Beberapa Aplikasi Seru untuk Mengubah Tampilan Windows 11

Rilis Windows 11 sudah resmi. Namun seperti semua hal yang membawa perubahan, ada yang suka dengan tampilan baru Windows 11, ada pula yang tidak. Untungnya ada beberapa aplikasi untuk mengubah tampilan Windows 11.

Mengubah mungkin kata yang terlalu ekstrim. Tapi memang aplikasi di bawah ini bisa membantumu mengganti tampilan beberapa komponen sistem operasi buatan Microsoft itu.

Yah, sebagian besar pengguna mungkin akan tetap memakai Windows 11 apa adanya. Namun kalau kamu termasuk yang hobi utak-utik, aplikasi ini mungkin akan menarik kamu coba.

Start11

Aplikasi Start11 buatan Stardock membantumu mengubah tampilan dan fungsi Start Menu dan Taskbar Windows 11. Kamu bisa mengubah Start Menu menjadi bergaya Windows 7, Modern, Windows 10, atau tetap dengan gaya Windows 11.

Selain itu kamu juga bisa mengatur dan memindah Taskbar lebih leluasa. Misalnya mengatur efek blur dan menambah tekstur, atau memindah posisi Taskbar (tidak seperti sebelumnya, Windows 11 belum bisa pindah posisi).

RoundedTB

Aplikasi RoundedTB memungkinkan kamu mengubah dan mengatur tampilan Taskbar Windows 11. Misalnya menjadi persegi dengan sudut melengkung seperti macOS. Kamu bisa mengatur jarak margin, besar lengkungan sudut, membuatnya berukuran dinamis (mengikuti jumlah aplikasi), dll.

roundedtb berguna mengubah tampilan taskbar windows 11

Aplikasi ini jelas akan membuat tampilan desktop milikmu lebih unik. Kalau kamu ingin mencicipi tampilan yang mirip macOS, kamu bisa memasangnya lewat Microsoft Store.

Auto Dark Mode

Aplikasi Auto Dark Mode bisa membuat tampilan Windows 11 beralih dari mode terang ke mode gelap secara otomatis. Kamu bisa mengatur waktu sendiri atau menyesuaikan saat matahari terbit, bahkan bisa sesuai pakai baterai atau colokan daya.

auto dark mode windows 11

Aplikasi ini akan menarik bagi kamu yang suka pakai mode terang, tapi ingin berubah ke mode gelap jika pakai laptop di kondisi cahaya redup (biar gak silau). Auto Dark Mode tersedia di Github dan di Microsoft Store Windows 11.

BeWidgets

Windows 11 kini memiliki widget di tempat khusus. Tapi kalau kamu ingin menampilkan widget tertentu langsung di desktop (seperti versi Windows lama), kamu bisa mencoba aplikasi BeWidgets.

Saat ini aplikasi BeWidgets masih menawarkan widget yang cukup terbatas, yaitu waktu dan tanggal, info saham, foto, dan ikon kustom. Namun jika melihat keterangan di Microsoft Store, akan ada lebih banyak widget lain yang akan datang (musik, RSS, file terakhir, dll).

Itulah beberapa aplikasi yang berguna untuk mengubah tampilan Windows 11. Eh, tunggu dulu. Kamu sudah update ke Windows 11? Kalau sudah memenuhi persyaratan update dan tidak mau mengunggu, kamu bisa download Windows 11 dan install sendiri.

Yah, selamat mencoba….

%d blogger menyukai ini: