Selamat, Apple Resmi Jadi Perusahaan Pertama dengan Nilai $3 Triliun!

Indri Penulis

Apple akhirnya cetak rekor baru! Sekarang Apple resmi dinobatkan sebagai perusahaan pertama dengan nilai lebih dari $3 triliun di dunia.

Saat orang-orang membicarakan soal jajaran perusahaan terkaya di dunia, pasti nama sekelas Apple atau Microsoft hampir selalu masuk ke dalam topik perbincangan.

Tapi dari sekian perusahaan raksasa yang ada di dunia, siapa kah yang akhirnya berhasil memimpin kapitalisasi pasar? Penasaran? Dia adalah Apple, raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat.

Baru-baru ini dilansir dari situs The New York Times, Apple resmi menjadi perusahaan pertama di dunia dengan nilai lebih dari $3 triliun berdasarkan kapitalisasi pasar.

Berdasarkan kapitalisasi pasar, apa artinya? Itu artinya, nilai $3 triliun yang dimiliki Apple merupakan total dari semua saham perusahaan yang ada saat itu. Pencapaian ini terjadi setelah saham Apple naik lebih dari 40% tahun lalu.

Apple sendiri telah melaporkan hasil pendapatan yang kuat sejak awal pandemi. Produk dan layanan mereka jadi tambah laris, karena orang-orang lebih sering bekerja, belajar dan terhubung dengan orang lain dari dalam rumah.

Sumber : The New York Times

Bahkan pendapatan Apple diperkirakan telah mencapai $118 miliar pada kuartal saat ini. Pendapatan tersebut melampaui rekor kuartal tahun lalu ($111,4 miliar).

Btw, prestasi ini jelas sangat mengesankan. Rekor ini berhasil dicapai Apple saat harga saham mereka  mencapai angka $182,86. Menariknya, prestasi ini terjadi lebih dari 16 bulan setelah Apple menjadi perusahaan senilai $2 triliun, serta kurang dari tiga tahun setelah Apple mencapai angka $1 triliun.

Dalam memo yang dibagikan staf saat Apple mencapai nilai $1 triliun di tahun 2018, CEO Apple, Tim Cook mengatakan:

Pencapaian itu bukan ukuran terpenting dari kesuksesan kami. Pengembalian finansial hanyalah hasil dari inovasi Apple. Kami hanya ingin menyajikan produk dan layanan berkualitas, sehingga pelanggan tetap setiap pada nilai-nilai kami.

Di sisi lain, analis Dan Ives dari Wedbush juga ikut mengomentari rekor $3 triliun Apple ini. Inilah kutipan dari komentar Dan Ives soal rekor terbaru Apple:

Mencapai $3 triliun adalah momen bersejarah lainnya bagi Apple. Perusahaan terus berhasil membuktikan kalau orang-orang yang sempat meragukan mereka itu salah. Buktinya perusahaan asal Cupertino itu berhasil bangkit berbagai situasi buruk.

Nah karena ini sudah masuk tahun 2022, itu artinya Apple siap membuka lembaran baru. Apple sendiri kabarnya telah menyiapkan jajaran produk terbaru di tahun 2022 dengan desain unik (salah satunya iPhone 14 Series dengan punch-hole).

Kita lihat saja seperti apa gebrakan yang bakal dihadirkan Apple tahun ini, dan apakah mereka akan berhasil mencetak rekor baru seperti saat ini atau tidak.

Catatan: Pada penutupan saham hari itu, nilai Apple turun jadi sedikit di bawah 3 trilyun.

    %d blogger menyukai ini: