Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Google Memberikan Aplikasi dan Layanan Khusus untuk Pengguna di Indonesia

cara menggunakan google search

Di acara Google for Indonesia yang kedua, Google mengumumkan beberapa hal menarik. Akan ada beberapa produk atau aplikasi dan layanan yang segera hadir untuk pengguna di Indonesia.

Melalui artikel blog, Tony Keusgen mendaftar 11 hal tersebut. Enam di antaranya merupakan produk Google, dan lima lainnya merupakan program layanan.

11 Pengumuman Google untuk Indonesia

aplikasi google indonesia

  1. Google Station
    — Sebuah produk layanan Hotspot Wi-Fi cepat. Google bekerjasama dengan FiberStar dan CBN dalam hal ini. Google Station akan tersedia di berbagai tempat di Jawa Bali pada tahun depan.
  2. YouTube Go
    — Aplikasi YouTube dengan penggunaan koneksi internet lebih hemat. Aplikasi ini akan menampilkan informasi besar data untuk video, beserta pilihan kualitas yang mau kamu tonton.
  3. Google Assistant dalam Bahasa Indonesia
    — Sekarang kamu bisa ngobrol dengan Google Assistant di aplikasi pesan Allo. Kamu bisa mendapat panduan dan bantuan untuk kegiatan sehari-hari.
  4. Shortcut di pencarian
    — Google akan menambahkan shortcut yang lebih mudah diakses, agar pengguna di Indonesia bisa mengeksplorasi hasil pencarian dengan lebih mudah. Apakah itu mencari topik makanan dan minuman, waktu tayang film, atau arahan pulang ke rumah.
  5. Jawaban soal Kesehatan
    — Indonesia menjadi negara pertama yang akan memiliki jawaban untuk pertanyaan kesehatan di Google Search. Google bekerjasama dengan Rumah Sakit Mitra Keluarga untuk menyediakan detil gejala penyakit dan pengobatan. Semua dalam Bahasa Indonesia.
  6. Fitur Waze
    — Waze akan memiliki fitur rute baru yang lebih sesuai dengan kondisi lalu lintas di Indonesia (Jakarta). Waze juga menambah perintah dan panduan suara dalam Bahasa Indonesia.
  7. Pelatihan Developer
    — Google sudah memberikan pelatihan melalui program Android Kejar Indonesia untuk 25.000 pengembang aplikasi Android. Targetnya adalah 100.000 pengembang di tahun 2020.
  8. Primer
    — Program Google untuk membantu pengusaha Indonesia mengembangkan bisnis. Google Primer akan tersedia dalam Bahasa Indonesia.
  9. Gapura Digital
    — Program Google untuk membantu usaha kecil menengah hadir secara online. Saat ini sudah ada lebih dari 4500 pihak yang mendaftar pelatihan.
  10. Womenwill
    — Program Google untuk membantu pengusaha perempuan. Program ini sudah membantu lebih dari 7000 pengusaha perempuan dari lima kota besar di Indonesia, meliputi: Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, dan Denpasar. Segera hadir di Makasar.
  11. Google.org untuk ICT Watch
    — Google.org, organisasi nirlaba Google, mendukung program Smart Schools Online yang dibuat oleh ICT Watch. Program ini melatih pelajar, guru, dan orang tua tentang istilah-istilah dunia digital dan keamanan online. ICT Watch juga akan bekerjasama dengan ECPAT dan Sejiwa untuk program ini.

Pengumuman Google untuk Indonesia ini memang menarik. Terutama beberapa produk seperti Google Station, YouTube Go, Google Assistant, atau jawaban langsung soal kesehatan. Tentu saja karena produk tersebut bersentuhan langsung dengan gaya hidup digital kita.

Indonesia menjadi negara selain India yang menjadi bagian proyek Google Station dan YouTube Go. Lalu, cukup menarik juga bahwa Indonesia menjadi negara pertama untuk jawaban lokal untuk masalah kesehatan di Google Search.

Mbah Google tambah sakti.


ARTIKEL TERKAIT

More Stories
blackmagic pocket cinema camera
Blackmagic Mengumumkan Pocket Cinema Camera 6K