Asisten Manusia Virtual Samsung NEON Siap Meluncur, Juga di Smartphone

Samsung sedang mengembangkan teknologi asisten manusia virtual melalui STAR Labs yang disebut NEON. Kelihatannya sebentar lagi proyek itu siap meluncur di dunia, termasuk di smartphone.

Perusahaan asal Korea itu menunjukkan proyek NEON pertama kali di CES 2020. Mereka sudah menunjukkan berbagai fungsi asisten manusia virtual ini. Seperti membantu boarding di bandara, memilih produk kecantikan, sebagai guru yoga atau anak-anak, bahkan jadi bintang KPOP.

Proyek NEON

Kehebatan proyek NEON berbeda dengan asisten virtual seperti Siri atau Google Assistant. Karena NEON menampilkan asisten itu sebagai manusia buatan. Ya, ia hadir dalam sosok manusia, namun tidak nyata.

proyek neon dari samsung dan star labs

Avatar yang dikembangkan dengan teknologi AI ini juga bisa punya kepribadian sendiri, tergantung bagaimana pihak klien menginginkannya.

STAR Labs mengembangkan teknologi yang mereka sebut sebagai Core R3 dan SPECTRA. R3, yang mewakili Reality, Realtime, dan Responsive merupakan mesin yang menghadirkan sosok nyata. Sementara SPECTRA akan memberikan emosi, kecerdasan, pembelajaran, dan ingatan pada Core R3.

Produk Proyek NEON

Samsung dan STAR Labs menyiapkan proyek NEON untuk hadir dari hulu ke hilir. Mereka mengembangkan NEON Content Creation untuk membuat avatar dan konten video bersangkutan.

Selain itu ada NEON WorkForce yang membawa asisten manusia virtual ini untuk membantu konsumen di dunia nyata. Seperti sudah disebut di atas, NEON WorkForce bisa dipakai untuk membantu penjualan, sebagai instruktur, dll.

Untuk sementara ini, kita bisa melihat dua bentuk pemakaian, yaitu melalui NEON Frame dan NEON View. NEON Frame hadir dalam bentuk layar monitor seperti billboard iklan yang biasa kamu temui. Lalu NEON View akan hadir di dalam smartphone.

Bisa kamu lihat, teknologi dari proyek NEON ini bisa mengubah banyak hal dalam kehidupan. Bisa sangat membantu dalam berbagai kegiatan, namun sedikit mengerikan kalau kita ingat berbagai film fiksi ilmiah, seperti Her.

Siap Meluncur

Pranav Mistry, CEO dan Presiden STAR Labs, menunjukkan proyek NEON yang sudah siap meluncur untuk publik. Yah, tentu saja untuk kepentingan bisnis.

Melaluiakun Twitternya, Pranav Mistry menunjukkan gambar NEON Frame. Secara bercanda, ia menyebutkan kalau ini rahasia.

wujud proyek neon dari samsung dan star labs

Yang kalah menarik, ia menjawab kalau sudah memakai NEON di dalam smartphone miliknya, ketika ditanya oleh si kucing Ice Universe. Pranav juga menambahkan kalau kita (atau Ice Universe?) bisa melihatnya sebalum Natal tiba.

Sudah jelas, kalau saat ini kita sedang dalam lompatan besar teknologi mendekati kisah-kisah di film fiksi ilmiah. Sebuah kenyataan yang menggugah perasaan, karena selain menggairahkan juga mengerikan. Bagaimana menurutmu?

%d blogger menyukai ini: