Film di Aplikasi Quibi Bisa Ditonton Format Vertikal dan Horizontal

nonton film quibi iphone

Kehadiran smartphone ternyata memberi pengaruh besar terhadap dunia perfilman. Sebuah layanan streaming baru bernama Quibi merancang aplikasi sehingga film bisa ditonton baik dalam format vertikal maupun horizontal. Wow.

Seiring berkembangnya media sosial dan penggunaan media video sebagai sarana komunikasi, smartphone menjadi perangkat yang dominan. Berbagai tayangan dalam bentuk digital pun menjadi konsumsi sehari-hari di ponsel kita.

Ternyata pola tersebut juga membawa revolusi di dunia film. Ya, kita sudah mendengar kalau sutradara Timur Bekmambetov membuat film dalam format vertikal yang secara khusus mempertimbangkan pengguna smartphone.

Layanan streaming baru yang bernama Quibi membawa revolusi ini sedikit lebih jauh. Layanan ini akan menghadirkan film seri di ponsel. Tiap episodenya memiliki durasi sekitar 10 menit dan mendukung tayangan offline. Sampai di sini, masih cukup standar.

aplikasi quibi

Nah, yang seru, aplikasi Quibi bisa menampilkan film baik dalam format vertikal maupun horizontal. Jadi kamu bisa memegang ponsel secara tegak (portrait) maupun miring (landscape). Hebatnya, film akan tetap berjalan sesuai posisi semula, tidak mengikuti posisi ponsel.

Quibi menyebut fitur ini sebagai “turnstyle“. Tentu fitur ini membangkitkan pertanyaan, bagaimana komposisi gambarnya? Apakah akan mengganggu penampilan cerita di layar?

Quibi sudah menunjukkan beberapa demo. Kalau kamu mengunjungi situs resminya, kamu bisa melihat sudah ada beberapa serial yang rencananya tayang di sana.

Mungkin fleksibilitas seperti ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi para filmmaker. Seperti bisa terlihat, video akan terpotong sesuai tampilan layar. Jadi adegan film pun harus dirancang dengan mempertimbangkan hal ini.

nonton film quibi vertikal horizontal

Memecahkan tantangan tayangan di smartphone kelihatannya masih menjadi ambisi. Sebelum ini, IGTV juga sudah menawarkan layanan untuk video vertikal (walau akhirnya mereka juga menerima video lanskap). YouTube pun sudah mendukung format vertikal (walau masih lebih banyak yang horizontal).

Quibi jelas berusaha masuk ke celah ini dengan inovasi baru. Nama yang ada di balik layanan ini pun tidak main-main. Founder-nya adalah Jeffrey Katzenberg, yang dulu ikut memproduksi film Disney populer (The Little Mermaid, Beauty and the Beast, dll), membangun DreamWorks SKG (bersama Steven Spielberg dan David Geffen), dan memimpin DreamWorks Animation.

Bagaimana menurutmu? Apakah menonton film dengan tayangan fleksibel seperti ini akan menarik?

%d blogger menyukai ini: