Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Apple Bakal Hentikan Produksi iMac Pro, ‘Belilah Selagi Masih Ada’

Indri Penulis

Apple berencana untuk menghentikan produksi iMac Pro. Apple mengatakan agar pelanggan membeli iMac Pro sekarang ‘selagai stok masih ada.’

Buat penggemar produk Apple, kamu pasti sudah tidak asing dengan produk iMac Pro. Produk ini ditujukan buat pengguna kelas atas yang ingin PC all-in-one bertenaga.

Sayangnya, Apple mengkonfirmasi kalau mereka bakal menghentikan produksi iMac Pro. Wah, kenapa ya alasannya?

Apple Hentikan Produksi iMac Pro

Kehadiran iMac Pro tampaknya tak akan lama lagi di dunia ini. Sebab Apple Store beberapa waktu lalu kedapatan menghapus semua konfigurasi built-to-order untuk iMac Pro.

Satu-satunya model iMac Pro yang tersisa sekarang dan masih bisa dibeli adalah varian dasar seharga $4.999. Apple Store bahkan melabeli produk ini dengan keterangan ‘selama persediaan masih ada.’

Sumber Gambar : 9to5mac

Waduh, sepertinya Apple memang benar-benar akan berhenti memproduksi iMac Pro nih. Jadi kalau stok terakhir di Apple Store habis, kamu tidak akan bisa membelinya lagi (kecuali di pengecer pihak ketiga, itu pun kalau masih ada).

Mungkin ini bakal jadi kabar duka buat kamu yang selama ini mengidamkan iMac Pro, tapi sampai sekarang belum bisa membelinya. Tapi tenang, saya akan mengajakmu bernostalgia dengan iMac Pro untuk terakhir kalinya. Hehehe.

iMac Pro diperkenalkan pertama kali pada tahun 2017. Waktu itu, Apple menyasar pelanggan kelas atas yang ingin PC AIO dengan CPU Intel Xeon work station.

Desain dari iMac Pro juga sangat unik, terutama pada desain sasisnya. Lebih lanjut, perangkat ini menawarkan sistem pendingin yang lebih efisien dan yang dibalut dengan lapisan aluminium berwarna abu-abu.

Meski spesifikasi yang disajikan iMac Pro ada di high class, tapi itu semua berbanding terbalik dengan rekor penjualannya. Faktanya, penjualan iMac Pro selalu ada di tingkat bawah. Bukan tanpa alasan, karena minat pelanggan lebih mengarah ke Mac Pro 2019 waktu itu.

Baca Juga:  5 Alasan Kamu Wajib Upgrade iPhone 14 Pro, Spesifikasi Dan Harganya?

Itulah salah satu alasan pasti kenapa pembuatan iMac Pro akhirnya dihentikan. Tapi apa cuma itu alasan Apple? Ooo tidak.

Dilansir dari 9to5mac, perusahaan rumornya akan segera memperkenalkan perangkat iMac baru. Produk ini akan menampilkan CPU dan CPU Apple Silicon generasi berikutnya, dan menyediakan kinerja dan efisiensi chip M1X.

Jadi kemungkinan, Apple hanya akan menawarkan kinerja komputasi yang kompetitif untuk semua iMac. Bisa jadi, Apple tidak akan menghadirkan model Pro secara terpisah.

Sayangnya, tanggal pasti peluncuran iMac baru masih belum jelas. Namun sebagian besar laporan yang beredar mengatakan kalau peluncuran akan dilakukan musim panas, berbarengan dengan WWDC 2021.