Apple Siapkan MacBook Bisa Isi Daya Nirkabel iPhone dan Apple Watch

Apple sedang mempersiapkan teknologi agar laptop MacBook bisa isi daya secara nirkabel untuk iPhone dan Apple Watch, yang terlihat dari paten yang mereka daftarkan.

Teknologi mengisi daya perangkat secara nirkabel memang semakin lazim terlihat. Fitur ini sudah banyak hadir di berbagai smartphone, khususnya yang berkelas flagship.

Selain itu, kini juga sudah hadir teknologi mengisi daya terbalik (reverse charging), yang membuat sebuah perangkat bisa mengisi daya perangkat lain. Teknologi ini pun bisa dilakukan baik dengan kabel (wired) atau secara nirkabel (wireless).

Sebagai perangkat yang lebih besar, pemakaian laptop sering bersanding dengan smartphone atau smartwatch. Ibaratnya seperti bumi dan bulan. Hal inilah yang kelihatannya menjadi dasar ekosistem Apple.

Apple mendaftarkan dua paten yang menggambarkan pengisian dua-arah di perangkatnya. Paten ini meliputi gambar yang menunjukkan konsep MacBook yang bisa isi daya beberapa perangkat, termasuk iPhone, iPad, dan Apple Watch.

paten macbook isi daya iphone dan apple watch
gambar: Apple

Berdasar konsep Apple, pengisian daya itu bisa dilakukan baik di tutup layar MacBook, di bidang sandaran tangan, dan di touchpad. Saat kita tidak memakai laptop, wilayah itu memang boleh dibilang nganggur.

Selain itu ada pula gambar yang menunjukkan iPhone dan iPad melakukan hal yang sama. Seperti Apple Watch yang berada di atas iPhone.

gambar: Apple

Pernyataan di dalam paten menyebutkan bahwa “walau memiliki konektor dan kabel standar, tiap perangkat bisa membutuhkan pengisi daya terpisah atau khusus. Dalam kasus tertentu, memiliki pengisi daya terpisah untuk tiap perangkat bisa merepotkan dalam pemakaian, penyimpanan, atau saat dibawa.”

Yang menarik, saat ini MacBook dan iPad punya bodi bersalut aluminium, yang tidak mungkin dipakai untuk mengisi daya secara nirkabel. Baru iPhone dan Apple Watch yang memungkinkannya.

gambar: Apple

iPhone sendiri sudah menerapkan teknologi ini lebih jauh melalui kehadiran MagSafe. Ironisnya, nama MagSafe ini berasal dari pengisi daya MacBook yang memakai magnet (diganti dengan USB-C).

Kalau teknologi ini diterapkan oleh Apple, maka muncul sebuah pertanyaan. Apakah materi bodi MacBook dan iPad akan berganti? Tentu sangat menarik melihat bagaimana perkembangan konsep MacBook yang bisa isi daya iPhone atau perangkat Apple lain nantinya.

%d blogger menyukai ini: