Perbedaan Samsung Galaxy Watch 3 vs Galaxy Watch 4. Pilih Mana Nih?

Bingung perbedaan Samsung Galaxy Watch 3 vs Galaxy Watch 4? Temukan jawaban lengkapnya di sini. Mulai dari desain, spesifikasi, fitur, dll.

Smartwatch Samsung Galaxy Watch 4 resmi melenggang Agustus lalu. Nggak sendiri, smartwatch andalan Samsung ini meluncur bersama dengan jajaran ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3.

Sejak resmi diluncurkan, nggak sedikit orang yang penasaran soal perbedaan antara Samsung Galaxy Watch 3 dan Galaxy Watch 4. Ini berlaku terutama buat mereka yang mau hijrah ke Galaxy Watch 4, atau bingung mau beli Galaxy Watch 3 atau Galaxy Watch 4.

Nah buat kamu yang penasaran, gundah, dan bimbang soal perbedaan kedua smartwatch ini, tenang. Kali ini saya bakal beberkan apa saja perbedaan antara kedua smartwatch Samsung tersebut.

Desain dan Tampilan

Bicara soal desain, kedua jam tangan ini jelas berbeda. Galaxy Watch 4 punya tampilan lebih kasual dan sporty. Dia juga dibekali touch bezel di sekitar layar. Sedangkan Galaxy Watch 3 tampil lebih tradisional, dan masih memakai bezel putar.

Galaxy Watch 4 (Kiri) & Galaxy Watch 3 (Kanan) – Sumber : Phone Arena

Sekarang bahas soal desainnya. Mereka berdua sama-sama pakai layar OLED. Cuma bedanya, Galaxy Watch 3 punya dial yang lebih besar 1mm ketimbang Galaxy Watch 4.

Untuk ukurannya, Galaxy Watch 3 tersedia dalam 41mm dan 45mm. Kalau Galaxy Watch 4 punya dua ukuran yakni 40mm dan 44mm. Secara umum, Galaxy Watch 4 lebih ramping dari pendahulunya karena adanya sensor BioActive.

Spesifikasi dan Fitur Kesehatan

Sekarang kita masuk ke bagian dalamnya. Galaxy Watch 4 disokong oleh chipset 5nm Enynos W920. Dia diklaim jauh lebih cepat dan hemat daya dibanding Exynos 9110 yang ada di Galaxy Watch 3.

Dari segi penyimpanannya, Galaxy Watch 4 menyuguhkan RAM dan penyimpanan lebih besar yakni 1,5GB/16GB. Kalau Galaxy Watch 3 cuma 1GB/8GB.

Gimana dengan fitur kesehatannya? Sebagai jam model baru, Galaxy Watch 4 jelas punya beberapa fitur baru. Contohnya fitur untuk memantau tekanan darah, dan fitur untuk mengukur komposisi tubuh. Kamu juga bisa memeriksa BMI, kadar lemak, air, dll, dalam tubuh lewat Galaxy Watch 4.

Untuk fitur lainnya seperti pelacak aktivitas, pemantau detak jantung, pemantau SpO2, sama-sama dimiliki oleh Galaxy Watch 3.

Perangkat Lunak

Galaxy Watch 4 nggak cuma dibekali sensor BioActive baru. Smartwatch ini juga telah menggunakan perangkat lunak baru lho.

Samsung menyebutnya dengan OneUI Watch. Kalau kamu pernah baca artikel saya yang sebelumnya, kamu mungkin udah tahu sedikit soal perangkat lunak ini. Jadi dia pada dasarnya adalah versi baru dari WearOS-nya Google (hasil collab antara Google dan Samsung).

OneUI Watch – Sumber : Article Lister

Beda dengan Galaxy Watch 3. Smartwatch ini dulunya masih menggunakan Tizen OS, sistem operasi asli bikinan Samsung.

OneUI Watch di Galaxy Watch 4 membuat tampilan UI lebih halus, dan baterai jadi lebih awet. Selain itu, fitur-fiturnya juga diklaim lebih lengkap dibanding Tizen OS yang dipakai Galaxy Watch 3.

Tizen OS – Sumber : Android Authority

Galaxy Watch 3 karena dulunya pakai Tizen, dia cuma bisa menggunakan aplikasi Samsung dan beberapa aplikasi pihak ketiga. Sedangkan Galaxy Watch 4 lebih fleksibel. Kamu bisa memasangkannya ke perangkat Android apa pun, asalkan mereka punya inti GMS Google.

Tapi kelemahan Galaxy Watch 4, dia nggak kompatibel dengan iPhone. Beda dengan Galaxy Watch 3, dia nggak punya batasan seperti itu alias bisa kamu pasangkan ke iPhone.

Harga

Kalau biasanya produk baru harganya lebih mahal dari pendahulunya, maka ini nggak berlaku buat Galaxy Watch 4. Smartwatch ini bisa kamu dapatkan mulai dari harga $249,99 untuk varian dasar 40mm. Di sisi lain kamu harus merogoh kocek mulai dari $349 untuk mendapatkan Galaxy Watch 3.

Jika kamu ingin tampilan Galaxy Watch 4 yang lebih klasik, kamu bisa beli Galaxy Watch 4 Classic seharga $349. Dia punya semua fitur Galaxy Watch 4, dibalut bodi stainless steel, dan punya desain mirip Galaxy Watch 3.

Kesimpulan: Jadi Mau Beli yang Mana?

Sebenarnya ini sesuai selera orang-orang sih. Kalau kamu ingin smartwatch yang lebih murah dan kaya akan fitur baru, Galaxy Watch 4 mungkin bisa jadi pilihan.

Nggak cuma itu. Masih ada alasan lain kenapa Galaxy Watch 4 bisa diperhitungkan. Jam tangan ini cocok buat kamu yang ingin tampil sporty dan kasual. Cocok banget buat anak muda kekinian.

Tapi kalau lebih suka jam tangan model tradisional dan ‘bisa dipasangkan ke iPhone,’ kamu mungkin bisa pilih Galaxy Watch 3. Tapi ya itu.. Dia harganya mahal dan fiturnya nggak sebanyak Galaxy Watch 4.

Kalau aku pengin jam yang lebih tradisional tapi fiturnya canggih?”

Tenang. Kamu bisa pilih Galaxy Watch 4 Classic. Seperti yang saya jelaskan tadi, dia punya desain dan harga yang sama seperti Galaxy Watch 3 – $349 -. Tapi keunggulannya, kamu bakal mendapat semua fitur terbaru Galaxy Watch 4 di sana.

%d blogger menyukai ini: