Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Apple Uji Touch ID dengan Sensor Sidik Jari Optik di Layar untuk iPhone

Anom Penulis

Rumor sensor sidik jari di layar iPhone mendatang kembali menguat. Apple disebut sedang menguji Touch ID dengan sensor sidik jari optik di layar iPhone.

Sebelum ini memang sudah ada rumor dari analis Ming-Chi Kuo dan Mark Gurman dari Bloomberg. Mereka sama-sama mengatakan bahwa Apple akan menerapkan kembali otentikasi biometrik itu di iPhone mendatang (entah iPhone 12s atau iPhone 13).

popculture.id

Kini Joanna Stern dari The Wall Street Journal juga menguatkan rumor itu. Ia menyebutkan kalau iPhone mendatang akan memiliki Touch ID bersama dengan Face ID. Informasi itu berasal dari dua mantan karyawan Apple.

Lebih jauh lagi, salah satu karyawan yang pernah ikut mengerjakan fitur Touch ID menyebutkan kalau sensor sidik jari optik bisa bekerja lebih baik daripada ultrasonik.

Sensor sidik jari optik bekerja berdasar cahaya dan sudah hadir di beberapa ponsel Android. Sedangkan sensor sidik jari ultrasonik memanfaatkan gelombang suara untuk memetakan permukaan jari. Teknologi ini digunakan oleh Samsung di berbagai ponsel Galaxy seri S dan Note.

Walau begitu, sumber tersebut juga menyatakan kalau Apple baru akan menerapkan otentikasi biometrik Touch ID di layar iPhone, kalau tingkat keamanannya sudah sama seperti di tombol Home.

Salah satu kritik soal sensor sidik jari optik adalah teknologi ini masih bisa ditipu. Di sisi lain, walau versi ultrasonik lebih akurat dan juga berfungsi lebih baik saat jari basah, biayanya lebih mahal.

Teknologi otentikasi Face ID yang lebih baru sendiri mendapat tantangan cukup besar di masa pandemi Covid-19, ketika semua orang mengenakan masker. Lalu tidak sedikit pula yang masih merasa kalau sensor sidik jari lebih nyaman.

Touch ID saat ini masih digunakan pada iPhone SE, iPad, dan MacBook. Nah, apakah kamu setuju kalau Apple menerapkan Touch ID di layar iPhone?

    %d blogger menyukai ini: