Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Apple Meminta Mac Mini DTK Kembali, Pengembang Aplikasi Kecewa

Anom Penulis

Kehebohan terjadi di kalangan pengembang aplikasi macOS. Apple menarik perangkat Mac Mini DTK dan menawarkan diskon $200 untuk komputer Mac dengan chipset M1, yang memancing protes dari para pengembang aplikasi.

Ketika mengumumkan peralihan dari prosesor Intel ke chipset Apple Silicon, Apple menyediakan perangkat Mac Mini sebagai DTK (Development Transition Kit). Para pengembang membayar $500 untuk mendapat akses ke perangkat tersebut selama 1 tahun sebagai sarana pengembangan aplikasi mereka untuk komputer Mac selanjutnya.

popculture.id

Kini komputer Mac berbasis chipset Apple M1 sudah beredar. Apple pun meminta para developer mengembalikan Mac Mini DTK itu dengan kompensasi diskon $200 untuk pembelian komputer Mac M1 lebih cepat dari perjanjian (sampai akhir Mei 2021).

Seperti yang ditunjukkan oleh Mark Gurman melalui tweet-nya.

Sebagian pengembang aplikasi merasa kecewa dan protes. Pasalnya mereka sudah membayar $500 untuk akses tersebut dan mengalami hambatan akibat bug yang ada. Diskon $200 untuk pembelian komputer Mac M1 sebagai ganti pengembalian lebih cepat juga dirasa terlalu mahal.

Apalagi kalau mengingat pada saat peralihan ke prosesor Intel dulu, Apple memberikan komputer Mac berbasis Intel secara gratis.

Berikut salah satu percakapan antar pengembang aplikasi di Twitter.

Memang tidak semua pengembang protes dengan penawaran Apple itu. Ada pula yang menunjukkan kalau penawaran itu masih sesuai dengan kerangka sewa Mac Mini DTK selama satu tahun.

Walau begitu harus kita akui, sebagai salah satu perusahaan terkaya, keputusan Apple itu memang cukup kontroversial. Bagaimana menurutmu?

    %d blogger menyukai ini: