4 Aplikasi Online Untuk Memperkecil Ukuran Gambar (Kompres Foto)

picture for ants meme

Setelah beberapa waktu lalu membahas aplikasi web untuk memperbesar ukuran foto, kali ini giliran yang sebaliknya. Inilah beberapa aplikasi untuk memperkecil foto alias kompres foto online.

Mungkin ada yang bertanya kenapa memperkecil ukuran foto. Jawabannya untuk kepentingan internet. Website atau aplikasi akan memuat gambar yang ukurannya lebih kecil dengan lebih cepat. Selain hemat waktu, juga hemat kuota (untuk yang membuka).

Ya, memang sekarang kuota dan koneksi internet juga lebih baik. Tapi ukuran foto pun juga meningkat. Untuk keperluan tertentu—misalnya untuk website—gambar berukuran kecil jelas lebih bersahabat.

Jadi kalau kamu sering berurusan dengan gambar untuk kepentingan online, aplikasi kompres foto jelas kamu butuhkan. Kalau kamu sudah pakai aplikasi edit foto seperti Photoshop ya tidak masalah. Kalau tidak punya atau merasa Photoshop terlalu rumit, silakan lihat beberapa alternatif berikut ini.

Compressor.io

tampilan aplikasi kompres foto compressor

Compressor adalah aplikasi kompres gambar online yang mendukung memperkecil ukuran file JPEG (JPG), PNG, GIF, dan SVG. Selain itu ada juga pilihan jenis kompresi. Jadi bisa mengubah ukuran foto sambil tetap menjaga kualitas gambar semaksimal mungkin.

Karena Compressor ini aplikasi web, kamu bisa mengaksesnya lewat berbagai perangkat. Jadi sangat praktis. Tapi aplikasi ini hanya bisa memproses gambar yang punya ukuran sampai 10 MB.

Coba Compressor

TinyPNG

memperkecil ukuran gambar di tinypng

TinyPNG juga serupa dengan Compressor. Ia juga melakukan kompres foto atau gambar lain dengan tetap menjaga kualitas.

Perbedaannya, TinyPNG hanya mendukung file JPG dan PNG. Terutama file PNG dengan transparansi. Kamu bisa melakukan kompresi sampai 20 gambar sekaligus (masing-masing berukuran sampai 5 MB). Aplikasi ini juga punya versi Pro untuk dukungan file lebih besar. Selain itu ia juga punya plugin untuk Photoshop.

Coba TinyPNG


Baca juga: Cara Mencari dengan Gambar di Google


Kraken.io

kompress foto dengan kraken

Kraken mungkin ditujukan untuk pengguna yang lebih serius. Aplikasi ini memiliki tiga pilihan kompresi gambar. Selain itu kamu juga bisa upload gambar dalam bentuk file ZIP dan dari layanan cloud (Box, Drive, Dropbox). Gambar yang sudah dioptimasi akan tersedia dan bisa diunduh selama 12 jam.

Untuk menggunakan layanan Kraken lain seperti kompres gambar di website (dengan alamat URL gambar), ubah ukuran rasio, dan menggunakan penyimpanan cloud Kraken (untuk menyimpan hasil lebih lama), kamu harus berlangganan Kraken PRO.

Coba Kraken

Optimizilla

memperkecil ukuran gambar di optimizilla

Optimizilla mirip seperti TinyPNG. Kamu bisa memperkecil ukuran gambar secara langsung sampai 20 buah. Kamu bisa mengatur tingkat kompresi dan kualitas gambar. Selain itu kamu juga bisa membandingkan hasil dan foto asli. Optimizilla mendukung kompress foto dengan file JPG dan PNG.

Coba Optimizilla

%d blogger menyukai ini: