Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Disney Tunjukkan Teknologi Merubah Umur Aktor Secara Digital, Weh Gimana Konsepnya Tuh?!

teknologi mengubah umur aktor
Sumber: Stealth Optional
Indri Penulis

Disney tunjukkan teknologi mengubah umur aktor secara digital. Penasaran seperti apa konsep teknologinya? Kamu bisa simak dalam ulasan ini.

Sudah bukan rahasia lagi kalau teknologi selalu mengalami kemajuan. Menariknya kemajuan teknologi merambah ke hampir segala sektor, termasuk sektor industri hiburan.

Akhir-akhir ini, teknologi penuaan umur sedang populer di Hollywood lho. Artis-artis populer seperti Chris Evans, Keanu Reeves, Mark Hamill, dll, sudah menjadi ‘korban’ sihir digital yang dapat mengubah umur mereka secara drastis.

Nggak mau ketinggalan tren, baru-baru ini Disney tunjukkan teknologi mengubah umur aktor secara digital. Kira-kira gimana pendekatan yang dilakukan oleh Disney? Yuk, kita intip bersama.

Disney Tunjukkan Teknologi Mengubah Umur Aktor

Sebagai penikmati serial atau film, sering kali ini kita melihat scene di mana pemain memerankan umur yang lebih muda atau tua. Agar lebih meyakinkan, biasanya mereka didandani agar terlihat lebih muda atau tua dari usia aslinya.

Nah tapi Disney baru-baru ini coba mengandalkan teknologi yang lebih canggih. Nggak perlu repot-repot pakai makeup, cukup memanfaatkan teknologi canggih bernama ‘Face Re-aging Network atau FRAN,’ umur pemain auto bisa berubah sesuai keinginan.

Film Indiana Jones 5 bakal jadi uji coba pertama Disney. Film tersebut digadang-gadang akan menjadi penentu untuk pengembangan teknologi penuaan ulang.

teknologi mengubah wajah aktor
Sumber: Disney

Bisa kamu lihat pada gambar di atas. Gambar di atas menunjukkan Harrison Ford yang terlihat sudah tua dari film Indiana Jones sebelumnya. Kalau kamu menganggap ini efek makeup, kamu salah. Ini adalah hasil dari teknologi pengubah umur yang dipamerkan Disney.

Dalam pembuatannya, teknologi ini mengandalkan program yang disebut StyleGAN2. Program tersebut mampu menghasilkan ribuan wajah buatan untuk memprediksi perubahan tampilan wajah manusia secara lebih akurat dalam jangka waktu lama.

teknologi mengubah wajah aktor
Sumber: Disney

Dengan kata lain, divisi efek visual Disney telah berhasil mengembangkan algoritme yang melacak proses penuaan secara virtual. Algoritme ini diklaim sangat efektif, karena bisa menerapkan perubahan fisik yang super otentik pada subjek di kehidupan nyata.

Selain foto Harrison Ford, kamu juga bisa melihat hasil kerja FRAN lewat video di bawah ini. Video tersebut dibagikan ke channel YouTube DisneyResearchHub Disney pada tanggal 30 November 2022.

Gimana menurutmu, cukup menakjubkan bukan? Saya pribadi menganggap kalau perubahan yang dihasilkan teknologi ini tampak mulus. Mungkin kalau dikembangkan lebih dalam, hasilnya bakalan jauh lebih bagus dari yang sekarang.

Selain itu hadirnya FRAN juga bisa menguntungkan Disney dalam banyak hal. Setidaknya Disney bisa menghemat waktu untuk mengubah umur artis pemeran. Selain itu Disney juga nggak memerlukan makeup tambahan untuk membuat rekayasa umur. Ya nggak?


Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]