Fitur Baru Google Assistant Bisa Terjemahkan Obrolan dari Ponsel

Google telah menambahkan fitur baru ke Google Assistant. Sekarang Google Assistant bisa menerjemahkan percakapan langsung di ponsel.

Kalian sering menggunakan Google Assistant? Biasanya aplikasi ini digunakan saat pengguna smartphone sedang sibuk hingga tidak bisa mengetik di ponsel.

Google Assistant adalah asisten virtual yang dikembangkan oleh Google. Google sendiri sempat menambahkan fitur baru ke aplikasi ini. Salah satunya fitur Notes Google Assistant yang rilis beberapa waktu lalu.

Kini, Google kembali menghadirkan pembaruan ke Google Assistant. Pembaruan tersebut berupa fitur baru Google Assistant untuk menerjemahkan percakapan langsung dari ponsel.

Sumber Gambar : Google Blog

Fitur Baru Google Assistant

Kemampuan menerjemahkan Assistant karena adanya mode Interpreter. Mode ini bisa dikatakan sebagai penerjemah langsung. Kalian bisa mengetahui arti bahasa asing tanpa perlu menerjemahkannya di aplikasi penerjemah.

Sebenarnya mode Interpreter bukan hal baru bagi Google. Februari 2019 lalu, perusahaan pernah meluncurkan mode Interpreter ke speaker Google Home.

Fungsi mode Interpreter di Google Home sama dengan Assistant. Yakni untuk menerjemahkan bahasa asing. Tapi mode tersebut kurang maksimal karena kurangnya mobilitas perangkat.

Lalu pada Desember 2019, mode Interpreter diperkenalkan Google melalui Twitter. Google mengklaim jika pengguna Assistant bisa ngobrol dengan orang yang bicara bahasa asing secara lancar.

Cara Menggunakan Mode Interpreter

Untuk mengaktifkan mode ini, kalian hanya perlu mengucapkan β€˜Hai Google, bantu saya berbicara bahasa (misal Spanyol, Jepang, dll)’.

Setelah itu kalian akan melihat dan mendengar percakapan yang diterjemahkan pada ponsel. Menariknya, Google juga akan menawarkan Smart Replies untuk menjaga percakapan tetap lancar.

Sumber Gambar : Droid Life

Kalian tidak perlu khawatir percakapan akan tersendat-sendat. Kalian cukup ngobrol seperti biasa dengan lawan bicara. Biarkan Interpreter menerjemahkan percakapan kalian.

Jika ingin menghentikan mode Interpreter, kalian cukup katakan β€˜Stop’ atau β€˜Berhenti.’ Setelah itu, mode ini otomatis akan berhenti.

Meski Google Assistant mampu menerjemahkan percakapan otomatis, tapi kalian masih punya kendali kok. Kalian bisa mengontrol atau mengetik kalimat yang ingin diterjemahkan secara manual.

Oya, Mode Interpreter mendukung 44 bahasa. Bahasa yang didukung antara lain Indonesia, Arab, Belanda, Inggris, Jepang, dll. Fitur ini telah diluncurkan di seluruh dunia untuk pengguna Android dan iOS.