Rumor Apple Glass: Tetap Rilis dan Lebih Cepat Dari Perkiraan

foto: iDropNews
Anom Penulis

Sudah sejak beberapa tahun ini Apple Glass menjadi bahan rumor pengamat teknologi. Kabar terbaru menyebutkan kalau kacamata cerdas buatan Apple ini kemungkinan akan rilis lebih cepat dari perkiraan, yaitu pada tahun 2021.

Sekedar memberi latar belakang, perangkat kacamata cerdas merupakan salah satu perangkat yang kerap “dikejar” perusahaan teknologi. Google dan Snapchat merupakan dua di antaranya.

Apa itu Apple Glass?

Apple Glass diebut merupakan perangkat kacamata cerdas yang dilengkapi dengan teknologi augmented reality.

Apple sendiri sudah mendorong teknologi AR di perangkat mereka. Apple memperkenalkan ARKit pada iOS 11. Sejak saat itu, Apple memiliki platform AR yang boleh dibilang luar biasa. Dari perangkat keras seperti iPhone dan iPad, sampai berbagai aplikasi dan game, seperti Minecraft Earth, AR Quick Look, IKEA Place, dll.

Kehadiran iPad Pro dengan LiDAR scanner mendorong teknologi itu lebih jauh. Rumor iPhone 12 juga menyebutkan Apple akan memasang LiDAR scanner di sana. Kacamata cerdas jelas merupakan perangkat yang “masuk akal” untuk teknologi ini.

Desain

Jujur, sejauh ini belum ada bocoran soal desain Apple Glass. Namun pada tahun 2018, situs iDropNews membuat gambar render 3D yang memperkirakan bentuk kacamata itu.

perkiraan bentuk Apple Glass

Fitur Apple Glass

Apple sudah mendaftarkan berbagai paten yang berhubungan dengan teknologi kacamata cerdas sejak tahun 2015. Bahkan Apple disebut sudah mengantongi 53 paten. Meliputi perangkat sandangan, teknologi pemetaan 3D, dll.

Sejauh ini, rumor menyebutan kalau Apple Glass akan memiliki fitur tampilan resolusi tinggi, kamera, pemindai 3D, dan “advanced human detection” (deteksi manusia canggih).

Dengan begitu, bisa kita perkirakan bagaimana pemakaian Apple Glass. Integrasi dengan iPhone bisa membawa permainan seperti Pokemon Go atau Minecraft Earth lebih nyata. Begitupun kalau kamu mau belanja perabot rumah di IKEA dan bisa mencocokkannya lebih dulu di dalam ruangan rumah (dengan tampilan 3D).

Harga dan Tanggal RIlis

Sebagai perangkat canggih yang mendukung teknologi canggih, Apple Glass jelas tidak akan murah. Untuk perbandingan lihat saja Apple Watch.

Sekedar perbandingan lain, kacamata Spectacles 3 dari Snapchat memiliki harga $380. Itupun kacamata yang “sekedar” punya fitur AR sederhana. Sedangkan milik Apple diduga akan lebih canggih.

Rumor seputar tanggal rilis Apple Glass cukup menarik. Ming-Chi Kuo, seorang pengamat Apple, pernah menyebutkan kalau Apple Glass akan rilis pada tahun 2022. Terutama karena pengembangannya yang kompleks.

Namun Jon Prosser, seorang leaker, membantah hal itu di Twitter dan menyebutkan kalau Apple Glass kemungkinan akan rilis di pertengahan tahun 2021. Ia juga menyebut kalau sudah melihat perangkat itu secara langsung dan perangkat ini punya penampilan keren.

Sudah jelas kalau Apple Glass bukanlah perangkat yang diminati semua orang. Namun Apple punya reputasi mengolah teknologi dan mempopulerkannya. Jadi sangat menarik melihat apa yang akan dilakukan Apple untuk perangkat ini.

    %d blogger menyukai ini: