Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Apple Putus Hubungan Dengan Jony Ive

Anom Penulis

Fans berat produk-produk Apple tentu tahu peran Jony Ive di dalam sejarah perusahaan teknologi tersebut. Ia dulu identik dengan desain produk Apple yang keren. Namun kini tidak lagi. Apple sudah putus hubungan dengan sang desainer legendaris. Sepenuhnya.

Berita ini datang dari New York Times. Menurut sumber mereka, Apple dan Jony Ive bersepakat untuk menghentikan kerja sama mereka dalam desain dan pengembangan produk.

popculture.id

Kontrak antara Apple dan perusahaan desain milik Jony, LoveFrom, sudah sampai pada masa perpanjangan. Namun disebutkan kedua belah pihak setuju untuk tidak memperpanjang kontrak tersebut.

Di era Steve Jobs, Jony Ive boleh kita bilang menjadi orang paling berpengaruh nomor dua di salah satu perusahaan teknologi terbesar ini. Ia menentukan desain dari berbagai perangkat, mulai dari komputer Mac, iPhone, sampai pada kategori produk baru terakhir yang ia pegang, Apple Watch.

johnny ive di film dokumenter objectified

Bahkan ada cerita yang menyebutkan jika pegawai Apple melihat Steve Jobs dan Jony Ive ngobrol berdua secara serius, artinya kemungkinan besar akan ada produk baru yang menggebrak.

Sayangnya, semua berubah di era Tim Cook. Tidak sedikit berita menyebutkan kalau Johny Ive sering merasa frustrasi karena Tim Cook lebih fokus ke masalah penjualan, terutama perangkat lunak dan layanan. Bukan ke masalah desain yang memberikan solusi di dunia digital.

Kamu bisa melihat bagaimana Jony Ive memikirkan desain produk-produk itu di film dokumenter “Objectified.”

Pada tahun 2019, Jony Ive keluar dari Apple. Ia membentuk firma desain bernama LoveFrom. Ketika itu, Apple langsung menjadi klien LoveFrom. Sedangkan di sisi Apple, Jeff Williams—yang bertindak sebagai chief operating officer—mengambil alih posisi yang sebelumnya dipegang Jony.

Walau begitu, posisi sebagai “orang luar” ini membatasi ruang gerak Jony. Menurut sumber New York Times, keterbatasan ini termasuk juga untuk produk yang dianggap kompetitif, seperti headset AR yang sedang dikembangkan.

Sumber itu juga menyebutkan kalau beberapa eksekutif di Apple mempertanyakan pengeluaran Apple untuk membayar LoveFrom. Lalu mereka juga disebutkan kurang suka ada sebagian desainer Apple yang memutuskan meninggalkan Apple dan bergabung di firma desain tersebut.

Begitulah akhirnya, Apple dan Jony Ive dikabarkan bersepakat tidak memperpanjang kontrak. New York Times juga menyatakan kalau tidak ada komentar dari kedua belah pihak.

    %d blogger menyukai ini: