Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

5 Aplikasi Email Windows Alternatif Terbaik Pengganti Bawaan

aplikasi email windows
Anom Penulis

Banyak orang hanya menggunakan aplikasi email Windows bawaan atau melalui browser. Namun ada juga orang yang mencari aplikasi email lain sebagai alternatif. Kalau kamu termasuk yang mencari, di sini kami rekomendasikan beberapa aplikasi email menarik.

Kenapa Mencari Aplikasi Email Alternatif?

Mungkin ada yang heran kenapa kita butuh aplikasi email alternatif jika sudah bisa memakai versi bawaan atau bahkan lewat browser (misalnya membuka Gmail). Ada beberapa alasan kuat untuk ini.

Aplikasi email yang ter-install di komputer bisa terintegrasi dengan banyak hal. Misalnya kalender dan notifikasi. Artinya, kamu bisa mendapat pemberitahuan langsung ketika kamu beraktivitas di komputer.

aplikasi email bawaan windows
aplikasi bawaan Windows (gambar: Microsoft)

Kemudian, tidak sedikit yang menganggap aplikasi bawaan Windows terlalu sederhana. Walau bukan hal buruk, aplikasi yang lebih powerful kadang kita butuhkan.

Sebagai contoh, ada aplikasi yang bisa menampilkan prioritas email, inbox gabungan, memisahkan email personal dengan newsletter atau pemberitahuan aplikasi lain, menjadwal pengiriman email, dll.

Alternatif Aplikasi Email Windows

Aplikasi email ada cukup banyak. Ada yang berbayar dan ada pula yang gratis. Ada yang punya penampilan keren, namun ada pula yang masih tampak jadul. Oleh karena itu, di sini kami pilihkan beberapa alternatif terbaik yang bisa kamu pilih.

Microsoft Outlook

tampilan microsoft outlook
gambar: Microsoft

Outlook adalah layanan email dari Microsoft. Aplikasi Outlook sendiri sering disebut sebagai salah satu yang terbaik. Karena memang lengkap, apalagi jika kamu memakai layanan Microsoft.

Aplikasi Outlook untuk Windows termasuk dalam layanan Microsoft 365, baik untuk personal (Rumah) maupun Bisnis. Jadi aplikasi ini memang komersial (berbayar). Versi gratisnya bisa kamu akses secara online lewat browser.

Spark

tampilan prioritas pengirim di aplikasi email spark
gambar: Spark

Spark merupakan aplikasi email yang populer untuk macOS dan iOS. Aplikasi ini juga tersedia di Android. Menyusul ketiga platform tersebut, Spark kini juga hadir di Windows.

Baca Juga:  Microsoft Uji Variasi Tombol Pencarian (Search) Windows 11

Aplikasi ini bisa memilah mana email penting, newsletter, atau notifikasi. Selain itu, Spark juga memiliki inbox gabungan (smart inbox), bisa menjadwal pengiriman , dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini bisa kamu unduh dan gunakan secara gratis, namun dengan fitur yang lebih terbatas (tapi masih tetap powerful). Fitur yang lengkap tersedia untuk pengguna Premium dan Team.

Mailspring

aplikasi mailspring windows
gambar: Mailspring

Mailspring merupakan aplikasi email berbasis open source dan bisa kamu gunakan secara gratis. Namun aplikasi ini juga punya versi Pro yang berbayar sebagai bentuk dukungan komunitas.

Sebagai aplikasi email, Mailspring juga memiliki berbagai fitur. Ada inbox gabungan, kustomisasi tanda tangan, terjemahan, dukungan tema (theme), dll. Selain itu, tampilannya juga keren.

Aplikasi ini juga memiliki komunitas pengguna yang aktif. Jadi jika ada masalah, kamu bisa bertanya pada mereka yang lebih ahli. Selain itu, kamu juga bisa memakai tema aplikasi yang dibagi oleh komunitas.

eM Client

em client for windows
gambar: eM Client

eM Client juga merupakan salah satu aplikasi email yang populer. Aplikasi ini juga memiliki banyak fitur menarik. Seperti sidebar unik untuk akses kalender, kontak, lampiran, dan bahkan chat.

Selain itu aplikasi ini juga memberikan fitur untuk email lain, seperti tanda email sudah diterima, menunda, mengatur tanda tangan, dll. Kemudian, aplikasi ini juga mendukung tema.

eM Client bisa kamu gunakan secara gratis dan ada versi Pro, baik individu maupun bisnis, dengan fitur yang lebih lengkap.

Mailbird

mailbird
gambar: Mailbird

Mailbird adalah salah satu aplikasi email premium yang populer. Walau penampilannya tidak sekeren lainnya, namun aplikasi ini punya fitur yang tidak kalah banyak.

Sebut saja: Inbox gabungan, tampilan antarmuka yang bisa kamu atur, kustomisasi suara notifikasi, menunda email, terjemahan, sampai integrasi dengan aplikasi lain. Ya, kamu bisa menempelkan aplikasi lain, seperti WhatsApp, di aplikasi ini.

Baca Juga:  3 Tools Canggih untuk Memperbaiki File Windows yang Rusak

Mailbird menawarkan pembayaran baik dengan sistem langganan maupun sekali bayar. Kalau mau coba terlebih dulu, kamu bisa mengunduhnya secara gratis.

Memilih Aplikasi Yang Tepat

Mungkin aplikasi email yang powerful memang bukan untuk semua orang. Karena memang setiap orang memiliki kebutuhan berbeda. Misalnya, pengguna awam tidak akan berinteraksi dengan email sesering pelaku bisnis.

Namun, email memang memberi keuntungan tersendiri dibanding aplikasi pesan. Seperti file yang kamu kirim bisa lebih terdokumentasi dengan baik dan bisa dicari lagi jika kamu butuhkan.

Kemudian, layanan lain yang kamu gunakan juga bisa menentukan pilihan. Apakah kamu banyak menggunakan aplikasi dari Microsoft? Apakah kamu ingin punya integrasi dengan Google Drive?

Pertanyaan seperti ini bisa kamu jawab dengan melihat fitur aplikasi email bersangkutan. Apakah mereka memiliki dukungan untuk layanan kamu pakai atau tidak. Termasuk apakah punya aplikasi mobile atau tidak.

Nah, jika kamu memang membutuhkan aplikasi email alternatif di Windows, silakan pilih salah satu di atas. Jika kamu sudah memakai selain pilihan di atas, silakan rekomendasikan di kolom komentar.