Apple Watch Series 7 vs Apple Watch Series 6 (Desain, Warna, Harga, dll)

Apple Watch Series 7 vs Apple Watch Series 6. Hmm.. bagus yang mana ya? Temukan jawabannya lewat ulasan lengkap berikut ini.

Persaingan smartwatch antara dua raksasa teknologi mulai memanas. Dimulai dari Samsung pada bulan Agustus lalu, perusahaan asal Korsel ini resmi meluncurkan Samsung Galaxy Watch 4 Series.

September ini, giliran Apple yang meluncurkan Apple Watch Series 7. Sebagai penerus Apple Watch Series 6, kamu mungkin penasaran, kira-kira apa saja perbedaan yang dimiliki kedua smartwatch ini.

Untuk menjawab rasa penasaranmu itu, kali ini saya bakal mengulas apa saja perbedaan antara Apple Watch Series 7 vs Apple Watch Series 6.

Ulasan ini cocok banget buat kamu yang mau beli salah satu di antara mereka, atau ingin hijrah ke Apple Watch Series 7 tapi masih ragu. Yuk, langsung saja!

Desain dan Tampilan

Dari segi ukuran, Apple Watch Series 7 tersedia dalam ukuran 41mm dan 45mm. Sementara Apple Watch Series 6 terdiri dari ukuran 40mm dan 44mm.

Sekilas tampilan kedua jam tangan ini tampak identik. Tapi diperhatikan lebih dekat, sebenarnya bagian sudut kasing Apple Watch Series 7 terlihat lebih melengkung dibanding pendahulunya.

apple watch 7 vs 6
Apple Watch Series 7 (Kiri) dan Apple Watch Series 6 (Kanan)

Layar Apple Watch Series 7 juga tampak lebih besar dari pendahulunya. Karena layarnya lebih jumbo, jadi kapasitas teks yang bisa ditampilan oleh layar juga lebih banyak.

Untuk mengimbangi ukuran layar yang lebih besar, bezel Apple Watch Series 7 dibikin menyusut bahkan hampir nggak terlihat. Dia cuma punya ketebalan 1,7mm (sekitar 40% lebih ramping dari Apple Watch Series 6).

Selain itu, Apple Watch Series 7 kini debut bersama dengan WatchOS 8 yang lebih canggih. OS terbaru ini menawarkan empat tampilan mode baru dan peningkatan fungsionalitas ke beberapa aplikasi. Dia juga menghadirkan aplikasi baru Mindfulness, pelacak latihan Tai Chi, Pilates, dll.

Kedua jam tangan ini sama-sama dibekali fitur Always-On Display. Cuma bedanya, kali ini Apple bikin Always-On Display di smartwatch generasi terbaru 70% lebih terang.

Warna

Kalau dari seri warna, Apple Watch Series 7 menyajikan 5 warna baru. Versi aluminium terdiri dari Midnight, Starlight, Green, Blue dan Product Red. Lalu versi stainless steel terdiri dari warna Silver, Graphite dan Gold.

Untuk Apple Watch Series 6 versi aluminium tersedia dalam warna Silver, Gold, Space Grey, Blue dan Product RED. Versi stainless steel tersedia dalam warna Silver, Gold, Graphite, dan Space Black. Sedangkan versi titanium terdiri dari Space Black dan Titanium.

  • apple watch 7 vs 6
  • apple watch 7 vs 6

Kalau boleh dibilang, pilihan warna dan modelnya lebih beragam Apple Watch Series 6 ya. Tapi semua kembali ke selera masing-masih sih.

Daya Tahan dan Fitur

Urusan daya tahan, kita mulai dari bagian depannya dulu alias layarnya ya. Layar Apple Watch Series 7 boleh dibilang lebih tangguh dari pendahulunya. Kenapa?

Sebab dia sekarang 50% lebih tebal, tahan retak, dan lebih tahan gores dari sebelumnya. Oya, Watch Series 7 juga smartwatch Apple pertama yang bersertifikat IP6X dan WR 50 lho. Itu artinya dia sepenuhnya tahan debu dan air.

Lanjut ke masa pakai baterai. Kedua smartwatch ini menyajikan daya tahan baterai yang sama, yakni sekitar 18 jam. Perbedaannya di sini terletak pada kecepatan isi daya.

Apple Watch Series 7 diklaim mampu mengisi daya 33% lebih cepat dari pendahulunya. Jam ini cuma butuh waktu 45 menit untuk mengisi daya dari 0% – 80%.

apple watch 7 vs 6
Pelacak Aktivitas Sepeda di Apple Watch Series 7

Kalau dipikir-pikir, jelas itu adalah peningkatan besar dibanding Apple Watch Series 6. Iya, dia memang punya kapasitas baterai yang sama. Tapi pengisian dayanya lebih lambat.

Dalam masalah fitur, mereka berdua sebenarnya memiliki fitur kesehatan dan kebugaran yang sama. Contohnya fitur pelacak detak jantung, pemantau tidur, EKG, pengukuran oksigen darah, hingga deteksi aktivitas secara real-time.

Tapi Apple Watch Series 7 boleh dibilang selangkah lebih maju. Sebab jam ini telah dibekali fitur pelacak aktivitas sepeda yang ditingkatkan, pemantau tidur yang lebih baik, dll.

Harga

Apple Watch Series 7 dibanderol dengan harga $399. Buat yang belum tahu, ini adalah harga awal yang sama dengan Apple Watch Series 6.

Jujur strategi Apple kali ini lumayan oke sih. Mereka berani menghadirkan beberapa peningkatan fitur, tapi masih membanderolnya dengan harga yang sama dengan Apple Watch Series 6.

Kalau di suruh memilih, sebenarnya kembali ke selera masing-masing. Kalau kamu mau jam tangan yang lebih besar, ramping dan punya beberapa fitur terbaru, mungkin Apple Watch Series 7 bisa kamu pertimbangkan.

Tapi kalau ingin jam yang lebih mungil dan varian warnanya lebih beragam, mungkin Apple Watch Series 6 bisa jadi pilihan. Namun kamu harus terima kalau fitur jam ini nggak secanggih Apple Watch Series 7.

%d blogger menyukai ini: