Ini Beberapa Aplikasi Pendukung WFH (Work From Home)

Apa kalian saat ini terpaksa work from home (WFH)? Jika iya, mungkin kalian bisa mencoba aplikasi pendukung WFH berikut ini.

Coronavirus telah ditetapkan sebagai bencana skala nasional oleh pemerintah. Hal ini karena penyebaran Coronavirus di beberapa wilayah sudah tidak terkendali.

Imbasnya, semua sekolah di Indonesia sekarang ini terpaksa diliburkan. Sementara sebagian kantor mengeluarkan peraturan work from home (WKH) atau kerja dari rumah untuk pegawainya.

Nah, agar kegiatan WFH tetap lancar, kalian tentu memerlukan aplikasi pendukung. Kali ini saya akan rekomendasikan aplikasi pendukung work from home untuk kalian.

Sumber Gambar : The Verge

Daftar Aplikasi Pendukung WFK

Untuk Komunikasi

Komunikasi menjadi salah satu hal penting dalam pekerjaan. Oleh karena itu, kalian bisa pakai aplikasi chatting khusus untuk kerja.

Sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa kalian coba seperti Slack, Teams, Zoom, Workplace, dll. Saya bakal ambil contoh Slack. Aplikasi ini mendukung kanal diskusi berbeda untuk tim.

Slack juga ada integrasi ke aplikasi lain. Sedangkan di aplikasi chatting biasa seperti WhatsApp, dukungan seperti itu tidak ada. Oya, untuk detail aplikasi lainnya, kalian bisa baca daftar aplikasi chatting khusus untuk kerja ya.

Untuk Dokumen

Pekerjaan tidak bisa terlepas dari yang namanya dokumen. Di sini kalian tentu akan membutuhkan aplikasi pengolah dokumen.

Aplikasi pengolah dokumen yang bisa kalian coba adalah Office, Office Online, Google Docs. Office pasti kalian sudah tahu, di dalamnya ada Microsoft Office Word, Excel, Power Point, dll.

Sedangkan di Office Online, kalin bisa membuat atau mengedit file memakai aplikasi web Office (Word, Excel, Power Point dan One Note). Google Docs juga sebenarnya hampir sama seperti Office Online.

Transfer File

Saat bekerja di rumah, beberapa kerjaan pasti perlu dikirim via online. Agar lebih mudah, kalian bisa memakai aplikasi cloud seperti OneDrive, Google Drive, Dropbox, dll.

Google Drive adalah yang paling banyak dipakai. Di sini kalian bisa mentransfer atau menyimpan file secara gratis lho.

Sebenarnya Dropbox dan OneDrive juga hampir sama dengan Google Drive. Buat info lengkapnya, kalian bisa cek dalam kumpulan aplikasi untuk transfer file.

Manajemen Proyek

Sebenarnya ada banyak aplikasi manajemen proyek yang bisa kalian coba. Beberapa diantaranya adalah Trello, Microsoft Planner, Hitask, dll.

Trello adalah aplikasi web yang bekerja pakai sistem kartu. Setiap kartu akan berisi tugas. Kalian bisa pindahkan kartu itu ke kolom lain sesuai status.

Aplikasi lain seperti Microsoft Planner dan Hitask juga punya cara kerja hampir sama dengan Trello. Untuk detail aplikasi lainnya, kalian bisa cek di daftar aplikasi manajemen proyek.

%d blogger menyukai ini: