Inilah Sutradara Terkenal Yang Membuat Film Dengan Smartphone

sutradara hollywood zack snyder

Jaman sekarang, membuat video dengan smartphone sudah wajar. Tidak sedikit pula orang membuat film dengan smartphone. Tapi tahukah kamu kalau ada sutradara terkenal yang melakukannya?

Sejauh pengetahuan saya, paling tidak ada tiga orang sutradara. Selain karena film-film mereka yang populer, mereka juga terkenal memiliki gaya yang khas. Nah, siapa saja? Yuk kita lihat.

Steven Soderbergh

Steven Soderbergh terkenal dengan film Ocean’s Eleven, Ocean’s Twelve, Ocean’s Thirteen, Traffic, Erin Brockovich, Citizen Four, dan The Hunger Games. Ia menerima penghargaan Oscar untuk Sutradara Terbaik di film Traffic. Ia juga pernah membuat film eksperimental berjudul The Girlfriend Experience dengan pemeran bintang porno Sasha Grey.

Steven Soderbergh membuat film dengan smartphone iPhone 7 Plus. Film berjudul Unsane itu merupakan film bergenre horror-thriller psikologis. Unsane juga disebut menggunakan pendekatan “reality” seperti film Get Out. Film ini dibintangi Claire Foy dan Juno Temple.

Membuat film dengan iPhone memungkinkan Soderbergh bisa langsung mengeditnya di lokasi syuting. Ia bahkan bisa langsung menunjukkan perkembangan film tersebut pada para pemeran.

Film Unsane akan dirilis pada tanggal 23 Maret 2018 di Amerika.

Michel Gondry

Mungkin tidak banyak yang mengenal Michel Gondry. Yah, bisa dimaklumi. Aslinya, Michel Gondry merupakan sutradara independen asal Perancis.

Tapi bukan berarti ia tidak terkenal. Filmnya yang paling populer adalah Eternal Sunshine of the Spotless Mind. Film ini memberikannya penghargaan Oscar untuk Skenario Asli Terbaik. Selain itu, ia juga terkenal karena membuat video klip musik untuk Radiohead, Björk, The Chemical Brothers, Beck, dan The White Stripes.

Michel Gondry juga membuat film dengan smartphone iPhone 7 Plus. Hanya saja, film buatannya adalah film pendek berjudul Détour. Film berdurasi 12 menit ini bercerita tentang “petualangan sebuah sepeda roda tiga dalam menemukan pemiliknya”. Film ini dibuat hanya dalam waktu dua minggu dengan menggunakan aplikasi Filmic Pro.

Bagaimana filmnya? Lihat sendiri di video YouTube di bawah ini.

Zack Snyder

Ada yang tidak tahu siapa Zack Snyder? Ia adalah sutradara dibalik film Batman v Superman: Dawn of Justice, Man of Steel, 300, dan Watchmen. Ia juga sempat menyutradarai film Justice League sebelum mengundurkan diri.

Setelah ia mengundurkan diri dari produksi Justice League, ia membuat sebuah film pendek bersama anggota keluarga. Anak perempuannya, Willow, seorang make-up artist, membantunya. Anak laki-lakinya, Eli, mengajak temannya untuk ikut produksi film. Teman Snyder, Samantha Jo (yang jadi Euboea di Wonder Woman), menjadi pemeran utama.

Film pendek itu berjudul Snow Steam Iron yang memiliki cerita agak “gelap”. Film ini juga dibuat dengan iPhone dan aplikasi Filmic Pro (juga dibantu dengan Kessler Dolly Pocket, Zeiss Exolens, dan DJI drone). Yang tidak kalah menarik, Snyder merilis film pendek ini di media sosial—yang kurang populer—bernama Vero.

Silakan lihat sendiri hasilnya di video di bawah ini.

%d blogger menyukai ini: