Aplikasi Bawaan Laptop Windows Seperti Fitur AirDrop

Kalau kita bicara soal ekosistem, ada satu pertanyaan yang kerap muncul di ekosistem Windows dan Android, jika membandingkan dengan Apple. Adakah fitur seperti AirDrop di laptop Windows?

Fitur AirDrop di ekosistem Apple memungkinkan pengguna melakukan transfer data antar perangkat secara nirkabel dengan memanfaatkan WiFi dan Bluetooth. Protokol ini sangat memudahkan, karena cepat dan tidak melewati internet (koneksi berjalan lokal).

Kini perkembangan di plaform lain pun sebenarnya sudah memilikinya. Untuk perangkat Android, Google sudah mengembangkan fitur Berbagi Langsung (Nearby Share). Lalu ada pula berbagai aplikasi transfer data antar perangkat yang bisa kamu install.

Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya ada aplikasi bawaan Windows dan dari produsen komputer yang juga menawarkan fitur sepeti AirDrop? Kemungkinan besar aplikasi ini ada di laptopmu.

Nah, kali ini kami mengajakmu untuk melihatnya.

Your Phone App

Aplikasi buatan Microsoft ini berguna untuk mengakses Pesan, Galeri, juga melakukan panggilan di smartphone Android dari komputer Windows. Bahkan untuk ponsel Samsung, aplikasi Your Phone (Telepon Anda) bisa kamu pakai untuk membuka aplikasi Android lain.

Untuk memakainya kamu harus memiliki aplikasi Your Phone app di komputer Windows dan aplikasi Your Phone Companion di ponsel Android. Silakan cek di komputer dan ponselmu.

Kalau belum ada kamu bisa download dari Microsoft Store dan Play Store.


DELL Mobile Connect

Kalau kau memiliki laptop DELL, kamu bisa pakai aplikasi DELL Mobile Connect untuk mengakses pesan, membuat dan menerima panggilan telepon, transfer file, melihat notifikasi ponsel, dan melakukan mirroring dari laptopmu. Semua secara nirkabel dengan memakai WiFi dan Bluetooth.

Tentu, kamu harus memasang aplikasi ini baik di laptop atau di ponselmu. Asiknya, aplikasi ini tidak hanya berlaku untuk ponsel Android saja. Kamu juga bisa memakainya di iPhone.

Kalau kamu belum punya, silakan unduh:


HP QuickDrop

Kalau kamu memiliki laptop HP, kamu bisa memakai aplikasi HP QuickDrop untuk melakukan transfer file dan mengirim catatan ke ponsel (dn sebaliknya). Aplikasi ini juga mendukung ponsel Android dan iOS.

Kalau kamu belum punya, kamu bisa download di Microsoft Store untuk laptop, juga di Play Store untuk Android, dan di App Store untuk iPhone.


MyASUS / Link to MyASUS

Kalau kamu memakai laptop ASUS, kamu bisa menggunakan aplikasi MyASUS yang dipasangkan dengan aplikasi Link to MyASUS di smartphone, baik Android maupun iPhone. Dengan aplikasi ini kamu bisa melakukan komunikasi ponsel dari komputer, melakukan transfer file, screen mirroring, remote access, dan memakai kamera ponsel sebagai webcam laptop.

Kalau kamu belum memilikinya, kamu bisa unduh aplikasi MyASUS di Microsoft Store, juga aplikasi Link to MyASUS di Play Store untuk Android, dan di App Store untuk iPhone.


Itulah beberapa aplikasi yang biasanya menjadi bawaan laptop Windows dan memungkinkanmu memiliki fitur seperti AirDrop milik Apple.

Saya sendiri sudah tidak pernah transfer data pakai kabel atau kirim pesan ke diri sendiri lewat WA atau email. Cukup pakai aplikasi ini dan tidak perlu lewat internet. Cepat, mudah, dan hidup lebih indah.

%d blogger menyukai ini: