Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Apple TV 4K Rilis, Lebih Hemat Daya dan Ramah

Apple TV 4K
Tampilan fitur Apple TV 4K (gambar: Apple.com)

Apple baru-baru ini mengumumkan perilisan Apple TV 4K generasi berikutnya pada 18 Oktober 2022. Apple mengklaim bahwa Apple TV 4K ini lebih bertenaga, hemat, ramah lingkungan dan menawarkan kualitas sinematik yang lebih dibandingkan pendahulunya.

“Apple TV 4K adalah cara terbaik bagi pengguna Apple untuk menikmati hiburan favorit mereka di layar terbesar di rumah, dan sekarang lebih canggih dari sebelumnya,” kata Bob Borchers selaku wakil Presiden Apple untuk pemasaran produk seluruh dunia.

Apple TV 4K Siri Remote (Source Apple.com)

Apple TV 4K didorong dengan Chip A15 Bionic sebagai dapur pacu utama. Performa CPU kini lebih bertenaga hingga 50% lebih cepat dan performa GPU juga ikut meningkat hingga 30% lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Selain itu, Apple TV 4K sudah mendukung HDR10+ sebagai tampilan utama mereka. Dipadukan dengan Dolby Vision dan audio berupa Dolby Atmos, Dolby Digital 7.1, atau Dolby Digital 5.1 surround sound untuk pengalaman audio yang memukau.

Tidak berhenti disitu saja, Apple TV 4K juga dilengkapi dengan Siri remote. Dengan Siri Remote, anda dapat menikmati clickpad sentuh yang memberikan kecepatan, kelancaran, dan kontrol untuk menavigasi antarmuka pengguna Apple TV.

Kabarnya pembuatan Apple TV 4K ini menggunakan bahan-bahan daur ulang yang ramah lingkungan. Mulai dari bahan baku pembuatan, kemasan TV, box kemasan hingga semua situs pemasok perakitan akhir beralih ke energi terbarukan untuk produksi Apple.

Apple TV 4K ini menawarkan dua versi yaitu Apple TV 4K dengan kapasitas 64 GB yang mendukung konektivitas WiFi dan varian 128 GB yang dilengkapi dengan Wi-Fi dan port Ethernet.

Apple mengatakan bahwa pada musim gugur ini, fitur baru akan hadir dengan Apple tvOS16 yang mencakup opitimalisasi siri kedepannya. Fitur ini akan memudahkan anda dalam menggunakan suara dalam mengontrol Apple TV dan berinteraksi dengan hasilnya.

Selain itu, anda juga dapat mengatakan “Hi Siri” untuk mengontrol Apple TV secara handsfree dengan menggunakan Airpods. Setiap suara anda akan dikenali oleh Siri, sehingga mudah unuk mengkases film, Apple Arcade, Game, Apple Fitness+, episode TV dan Apple Music.

Harga Apple TV 4K

Apple TV 4K dapat dipesan pengguna mulai tanggal 18 Oktober 2022. Sedangkan Apple TV mulai tersedia pada tanggal 4 November 2022 melansir dari halaman resmi Apple.

Harga resmi untuk varian penyimpanan 64 GB dengan konektivitas Wi-Fi yaitu $129 (2 jutaan). Untuk varian penyimpanan 128 GB dengan konektivitas WI-Fi dan port Ethernet yaitu $149 (2,3 jutaan).