Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Rekomendasi Aplikasi iPad untuk Menulis dan Menggambar Tangan

Indri Penulis

Kamu sedang mencari aplikasi iPad untuk menulis atau menggambar tangan? Kalau iya, bacalah artikel ini untuk menemukan rekomendasinya.

Semua tablet telah dibekali keyboard dalam layar. Fitur ini membuat pengguna bisa mengetik layaknya di komputer. Tapi ada beberapa kondisi, di mana pengguna perlu menulis atau menggambar langsung di tablet.

popculture.id

Contoh ketika pengguna tiba-tiba mendapat ide dan tidak ingin melupakannya. Maka pengguna butuh aplikasi menulis tangan di tablet. Supaya dia bisa menulis ide dengan cepat saat itu juga.

Saat ini telah ada banyak aplikasi untuk menulis dan menggambar tangan di tablet. Khusus untuk pengguna iPad, kalian bisa temukan rekomendasi aplikasi iPad untuk menulis dan menggambar tangan di bawah ini.

Oya, aplikasi-aplikasi di bawah ini kompatibel dengan iPad Pro dan iPad Classic ya.

Aplikasi iPad untuk Menulis dan Menggambar Tangan

MyScript Nebo

Sumber Gambar : iMore

MyScript Nebo adalah salah satu aplikasi menulis dan menggambar populer. Aplikasi ini secara khusus dirancang utuk Apple Pencil dan iPad Pro.

Aplikasi ini bisa mengenali tulisan tangan, lalu mengubahnya menjadi teks. Selain itu kalian juga bisa menambahkan foto, video, diagram, atau coretan lain ke catatan tangan.

Kalian dapat mengekspor catatan sebagai dokumen teks, HTML, PDF atau Word. Aplikasi ini bisa disinkronkan dengan iCloud, Google Drive dan Dropbox. Untuk mendapat aplikasi ini, kalian cukup membayar $7,99.

Download

GoodNotes 5

Sumber Gambar : College Info Geek

GoodNotes 5 bakal menyediakan semua fitur yang kalian inginkan. Seperti fitur untuk mencatat, kemampuan beralih antara mode mengetik dan menulis. Kalian juga bisa memilih beberapa tata letak dan template bawaan untuk catatan.

Di aplikasi ini kalian juga bisa menyesuaikan sensitivitas dan pengenalan jari tangan. Sehingga coretan yang dihasilkan akan sesuai dengan gaya tulisan kalian. Aplikasi ini cocok untuk kalian yang suka menulis dengan tekanan keras.

Terakhir, GoodNotes 5 punya fitur ‘Presentation Mode.’ Mode ini memungkinkan kalian mengubah iPad menjadi papan tulis digital.

Jika menggunakan AirPlay atau kabel HDMI, kalian bahkan bisa memproyeksikan apa yang ditulis ke layar. Kalian juga bisa sambil melihat tampilan GoodNotes di iPad.

Mode ini cocok dipakai untuk mempresentasikan bisnis. Sementara itu, aplikasi GoodNotes 5 dibanderol dengan harga $7,99.

Download

Apple Notes

Sumber Gambar : College Info Geek

Berbeda dengan GoodNotes 5, Apple Notes datang sebagai aplikasi gratisan. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk perangkat macOS dan iOS.

Apple Notes memungkinkan kalian untuk mengetik dan membuat catatan dengan tangan. Aplikasi ini punya fitur menggambar yang solid. Sehingga kalian bisa dengan mudah menambah sketsa dan ilustrasi ke catatan.

Selain gratis, keuntungan lain menggunakan Apple Notes adalah integrasinya dengan iOS. Kalau kalian pakai iCloud dan perangkat Apple lainnya, semua catatan kalian bakal disinkronkan. Jadi kalian bisa pindah perangkat dan mencatat dengan mudah.

Download

Microsoft OneNote

Sumber Gambar : College Info Geek

Kalian mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. Tapi tahu kah kalian, kalau aplikasi OneNote versi iPad juga bisa dipakai untuk menulis tangan?

Di OneNote, kalian bisa menulis catatan di halaman kosong. Selain itu, kalian juga bisa menulis catatan di template bergaris seperti di buku.

OneNote versi iPad juga menawarkan berbagai fitur multimedia. Kalian bisa mengetik teks, menyisipkan grafik, sampai memasukkan rekaman suara lho.

Agar efisien, OneNote menawarkan fitur pencarian catatan yang lumayan oke. Kalian bisa mencari catatan menggunakan kata-kata tertentu di berbagai perangkat.

Oya, semua yang kalian di OneNote otomatis bakal dicadangkan ke OneDrive. Aplikasi ini bisa kalian dapatkan secara gratis menggunakan Microsoft Account.

Download

Noteshelf

Sumber Gambar : College Info Geek

Noteshelf adalah salah satu aplikasi mencatat dan menggambar populer. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur menarik, seperti fitur untuk membuat anotasi PDF dan multitask dengan layar iPad terpisah.

Selain itu kalian juga merekam voice note, lalu menambahkannya ke catatan tulisan tangan. Fitur ini sangat cocot untuk pelajar atau peserta rapat yang ingin merekam materi.

Noteshelf juga telah mendukung 65 bahasa berbeda. Jadi saat kalian menulis atau berbicara beberapa bahasa, Noteshelf akan mengenalinya.

Terakhir, Noteshelf memungkinkan kalian mengekspor catatan ke iCloud, Dropbox, Google Drive, OneDrive, dan Evernote. Aplikasi ini bisa kalian dapatkan dengan harga $9,99.

Download

Notes Plus

Sumber Gambar : PCMag Asia

Notes Plus juga bisa bisa kalian pertimbangkan. Sama seperti aplikasi lainnya, Notes Plus bisa dipakai untuk menulis dan menggambar tangan.

Tapi kelemahan aplikasi ini, sensitivitasnya terhadap jari tangan terbilang kaku. Jadi kalian mungkin merasa pengalaman menulis atau menggambar di aplikasi ini tidak terlalu halus. Aplikasi ini bisa didapatkan dengan harga $9,99.

Download

Itu tadi beberapa rekomendasi aplikasi menulis untuk iPad. Oya, kalian juga bisa baca rekomendasi aplikasi menulis dan menggambar tangan untuk Android dan laptop Windows.

    %d blogger menyukai ini: