Vivobook X BAPE
Vivobook X BAPE
Vivobook X BAPE

5 Aplikasi Penjernih Foto Terbaik Tahun 2023, Khusus Android

aplikasi penjernih foto
sumber gambar: Canva

Aplikasi penjernih foto terkadang dibutuhkan oleh para pengguna smartphone, khususnya bagi mereka yang suka dengan fotografi. Di era digital saat ini, mengambil foto dengan kualitas tinggi tidak hanya memerlukan kamera dengan spesifikasi tinggi, tetapi juga aplikasi pendukung yang mampu memaksimalkan hasil foto agar nampak lebih indah.

Nah, di tahun ini sudah banyak aplikasi fotografi yang dapat memaksimalkan hasil foto, terutama untuk platform Android. Dalam artikel ini, kami akan membahas 5 aplikasi penjernih foto terbaik yang wajib kamu coba jika kamu seorang pengguna Android yang ingin meningkatkan kualitas foto kamu. Semua aplikasi ini gratis lho!

5 Aplikasi Penjernih Foto

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa kini sudah banyak aplikasi fotografi yang merajalela di Play Store. Khusus aplikasi penjernih foto, kami memilihkan lima terbaik yang bisa kamu simak di bawah ini.

1. Photoshop Express Photo Editor

Photoshop Express Photo Editor - Aplikasi Penjernih Foto
sumber gambar: Play Store

Salah satu aplikasi penjernih foto terbaik di Android di tahun ini adalah Adobe Photoshop Express. Mungkin banyak dari kita sudah mengenal versi PC dari Adobe Photoshop, namun kini kamu bisa memanfaatkan aplikasi Adobe hanya lewat HP.

Dengan Adobe Photoshop Express, kamu bisa mengubah foto buram menjadi lebih jernih hanya dalam beberapa langkah. Setelah mengunduh aplikasi dari Google Play Store, kamu bisa masuk dengan akun Google, Facebook, atau Adobe. Berikan izin kepada aplikasi untuk mengakses galeri foto kamu.

Kemudian, kamu pilih foto yang ingin dijernihkan, dengan menggunakan fitur ‘Adjust’ dan pilih ‘Sharpen’. Kamu bisa mengatur tingkat ketajaman hingga maksimal 150 untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur ‘Auto Enhance’ yang memudahkan kamu untuk mempertajam foto dengan lebih cepat dan otomatis. Mudah, kan?

2. Snapseed

Snapseed - Aplikasi Penjernih Foto
sumber gambar: Play Store

Selain Adobe, ada juga aplikasi edit foto sekaligus aplikasi penjernih foto dari Google bernama Snapseed. Ketika membicarakan fitur penjernihan foto, Snapseed menawarkan ‘Sharpening’ yang bisa menjernihkan foto dengan cepat dan mudah.

Cukup buka aplikasi, pilih foto yang ingin diperjelas, masuk ke menu “Tools”, klik “Details”, dan pilih “Sharpening”. Dengan menggeser layar ke samping, kamu bisa mengatur tingkat kejernihan dan ketajaman foto sesuai selera. Setelah puas dengan hasilnya, simpan foto tersebut dengan memilih menu “Export” lalu “Save”.

Namun, ‘Sharpening’ bukanlah satu-satunya fitur menarik yang ditawarkan Snapseed. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan 29 Tools dan Filter, termasuk Healing, Brush, HDR, dan Perspective. Bahkan, aplikasi ini juga bisa membuka file dalam format JPG maupun RAW.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menawarkan fitur seperti Tune Image untuk pengaturan eksposur dan warna, Crop, Rotate, White Balance, dan masih banyak lagi. Bagi yang suka pakai filter, kamu bisa menikmati filter seperti Retrolux untuk nuansa retro, Noir untuk efek hitam putih klasik, atau bahkan Double Exposure untuk menggabungkan dua foto. Lengkap, kan?

3. Remini – AI Photo Enhancer

Remini - Aplikasi Penjernih Foto
sumber gambar: Play Store

Dengan bantuan teknologi AI yang canggih, aplikasi Remini hadir sebagai solusi bagi mereka yang ingin mempertajam foto maupun video yang dirasa masih buram dengan kualitas yang buruk.

Untuk menjernihkan foto yang buram pakai aplikasi penjernih foto Remini ini, kamu harus install dulu aplikasinya. Setelah itu berikan izin pada Remini untuk mengakses galeri, pilih foto, dan gunakan menu ‘Enhance’. Selesai, dalam sekejap fotomu akan terlihat lebih jernih dan tajam.

Selain untuk menjernihkan foto, aplikasi ini juga punya fitur untuk mengubah kualitas foto menjadi HD. Nah, untuk yang mau pakai aplikasi ini, bisa klik di sini untuk download dan pastikan HP kamu memiliki ruang sekitar 122MB di memori untuk menyimpan aplikasi Remini, ya.

4. Pixlr

Pixlr
sumber gambar: Play Store

Aplikasi ini tidak hanya dikenal dengan kemampuannya dengan fitur editing yang kekinian, tetapi juga mampu mengubah foto blur menjadi lebih jernih dengan cara yang mudah dan cepat. Caranya sangat mudah, setelah mengunduh Pixlr dari Google Play Store kamu bisa memilih menu ‘photos’ dan tentukan foto yang ingin dijernihkan.

Selanjutnya, pilih fitur “Adjusment” untuk mengatur kecerahan foto. Kalau ingin yang lebih simpel dan cepat, klik menu “Auto Fix” maka Pixlr akan memperbaiki foto blur dengan cepat. Dan jangan lupa, gunakan “Smooth” untuk mengurangi noise pada foto. Simple banget, kan?

5. Toolwiz Photos

Toolwiz Photos
sumber gambar: Play Store

Last but not least, aplikasi penjernih foto yang bagus di Android adalah Toolwiz Photos. Sama seperti aplikasi lainnya, Toolwiz juga memberi kemudahan untuk menjernihkan foto. Caranya adalah, buka aplikasinya dan beri izin akses ke galeri foto. Kemudian, kamu pilih menu “Pro editing”, dan tentukan foto yang ingin kamu jernihkan.

Nah, di bagian “Enhance”, ada banyak tools yang bisa digunakan, untuk menjernihkan foto, kamu pilih “Defog” dengan pilihan “Strong”. Agar fotonya semakin apik, jangan lupa pakai fitur “Auto Tone” dengan pilihan “Tone Basic” atau “Tone Correct” sehingga hasil fotonya tampak lebih natural. Gampang banget, kan?

Untuk menjernihkan foto saat ini bisa kamu lakukan dengan mudah dan gratis melalui lima aplikasi yang sudah kami sebutkan. Nah, dari kelima aplikasi di atas, kira-kira mana yang menurutmu paling bagus? Atau, kalau kamu punya rekomendasi lainnya, bisa tulis di kolom komentar, ya!