Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Apple Tetap Tidak Akan Gabungkan Fungsi iPad dan Macbook

ipad macbook
Anom Penulis

Untuk kesekian kalinya, Apple kembali menyatakan sikapnya yang tidak berniat menggabungkan iPad dan Macbook. Keduanya ada di kategori berbeda.

Pembicaraaan soal penggabungan iPad dan Macbook memang sudah cukup lama berlangsung. Ya terutama karena kehadiran iPad Pro dan fakta bahwa tetangga sebelah yang bernama Windows memiliki banyak laptop dengan layar sentuh dan yang hybrid alias 2-in-1.

Peluncuran iPad Pro baru di tahun 2021 ini pun memicu spekulasi dan perdebatan lebih jauh. Apalagi karena sudah memakai chipset M1 yang sama dengan Macbook.

Masalah iPad Pro M1

iPad Pro baru ini memang memiliki spesifikasi dan fitur yang lebih “wah” dari sebelumnya. Selain chipset M1, juga ada layar Liquid Retina XDR yang memakai teknologi mini LED dan colokan USB 4/Thunderbolt baru.

Tapi ternyata hardware sekelas laptop itu dianggap belum diimbangi dengan software yang memadai. iPadOS belum bisa menawarkan fitur setara dengan macOS.

Apple iPad Pro 2021

Tanpa mengecilkan arti aplikasi pihak ketiga (seperti LumaFusion), Jason Snell dari MacWorld mempertanyakan kehadiran aplikasi media profesional buatan Apple sendiri di tablet yang Pro ini. Misalnya Final Cut Pro.

Bahkan Monica Chin dari The Verge secara blak-blakan menyebut kalau ia ingin iPad Pro lebih mirip Surface Pro, yaitu sebuah tablet dengan perangkat keras kelas laptop dan sistem operasi kelas laptop.

Seiring perkembangan, Apple membuat Macbook kini bisa membuka aplikasi iPhone dan iPad. Sementara iPad, secanggih atau se-“Pro” apapun, saat ini tetap saja tablet yang terbatas.

Apple Tetap Memisah iPad dan Macbook

Dalam sebuah wawancara bersama The Independent, pimpinan marketing Apple, Greg Joswiak berkata bahwa spekulasi yang menyatakan Apple akan menggabungkan iPad dan Macbook itu tidak benar. Mereka (Apple) bangga bisa membuat produk terbaik di kategori mereka masing-masing.

Baca Juga:  Apple Masukkan iPhone 6 Ke Daftar Produk Lawas alias "Vintage"

Ketika ditanya soal iPad Pro yang sangat canggih untuk ukuran tablet, tapi belum mendukung aplikasi profesional sekelas Final Cut Pro, Grag Joswiak dan John Ternus sedikit menghindar. Mereka hanya menyebutkan kalau Apple membuat ruang agar para pengembang aplikasi bisa mendorong lebih jauh aplikasinya.

Denagn pernyataan seperti itu, tentu akan sangat menarik melihat bagaimana perkembangan iPadOS nantinya. Tidak lama lagi, Apple akan menyelenggarakan WWDC21 secara online. Di sana mungkin ada jawaban yang lebih pasti dengan kehadiran iPadOS 15.