Apple Nomor 1, Ini Dia 5 Vendor Smartphone Terbesar di Dunia Q4 2020

foto: The Verge

Daftar vendor smartphone terbesar di dunia selama Q4 2020 telah keluar. Apple resmi jadi nomor 1. Lalu siapakah yang lainnya?

Peringkat vendor smartphone nomor 1 di dunia jelas sangat bergengsi ya. Sebab saat menyandang predikat ini, itu artinya angka penjualan smartphone di perusahaan tersebut ‘tertinggi di dunia.’

Di kuartal sebelumnya, peringkat vendor smartphone nomor 1 di dunia diduduki oleh perusahaan asal Korea Selatan, Samsung. Namun kini gelar tersebut telah resmi disabet oleh Apple.

Selain Apple dan Samsung, mana saja perusahaan yang menjadi vendor smartphone terbesar di dunia selama Q4 2020?

Vendor Smartphone Terbesar di Dunia Q4 2020

Sebagai pemegang predikat nomor 1, saya akan bahas kesuksesan Apple lebih dulu sebelum menyebutkan vendor lain.

Menurut IDC (via Business Wire), selama tahun 2020, Apple berhasil melakukan pengiriman 90,1 juta perangkat. Apple berhasil mewakili volume pengiriman tertinggi oleh vendor dalam satu kuartal, dan mencatat peningkatan 4% dibanding tahun sebelumnya.

iphone 12

Yah, bisa dibilang kalau kuartal empat 2020 adalah waktu paling mengesankan buat Apple. Sebab perusahaan berhasil menembus angka $100 miliar untuk pertama kalinya dalam hal pendapatan kuartal, didorong oleh penjualan iPhone, Macbook dan iPad yang kuat.

Sementara itu, pendapatan iPhone naik 17% menjadi $65,6 miliar dibanding kuartal sebelumnya. Hal ini tidak lepas dari tingginya permintaan iPhone 12 Series. Inilah yang membuat Apple resmi menjadi vendor ponsel nomor satu di dunia selama Q4 2020 dengan pangsa pasar (23,4%).

Di peringkat kedua ada Samsung dengan pangsa (19,1% – 73,9 juta penjualan), posisi ketiga ada Xiaomi (11,2% – 43,3 juta penjualan), posisi keempat ada OPPO (8,8% – 33,8 juta penjualan), dan posisi kelima ada Huawei yang pangsa pasarnya terus merosot (8,4% – 32,3 juta penjualan).

Sumber Gambar : IDC (via XDA-Developers)

Sementara itu, pasar smartphone di seluruh dunia tumbuh 4,3% dari tahun ke tahun, dengan total 385,9 juta smartphone yang dikirim pada kuartal Desember. Itu menurut IDC.

Ada banyak elemen yang memicu pemulihan pasar smartphone. Yakni permintaan yang tinggi, dorongan pasokan yang berkelanjutan pada 5G, promosi yang agresif, dan popularitas ponsel dengan harga rendah hingga menengah,” kata Direktur Riset IDC Worldwide Mobile Device Trackers.

Yah, bisa dibilang, Apple hampir selalu menempati posisi tiga teratas sebagai vendor smartphone kelas dunia. Sementara, untuk total jangka satu tahun 2020, Samsung berhasil menjadi nomor 1 berkat kesuksesan seri Galaxy A.

Sumber Gambar : IDC (via XDA-Developers)

Vendor ini berhasil menguasai 20% pangsa pasar global. Sementara Apple ada di posisi kedua. Lalu di posisi ketiga masih dipegang oleh Huawei.

Sementara itu, penjualan smartphone secara keseluruhan tahun 2020 memang turun 7% karena COVID-19. Pandemi ini menyebabkan rantai pasokan dan produksi menjadi terlambat.

Namun analis yakin kalau pasar smartphone akan pulih pada tahun 2021. Apalagi kalau melihat penjualan selama Q4 2020 tumbuh sangat kuat.

%d blogger menyukai ini: