Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Deretan Produk Apple AR Siap Menggebrak Dunia Mulai Tahun 2022

Indri Penulis

Apple kabarnya akan meluncurkan produk AR (augmented reality) mulai tahun 2022, termasuk produk AR seperti kacamata dan lensa kontak di tahun 2025 dan 2030.

Bicara soal smartphone kelas atas, Apple pasti rajanya ya. Sepak terjang perusahaan ini tak usah diragukan lagi. Lewat produk ponsel iPhone-nya, Apple telah berhasil menjual ratusan juta produk sejak seri pertama iPhone.

Kini selain mengembang ponsel kelas dewa seperti biasa, Apple sepertinya ingin mengepakkan sayapnya ke produk augmented reality (AR) dan mixed reality (MR).

Apalagi baru-baru ini beredar kabar soal rencana peluncuran deretan produk AR milik Apple. Produk-produk ini tidak akan diluncurkan dalam satu waktu, melainkan waktunya berselang beberapa tahun. Kapan lebih tepatnya?

Rumor Rencana Peluncuran Produk AR Apple

Dilansir dari Apple Insider, Apple telah mengerjakan mixed reality (MR) head-mounted display selama beberapa tahun. Dari catatan TF Securities beberapa waktu lalu, tampaknya penggemar harus menunggu lumayan lama untuk bisa melihat produk ini secara langsung.

TF Securities mengatakan bahwa Apple akan menghadirkan produk-produk dalam tiga fase. Fase pertama dimulai dengan meluncurkan produk ‘helmet type (tipe helm)’ pada tahun 2022.

konsep headset apple ar
Sumber Gambar : Apple Insider

Selanjutnya, perusahaan akan meluncurkan produk ‘glasses type (kacamata Apple)’ pada tahun 2025. Terakhir, Apple bakal meluncurkan perangkat keras berbasis lensa kontak antara tahun 2030 dan 2040.

Sebenarnya ini sedikit mundur dari jadwal yang disebutkan analis Apple terkemuka, Ming Chi Kuo sebelumnya. Pada bulan Januari lalu, Kuo memprediksi  jika perangkat keras AR akan rilis pada 2021.

Ming Chi Kuo juga sempat mengklaim bahwa, AR dan MR akan menjadi ‘teknologi kritis berikutnya’ yang dapat menampilkan antarmuka human-machine inovatif. Keduanya akan menjadi salah satu produk utama di masa depan.

Baca Juga:  Apple Merencanakan Program Langganan Perangkat untuk iPhone

Kembali lagi ke produk-produk yang bakal diluncurkan Apple beberapa tahun lagi. Saya akan membahasnya satu per satu.

Mulai dari produk helm yang kabarnya akan meluncur tahun depan. Perusahaan disebut-sebut telah mengantongi beberapa prototipe helm dengan berat antara 200 – 300 gram. Tapi prediksinya, versi akhir helm akan berbobot di bawah 200 gram.

Produk ini akan menggunakan layar OLED mikro dan modul optik yang berasal dari Sony. Perangkat ini akan mampu memberikan ‘pengalaman AR tembus pandang’ sekaligus VR.

Helm ini akan memiliki daya komputasi dan penyimpanan independen. Itu artinya, helm Apple tidak membutuhkan perangkat host agar berfungsi seperti headset VR dan AR lainnya.

Namun untuk sementara, helm generasi pertama akan dibuat seperti produk portable (bukan seluler). Yah, setidaknya sampai teknologi yang dipakai meningkat.

Pindah ke perangkat kedua yang kabarnya Apple Glass. Kacamata ini diduga bakal menggunakan teknologi buatan Apple yang bisa menghadirkan pengalaman AR tembus pandang.

Berbeda dengan produk helm, Apple Glass akan hadir sebagai produk seluler. Produk ini akan menawarkan pengalaman lebih ‘mobile + AR’ dibandingkan helm yang imersif.

Sedangkan untuk lensa kontak, ‘tidak ada rencana pasti soal jadwal peluncurannya.’ Tapi diprediksi, produk ini akan diluncurkan antara tahun 2030 – 2040.

Belum ada banyak informasi yang beredar soal produk ini. Tapi Ming Chi Kuo mengatakan, lensa kontak akan membawa elektronik dari era komputasi terlihat ke yang tak terlihat.