Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Apple Kedapatan Pesan Chipset 4nm untuk MacBook Generasi Berikutnya

Indri Penulis

Apple tengah mempersiapkan MacBook Generasi berikutnya. Bahkan perusahaan telah memesan chipset 4nm untuk calon MacBook anyar.

MacBook Generasi Berikutnya Pakai Chipset 4nm

Dilansir dari DigiTimes, untuk memesan chipset 4nm, Apple telah bekerja sama dengan perusahaan TSMC. TSMC juga merupakan pemasok chipset Apple sebelumnya.

Sumber Gambar : MacRumors

Apple telah memesan kapasitas awal N4 TSMC untuk seri Mac generasi berikutnya. Apple juga telah mengontrak TSMC untuk membuat prosesor iPhone generasi berikutnya yang dijuluki A15. Chipset ini dibuat menggunakan node proses N5 Plus atau N5P,” kata sumber tersebut.

TSMC diharapkan memulai produksi chip A15 Apple untuk iPhone 13 Series pada akhir Mei,” lanjut DigiTimes.

Apple Silikon terbaru saat ini adalah chip M1. Dia adalah chipset pertama di industri yang dibuat berdasarkan arsitektur 5nm. Di sisi lain, chip A14 Bionic di jajaran iPad Air dan iPhone 12 juga dibuat berdasarkan proses 5nm.

Menurut laporan tersebut, Apple tengah mengincar chip 4nm untuk Apple Silikon generasi berikutnya. Sayangnya, DigiTimes tidak menyebutkan kapan chip 4nm ini akan tersedia atau memulai debutnya.

Namun DIgiTimes melaporkan, TSMC akan memulai produksi chip dengan proses 4nm pada Q4 2021. Membuatnya lebih cepat dari jadwal yang telah disusun sebelumnya, yakni tahun 2022.

Sementara itu, Apple berencana untuk menggunakan proses 5nm yang disempurnakan untuk chip A15 di iPhone 13. Produksi akan dilakukan akhir Mei ini.

Lalu apa yang membuat chip yang dibuat dengan proses 4nm menarik? Sebagai info, semakin kecil ‘angka’ proses yang tercantum, maka chipset tersebut akan memiliki kinerja dan efisiensi yang lebih bagus.

Apple sendiri gosipnya akan meluncurkan beberapa Mac baru tahun ini, dengan chip Apple silikon yang lebih bertenaga. Sayangnya tidak ada kabar yang mengatakan kalau jajaran Mac tersebut bakal memakai chip 4nm.