Apple Akan Ganti Rugi iPhone Lama Yang Dibikin Lemot

kenapa iphone lemot

Sebagai hasil dari kasus iPhone yang “dilemotkan”, Apple akan memberi ganti rugi para pemiliknya. Pengguna iPhone yang performanya diturunkan itu bisa mendapat kompensasi sebesar $25.

Beberapa waktu lalu, Apple diketahui membuat beberapa iPhone versi lama menurun performanya, dengan kata lain jadi lemot. Apple memberi alasan penurunan performa iPhone itu adalah untuk membuat baterai lebih awet.

Namun, tidak sedikit pengguna yang menuduh kalau itu hanyalah alasan yang dibuat-buat. Mereka beranggapan kalau penurunan kinerja iPhone itu hanyalah usaha agar konsumen membeli iPhone baru yang lebih cepat. Masalah ini pun sampai di meja hijau.

Berdasar berita Reuter, pada bulan Maret 2020, Apple setuju untuk memberikan kompesasi dengan jumlah total sampai $500 juta. Lebih tepatnya $25 per iPhone dengan jumlah total minimal ganti rugi $310 juta tergantung jumlah klaim.

Hanya saja, ganti rugi ini berlaku untuk warga Amerika.

apple ganti rugi pengguna iphone
klaim ganti rugi

Ya, karena masalah iPhone yang diturunkan performanya ini menjadi kasus hukum di Amerika. Sebagai konsekuensi tersebut, kini pengguna iPhone di Amerika bisa mengajukan klaim ganti rugi melalui situs khusus.

Ganti rugi ini meliputi beberapa perangkat iPhone, yaitu:

  • iPhone 6, 6 Plus, 6S, 6S Plus, atau iPhone SE (lama) yang menjalankan iOS 10.2.1 atau lebih baru sebelum tanggal 21 Desember 2017.
  • iPhone 7 atau 7 Plus yang menjalankan iOS 11.2 atau lebih baru sebelum tanggal 21 Desember 2017.

Jumlah ganti rugi sebesar $25 itu dianggap sepadan. Karena biaya perbaikan iPhone disebut mencapai $46 secara maksimal. Selain itu, Apple juga menurunkan biaya penggantian baterai dari $79 menjadi $29.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: