Apple Watch Series 7 Resmi Debut dengan WatchOS 8

Akhirnya.. Apple Watch Series 7 akhirnya resmi debut! Smartwatch ini hadir dengan WatchOS 8, desain super ramping, dan Always-On Retina.

Penggemar Apple Watch mana nih suaranya? Kamu pasti bahagia dong, pasalnya smartwatch terbaru Apple Watch Series 7 akhirnya resmi rilis. Smartwatch ini rilis berbarengan dengan jajaran iPhone 13 Series, serta tablet iPad 9 dan iPad 6 Mini.

Sebagai smartwatch generasi baru, kira-kira gimana sih desain dan fitur baru yang disajikan jam tangan ini?

Fitur Seru Apple Watch Series 7

Desain dan Antarmuka Baru

Watch Series 7 hadir dalam ukuran 41mm dan 45mm. Dia menggunakan layar Always-On Retina (60% lebih cerah dari Watch Series 6) 20% lebih besar dengan bezel super tipis 1,7 mm (40% lebih kecil dari Watch Series 6).

Smartwatch ini juga menghadirkan perombakan pada desain antarmuka. Kali ini Watch Series 7 menyajikan dua ukuran font tambahan yang lebih besar. Keyboard QWERTY juga bisa diketuk atau di-swap dengan QuickPath. Tombol menu seperti Stopwatch, Alarm, dll, juga dibikin lebih besar.

Daya Tahan “Another Level”

Bagian kepala Watch Series 7 menggunakan kaca yang 50% lebih tebal dari pendahulunya. Ini membuat Watch Series 7 lebih tahan retak tanpa mengurangi kejernihan optik.

Smartwatch anyar ini juga telah bersertifikat IP6X (tahan debu). Dia juga telah mengantongi sertifikat WR50 untuk ketahanan air yang sangat baik.

Sumber : Apple

Dari segi baterai, smartwatch ini juga nggak kaleng-kaleng lho. Watch Series 7 menjanjikan masa pakai baterai 18 jam dengan sekali pengisian daya. Nggak cuma itu saja, jam ini juga menawarkan pengisian daya 33% lebih cepat dari pendahulunya. Dia juga dibekali Magnetik Fast Charger USB-C Cable.

Pakai WatchOS 8

OS terbaru Apple, WatchOS 8 memulai debutnya di seri Apple Watch 7. Hal yang paling mencolok dari OS ini adalah dia dirancang khusus untuk tampilan smartwatch yang lebih besar.

WatchOS 8 menawarkan empat tampilan baru yakni Contour Face (tombol putar ada di tepi layar), Modular Duo (punya layar ekstra), World Time (tampilan klasik yang bisa melacak waktu dalam 24 zona di sekitar dial ganda), dan Portrait Face (mirip seperti mode Portrait iPhone).

OS ini juga membawa aplikasi Mindfulness, pelacak laju pernapasan tidur, pelacak latihan Tai Chi, hingga Pilates. WatchOS 8 juga menyajikan peningkatan fungsionalitas pada aplikasi Wallet, Home, Messages dan Photos.

Fitur Kesehatan Baru

Sama seperti pendahulunya, Watch Series 7 juga dibekali serangkaian fitur kesehatan. Cuma bedanya, fitur-fitur ini telah dirombak agar lebih canggih.

Smartwatch ini memakai algoritme lanjutan untuk menganalisis data GPS, detak jantung, akselerometer, dan giroskop untuk mendeteksi kapan kamu mulai olahraga.

Watch Series 7 juga menawarkan fitur Outdoor Cycling. Fitur ini bakal otomatis memantau perjalanan sepedamu, segera setelah kamu mulai mengayuh pedal sepeda. Jam tangan ini juga bisa mengukur kalori aktif secara lebih akurat ketika kamu mengendarai sepeda lho.

Nggak cuma itu, jam ini juga dibekali umpan balik suara di speaker internal. Speaker ini bakal otomatis menyampaikan hasil pencapaian latihanmu.

Terakhir yang nggak kalah penting, jam ini telah dibekali fitur untuk mendeteksi orang jatuh yang lebih canggih. Jadi kalau misalnya kamu tiba-tiba nggak bergerak lebih dari beberapa menit (entah gara-gara jatuh dari sepeda atau lainnya), fitur ini bakal langsung mengirim pesan SOS ke layanan darutan.

Jajaran Apple Watch

Watch Series 7 hadir dengan lima warna casing aluminium baru (Midnight, Starlight, Green, Blue dan (PRODUCT)RED). Smartwatch ini juga hadir dengan model casing dari baja tahan karat berwarna Silver, Graphite dan Gold. Mereka semua kompatibel dengan band Apple Watch generasi sebelumnya lho.

Buat yang suka model mewah, jangan khawatir. Masih ada model Apple Watch Nike dan Apple Watch Herms!

Nike Sport Loop edisi terbaru hadir dalam tiga warna, dan menampilkan Nike Swoosh dan teks logo yang digabungkan ke dalam tenunan tali jam. Ia lalu dipasangkan dengan tampilan jam Nike Bounce baru.

Di sisi lain Apple Watch Herms menghadirkan pembaruan warna cerah ke semua gaya Classic, Attelage dan Jumping. Nggak cuma itu, Apple Watch Herms juga mengenalkan dua gaya baru.

Gaya yang pertama adalah Circuit H. Model ini tampil lebih berani dengan desain rantai jangkar unik dan dicetak dalam kulit Swift.

Sedangkan yang kedua adalah Gourmette Double Tour. Dia dibikin untuk memberi penghormatan kepada Herms tahun 1930-an. Model ini dibikin menggunakan kulit Fauve Barenia yang lentur, dan didesain agar membungkus pergelangan tangan sampai dua kali.

Harga dan Ketersediaan

Perlu kamu tahu, semua model Watch Series 7 bakal tersedia akhir musim gugur ini. Untuk harganya berbeda-beda sesuai modelnya ya.

Watch Series 7 dibanderol mulai dari $399. Smartwatch lain seperti Watch Series 3 akan tetap dijual (sekarang mulai dari $199), Watch SE juga masih dijual yakni dengan harga $279.

Untuk informasi yang lebih lengkap soal harga dan ketersediaan, kamu bisa langsung kunjungi situs resmi Apple.

%d blogger menyukai ini: