Apple Blokir Notifikasi Facebook Soal Pemberitahuan Tarif App Store

ilustrasi notifikasi facebook di iphone

Hiruk pikuk tentang App Store milik Apple berlanjut. Facebook menyatakan kalau Apple melakukan blokir pemberitahuan pada pengguna mengenai tarif App Store.

Beberapa waktu lalu, Facebook meluncurkan fitur acara online berbayar. Fitur ini hadir untuk mendukung kreator konten dan pemilik bisnis untuk menjaring pelanggan di tengah pandemi Covid-19.

Karena ini acara berbayar โ€” sebagai sumber pendapatan pihak bersangkutan โ€” maka Facebook menyediakan sistem transaksi di dalam aplikasi melalui Facebook Pay. Facebook sendiri tidak mengutip tarif dari pembayaran tersebut.

Namun Apple-lah yang kemudian mengutip tarif 30% sebagai bagian dari sistem App Store. Facebook pun sudah memprotes tarif tersebut, karena fitur ini memang lebih bersifat sosial.

fitur acara online berbayar Facebook di apple iphone dan android
fitur acara online berbayar Facebook

Apple Blokir Notifikasi Facebook

Berdasar laporan dari Reuters, Facebook menyebut kalau Apple menolak usaha pemberitahuan pada pengguna soal tarif 30% tersebut.

Pemberitahuan pada pengguna itu sendiri merupakan langkah Facebook supaya bisa lebih transparan. Dengan notifikasi ini, pengguna bisa paham ke mana saja uang yang bereka bayar pada usaha kecil menengah.

Dalam pernyataan kepada Reuters ini, Facebook menyayangkan keputusan Apple memblokir pemberitahuan tersebut. Reuters sendiri sudah memberi konfirmasi kalau pesan pemberitahuan soal tarif App Store itu memang tidak sampai ke pengguna.

Reuters menyebutkan kalau Facebook juga berencana memberi pemberitahuan yang sama โ€” kalau ada kutipan 30% dari Google Play โ€” pada pengguna Android. Namun, pemberitahuan itu pun tidak sampai.

Menariknya, kasus antara Facebook dan Apple ini bukan hanya soal notifikasi acara online berbayar saja. Ada masalah lain yang justru berlaku sebaliknya.

Apple sudah menetapkan peraturan kalau harus ada pemberitahuan tambahan pada pengguna sebelum aplikasi bisa melacak kegiatan pengguna di berbagai aplikasi di iPhone. Tentunya dengan alasan privasi. Facebook mempermasalahkannya.

Tiap perusahaan memang memiliki cara masing-masing untuk mendapat untung. Mereka pun sering mendapat sorotan untuk hal itu. Sebagai pengguna, penting untuk mengetahui hal itu beserta konsekuensinya.

%d blogger menyukai ini: