3 Aplikasi Dasar Yang Berguna Untuk Membuat Video Tutorial

buat video tutorial
Anom Penulis

Kalau kamu sedang mencari aplikasi untuk membuat video tutorial atau pembelajaran, entah untuk YouTube atau di media lain, di sini bisa kamu temukan rekomendasinya.

Memang, ada banyak cara untuk membuat video tutorial. Apalagi kalau kamu ingin video pembelajaran itu nampak menarik dan tidak membosankan. Kamu bisa menambah efek visual, animasi, musik, dll.

Tapi sebelum sampai pada sisi “hiburan,” kamu perlu melihat terlebih dulu apakah video itu mencapai fungsinya. Apakah kamu mengantar topik dengan jelas, apakah tampilan di video sesuai dengan yang kamu bicarakan, dll.

Ketika kamu sadar akan kebutuhan dasar itu, membuat video seperti itu tidaklah membutuhkan banyak teknologi yang canggih dan rumit. Kamu bisa membuatnya dengan aplikasi yang sederhana.

Nah, apa saja aplikasi yang kamu butuhkan untuk membuat video tutorial atau pembelajaran?

Aplikasi Kamera

Aplikasi kamera berguna ketika kamu ingin menunjukkan materi yang tidak ada di layar. Misalnya menunjukkan bahan masakan, materi campuran cat, dll.

Aplikasi kamera juga berguna kalau kamu ingin tampil di dalam video. Misalnya untuk memberi pengantar. Kehadiranmu sebagai host atau pembawa acara bisa memberi nuansa yang lebih personal.

Kamu tidak perlu pusing dengan aplikasi ini. Baik smartphone maupun laptop pun kini sudah hadir dengan aplikasi kamera. Tentu, kamera smartphone lebih fleksibel untuk hal ini.

Bahkan, kamu bisa memakai aplikasi kamera ponsel sebagai webcam. Kalau kamu pakai laptop ASUS, kamu bisa melakukannya dengan mudah pakai aplikasi Link to MyASUS.

Aplikasi Perekam layar

Aplikasi perekam layar berguna ketika kamu mau menunjukkan proses yang ada di layar. Misalnya untuk menunjukkan cara memakai aplikasi, memperlihatkan skema pelajaran (misalnya menjelaskan geometri), dll.

Saat ini, hampir semua smartphone maupun laptop sudah memiliki fitur screen recording. Di Android, kamu bisa cek bagian Quick Setting, di iPhone kamu bisa cek Control Panel, di macOS kamu bisa memakai Quick Time, sedangkan di Windows kamu bisa memakai Xbox Gamebar.

Tentu, kamu juga bisa memakai aplikasi perekam layar lain. Misalnya, kamu bisa coba Mobizen di smartphone dan kamu bisa coba aplikasi OBS Studio di komputer (juga bisa sekaligus merekam tampilan dari kamera).

Aplikasi Edit Video

Aplikasi edit video merupakan tempat kamu menyatukan semua materi yang sudah kamu rekam, baik dari aplikasi kamera maupun dari layar. Di sinilah kamu akan menyusun materi itu menjadi video yang enak ditonton.

Selain menyusun video tutorial sesuai urutan materi, kamu mungkin juga akan membuang bagian yang tidak perlu, menambah transisi (peralihan antar adegan satu dengan berikutnya), bahkan menambah audio dan musik.

Ada banyak aplikasi edit video untuk Android dan iPhone yang bisa kamu pilih, seperti InShot, Filmr, Adobe Premiere Rush, dll. Kamu juga bisa menemukan aplikasi edit video gratis untuk PC, seperti Shotcut atau OpenShot.


Itulah beberapa aplikasi dasar yang berguna jika kamu mau membuat video tutorial atau pembelajaran. Tentu, tergantung apa yang akan kamu buat, kamu bisa menambah dengan beberapa aplikasi pendukung lain. Misalnya perekam atau editor suara, aplikasi presentasi (slide, seperti PowerPoint), dll.

    %d blogger menyukai ini: