Untungnya, saat ini ada banyak aplikasi dan tools untuk berbagi layar. Jadi kalian bisa sharing layar dengan orang lain. Hal ini juga membuat diskusi berjalan lebih mudah.

Daftar Aplikasi dan Tools untuk Berbagi Layar

Whereby

Sumber Gambar : Whereby

Whereby adalah tools untuk berbagi layar yang sangat mudah digunakan. Untuk memakai tools ini, kalian tidak perlu mengunduhnya. Cukup klik tombol di bawah ini, lalu Whereby siap dipakai.

Untuk memakai Whereby, kalian perlu membuat akun lebih dulu. Tenang, gratis kok. Whereby bisa dipakai untuk PC atau ponsel.

Tools ini bisa dipakai empat orang sekaligus (termasuk pembuat konten). Tidak ada batas waktu yang ditentukan setiap kali kalian berbagi layar. Jadi kalian bisa enjoy melihat layar tanpa tergesa-gesa.

Oya selain untuk berbagi gambar layar, Whereby juga bisa dipakai video call lho. yah, hampir mirip seperti Skype atau Zoom lah.

Download

Screenleap

Sumber Gambar : Screenleap

Kalau Whereby tidak perlu diunduh, maka beda dengan Screenleap. Karena Screenleap berbentuk aplikasi. Aplikasi ini mampu membagikan layar kalian ke perangkat apa pun melalui browser.

Untuk menggunakannya, kalian cukup mengunduh aplikasi Screenleap di perangkat host (pusat). Sedangkan perangkat lain hanya perlu mengakses situs Screenleap saja.

Kode berbagi layar akan tersedia untuk perangkat host. Setiap peserta yang ingin bergabung, hanya perlu memasukkan kode tersebut ke beranda Screenleap. Setelah itu mereka bisa melihat layar host.

Sayangnya, aplikasi ini menerapkan batas waktu sharing. Tapi kalau pengen waktunya lebih lama, kalian bisa meningkatkan layanan menjadi berbayar.

Download

TeamViewer QuickSupport

Sumber Gambar : APKPure

TeamViewer QuickSupport adalah aplikasi berbagi layar khusus smartphone. Di aplikasi ini, kalian bisa membuat sebuah ID unik.

ID unik hanya dimiliki oleh perangkat host. Nah, setelah punya ID unik, kalian bisa membagikan ID itu ke orang lain. Jadi orang lain tinggal memasukkan ID tanpa perlu membuat akun TeamViewer.

Untuk memakai aplikasi ini, ketuk tombol β€˜Send Your ID’ untuk mengirim link lewat aplikasi chat atau email. Sementara di ponsel lain, install aplikasi TeamViewer dan buka link yang telah kalian kirim sebelumnya.

Agar orang lain bisa melihat layar, kalian perlu mengkonfirmasi link umpan balik. Jika kalian sudah mengkonfirmasi link tersebut, orang lain bakal bisa melihat gambar layar ponsel kalian.

Download TeamViewer

Download

Download

Download TeamViewer QuickSupport

Download

Download

Selain aplikasi di atas, beberapa aplikasi konferensi video lain juga ada yang menawarkan fitur berbagi layar, misalnya aplikasi Zoom dan Skype. Tapi kalau kamu membutuhkan aplikasi yang berbeda, silakan coba rekomendasi di atas.

%d blogger menyukai ini: