Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Daftar Aplikasi Streaming Yang Ada di Indonesia

Indri Penulis

Bersama semakin umumnya orang nonton tayangan online, semakin banyak pula layanan streaming film dan serial hadir. Pertanyaannya, apa saja aplikasi layanan streaming yang ada di Indonesia?

Streaming video berlangganan merupakan layanan yang memungkinkanmu menonton film atau serial di dalamnya dengan membayar biaya langganan harian/bulanan/tahunan. Cara ini berbeda dengan bioskop atau menyewa/membeli film yang mengharuskan kita bayar tiap kali nonton.

popculture.id

Walau begitu, seringkali sebuah film populer lebih dulu tayang di bioskop, baru hadir secara online kemudian. Misalnya Disney+ yang kerap menayangkan filmnya 45 hari setelah tayang di bioskop.

Lalu, perilaku rilis serial di tiap layanan pun bisa berbeda. Netflix, misalnya, suka merilis semua episode sekaligus, sehingga kita melakukan binge alias maraton. Sementara Disney+ atau Prime Video lebih memilih merilis tiap episode per minggu.

Yah walau sekarang populasi film dan serial online semakin banyak, setiap orang punya selera yang berbeda-beda. Nggak cuma itu, setiap layanan streaming juga menawarkan koleksi film dan serial yang berbeda pula.

Untuk itu, kita perlu mengenal apa saja layanan streaming dan karakteristiknya.

Daftar Layanan Streaming yang Ada di Indonesia


Netflix

Netflix hadir dengan ribuan koleksi film dan serial televisi. Tayangannya beragam baik dari Hollywood maupun negara lain, termasuk dari Indonesia, Korea, Jepang, dll.

Beberapa film populer Netflix adalah: Roma, Marriage Story, The Irishman, The Power of The Dog, dll. Sedangkan serial yang populer di antaranya: Squid Game, The Queen Gambit, Stranger Things, Money Heist, dll.

Tapi perlu diingat, jumlah dan jenis konten Netflix berbeda-beda untuk setiap negara. Hal ini dikarenakan urusan lisensi beberapa konten, sehingga hanya bisa dilihat di negara tertentu.

Tersedia di: Browser, Android, iOS, SmartTV, PlayStation, Xbox

Cek info langganan Netflix

Amazon Prime Video

Amazon Prime Video adalah layanan streaming media online yang umumnya satu paket dengan layanan Amazon Prime. Layanan ini juga punya berbagai koleksi film dan serial yang keren.

Layanan milik Amazon ini menawarkan beragam film populer, seperti The Tomorrow War dan Without Remorse. Sementara serial unggulannya adalah The Boys, The Wheel of Time, The Man In The High Castle, dan lainnya.

Tersedia di: Browser, Android, iOS dan Smart TV.

Cek langganan Amazon Prime Video

layanan streaming apple TV+

Apple TV+

Apple TV+ adalah layanan streaming yang menampilkan acara dan film Apple Original yang mendapat ulasan terbaik. Saat ini, koleksi tayangan Apple TV+ belum sebanyak yang lain, walau tidak kalah dari segi kualitas.

Beberapa film yang populer adalah CODA, Greyhound, Finch, Cha Cha Real Smooth, dll. Sedangkan serial yang populer adalah Ted Lasso, For All Mankind, juga serial Korea populer Pachinko yang diperankan oleh Lee Min Hoo.

Tersedia di: Browser, iOS, Smart TV, PlayStation, dan Xbox

Cek paket Apple One

layanan streaming disney+

Disney+ Hotstar

Layanan dan aplikasi streaming Disney+ Hotstar sudah mengudara di Indonesia sejak tanggal 5 September 2020. Masuk ke Indonesia, layanan ini langsung jadi saingan utama Netflix.

Disney+ Hotstar membawa berbagai tayangan dari Disney, Marvel, Pixar, Star Wars, National Geographic, dll. Termasuk berbagai film MCU seperti Avengers: Endgame dan serial Star Wars populer The Mandalorian.

Karena sama-sama di bawah Disney, beberapa film dan serial yang tayang di Hulu di luar negeri, hadir di Disney+ di Indonesia. Oya, layanan ini juga turut menayangkan beberapa film dan serial Indonesia kok.

Tersedia di: Browser, Android, iOS, Smart TV

Cek langganan Disney+

GoPlay

GoPlay adalah layanan streaming yang diluncurkan oleh GoJek pada tahun 2019. Apa yang unik dari layanan ini? Ya selain menawarkan layanan streaming film dan serial seperti yang lain, GoPlay uniknya juga menawarkan layanan pembayaran online dan juga platform game langsung dari aplikasi.

Terus, film apa saja yang ada di GoPlay? Kamu bisa nonton film Gossip Girl Indonesia, Perempuan Tanah Jahanam, Ratu Ilmu Hitam, dll. Ya kalau dilihat-lihat, mayoritas tayangan yang dimiliki GoPlay memang dari Tanah Air sih.

Tersedia di: Browser, Android, iOS dan Smart TV


aplikasi streaming hbo go

HBO GO

HBO GO adalah aplikasi yang mewakili layanan streaming HBO Max di Indonesia. Layanan ini identik banget sama tayangan eksklusif HBO, HBO Max Originals, dan juga Warner Bros dan DC.

Kamu bisa menemukan film superhero DC di HBO Go, seperti The Batman, Wonder Woman, The Dark Knight, dll. Kamu juga akan menemukan film-film Harry Potter di sini. Sedangkan untuk serialnya, ada Game of Thrones, The Peacemaker, Raised By Wolves, dll.

Tersedia di: Browser, Android, iOS dan Smart TV

Cek langganan HBO Go

iQiyi

Layanan yang satu ini mayoritas kontennya adalah dari China. Di sini kamu bisa nonton film dan serial China dari berbagai genre mulai dari romantis, historical, horor, dll, semua ada di sini. Mau nonton donghua (anime China) juga ada di sini.

Tersedia di: Browser, Android, iOS, Apple TV, dan Android TV


layanan streaming indonesia mola tv

Mola TV

Mola adalah layanan multiplatform yang memiliki video sesuai permintaan dengan layanan over-the-top di Indonesia. Channel apa saja yang ada di Mola TV? Kamu bisa nikmati beberapa channel seperti Mola Movies, Mola Living, Mola Kids, Mola Sports, HBO GO, dll.

Nah karena layanan ini berbasis channel seperti yang ada di TV-, kamu mungkin penasaran, apakah di TV digital ada Mola TV atau nggak kan? Ya, ada. Saat ini Mola TV sudah menjadi salah satu penyedia TV Digital seperti yang banyak digembar-gemborkan oleh pemerintah beberapa waktu belakangan.

Tersedia di: Browser, Android, iOS, Smart TV (khusus di Smart TV merek Polytron)


aplikasi layanan streaming viu

Viu

Buat penggemar drama maupun film Korea, tentu tidak asing dengan aplikasi ini. Yup, Viu adalah aplikasi yang menyajikan film dan drama Korea.

Tapi sebenarnya aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menonton film lainnya lho. Kalian bisa nonton film Indonesia, Barat, Thailand, Bollywood, dan China. Tapi jumlahnya nggak sebanyak film Korea.

Aplikasi ini cukup unik, karena semua film dan drama disini menggunakan subtitle Indonesia. Tapi kalian harus ekstra sabar karena ada banyak iklan di aplikasi ini.

Maklum saja, karena Viu merupakan aplikasi gratis. Jika ingin menghilangkan iklan, kalian harus menjadi pelanggan Premium.

Tersedia di: Android, iOS, Smart TV


layanan streaming wetv di indonesia

WeTV

Aplikasi yang satu ini dari dulu memang identik banget sama drama dan serial China. Bahkan sekarang pilihan konten dari Negeri Tirai Bambu makin banyak di WeTV. Layanan berlangganan ini juga selalu up to date dalam menghadirkan film dan serial China terbaru.

Apakah di WeTV ada serial dan film Indonesia? Ada kok. Bahkan kamu bisa temukan berbagai serial Indonesia populer yang eksklusif tayang di WeTV seperti My Lecture Husband dan lainnya.

Tersedia di: Android, iOS, Smart TV (khusus WeTV VIP)


Pilih Layanan Streaming Sesuai Kebutuhan

Nah kini kamu sudah tahu apa saja aplikasi atau layanan streaming film dan serial berlangganan yang ada di Indonesia. Punya bayangan mau pilih yang mana?

Kalau belum, kamu bisa mulai pilih layanan yang sesuai dengan minatmu. Contohnya kamu suka nonton film-film blockbuster, mungkin kamu bisa pilih HBO GO. Kalau kamu suka nonton drakor, kamu bisa pilih Viu atau WeTV. Kalau mau nonton drama China, bisa pilih iQiyi, dll.

Oya, ingat ya. Apapun layanan yang kamu pilih nantinya, sesuaikan juga paket langganan yang kamu ambil dengan kebutuhanmu. Kalau misalnya kamu suka banget streaming, kamu bisa pilih paket berlangganan jangka panjang. Tapi kalau streaming-nya jarang, bisa ambil paket dengan harga murah dan tentunya dengan durasi berlangganan yang nggak terlalu lama.

    %d blogger menyukai ini: