Chipset Apple Silicon M1 Tunjukkan Taringnya di Berbagai Benchmark

chipset apple baru untuk mac m1

Apple sudah mengumumkan secara resmi chipset M1 beserta laptop MacBook Air, MacBook Pro, dan desktop Mac Mini baru. Menyusul hal itu, berbagai benchmark pun muncul menunjukkan kekuatan chipset M1 dari Apple itu.

Sebelum ini juga sudah muncul benchmark di Geekbench yang menunjukkan kalau performa CPU M1 di MacBook Air 13 mampu mengalahkan performa prosesor Intel di MacBook Pro 16. Hasilnya memang mengesankan.

Nah, bagaimana performa chipset Apple M1 dalam benchmark lainnya?

GPU M1 Kalahkan GeForce dan Radeon

Dalam sebuah tes GFXbench yang ditemukan oleh Tom’s Hardware, GPU di chipset Apple M1 mampu mengalahkan performa kartu grafis diskrit NVIDIA GeForce RTX 1050Ti dan AMD Radeon RX560.

GPU octa-core di chipset M1 berhasil mendapatkan skor lebih baik dalam uji Aztec Ruins Normal Tier, Aztec Ruins High Tier, Car Chase, 1440p Manhattan 3.1.1, dan Manhattan 3.1. Begitu juga dalam uji Manhattan, T-Rex, ALU 2, Driver Overhead 2, dan Texturing.

gambar: MacRumors

Memang, GFXBench lebih merupakan uji untuk perangkat bergerak (M1 adalah chipset ARM), dan kedua kartu grafis itu generasi lama. Namun cukup menarik melihat kemampuan GPU terintegrasi ini dibanding kartu grafis diskrit.

SSD MacBook Air Baru Lebih Ngebut

Uji coba lain hadir dari forum Apple Silicon di situs MacRumors. Seorang pengguna menguji kecepatan SSD berkapasitas 256GB dari MacBook Air baru. Hasilnya, SSD dari MacBook Air itu bekerja 2 kali lebih cepat dari model MacBook generasi sebelumnya.

SSD itu memiliki performa untuk “menulis” 2190MB/s dan untuk “membaca” 2676MB/s. Sementara SSD MacBook Air 2019/2020 punya kemampuan “membaca” 1319MB/s dan “menulis” 1007MB/s.

gambar: MacRumors

Walau uji ini adalah untuk kecepatan kapasitas penyimpanan (SSD), Apple memasang storage controller pada chipset M1, yang terbukti meningkatkan performa jauh lebih baik.

M1 Kalahkan Intel Core i7 Gen 11

Perbandingan ini mungkin merrupakan yang paling menarik. Sebuah bencmark menunjukkan kalau chipset Apple M1 mampu mengalahkan prosesor Intel Core i7-1165G7 untuk performa single-core.

Hasil ini bisa kamu lihat dari tweet @mnloona48_ di Twitter. Dalam uji CPU CineBench R23, chipset M1 menghasilkan skor 1498 untuk single-core dan 7508 untuk multi-core. Skor ini berada di bawah Intel Core i7-1165G7 @ 2,81GHz dan mengalahkan Intel Core i7-1165G7 @ 1,69GHz.

gambar: @mnloona48_

Yah, mungkin masih boleh dibilang agak imbang hasilnya, mengingat perbedaan frekuensi. Toh, melihat daftar perbandingan hasil CPU dari CineBench ini tidak kalah menarik. Di benchmark ini, chipset Apple M1 mampu mengalahkan berbagai prosesor Intel dan AMD dari berbagai generasi.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: