Microsoft Bikin Aplikasi Desain Mirip Canva

Anom Penulis

Microsoft kelihatannya sedang memenuhi kebutuhan aplikasi praktis untuk content creator. Salah satu yang bocor adalah aplikasi yang nampaknya bernama Microsoft Designer, sebuah aplikasi desain mirip Canva.

Informasi soal aplikasi baru Microsoft ini datang dari WalkingCat (@_h0x0d_) di Twitter. Ia mengunggah beberapa gambar yang kelihatannya dari screenshot aplikasi tersebut.

Dari gambar tersebut, kita bisa melihat nama aplikasi di pojok kiri atas, yaitu: Designer. Kemudian kita juga bisa melihat pop-up pesan yang menunjukkan beberapa fitur aplikasi. Seperti pre-design template, menambahkan elemen desain, dan posting ke media sosial.

Kemudian WalkingCat juga mengunggah gambar tampilan dari aplikasi Microsoft Designer itu. Kita bisa melihat pilihan jenis desain, menambahkan elemen teks (judul, sub-judul, dll), download desain, dan menghubungkan akun ke aplikasi LinkedIn.

Seperti yang kamu lihat, apa yang dilakukan oleh aplikasi desain buatan Microsoft ini mirip dengan apa yang bisa kita kerjakan di aplikasi Canva atau Adobe Creative Cloud Express. Nampaknya perusahaan teknologi besar mulai terjum ke wilayah aplikasi praktis dan berbasis cloud.

Sebelum ini, Microsoft juga sudah mengakuisisi aplikasi edit video ClipChamp dan merilisnya sebagai bagian dari Windows 11 dan Microsoft Office. Selain itu, aplikasi ClipChamp juga bisa kamu akses lewat browser.

Dari apa yang terlihat, nampaknya aplikasi Microsoft Designer ini juga akan mendapat perlakuan yang sama dengan ClipChamp. Yaitu sebagai solusi desain praktis baik secara online maupun offline.

Selain itu, melalui aplikasi ini Microsoft juga nampaknya berusaha melengkapi ekosistem Windows. Dengan begitu, pengguna Windows bisa mendapatkan pengalaman penggunaan yang komplit untuk berbagai kebutuhan. Tentu juga untuk meningkatkan daya saing untuk melawan ekosistem Mac.

Namun sejauh ini belum ada informasi lebih jauh apakah aplikasi desain dari Microsoft ini akan gratis atau berbayar. Yah, kemungkinan memang ada versi gratis dan komersial. Tapi belum tahu bagaimana pembagian fitur dan harganya.

Jadi ini kabar baik bagi kamu pengguna Windows yang berkutat sebagai content creator. Kita tunggu saja bagaimana aplikasi Microsoft Designer ini berkembang.

    %d blogger menyukai ini: