ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition: Laptop Gaming Performa Gila!

ASUS hadirkan laptop ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition di Indonesia. Dia adalah laptop gaming perfoma monster dengan CPU dan GPU AMD.

Di Indonesia, kita dapat menemukan banyak bertebaran laptop-laptop gaming. Ada yang pakai platform Intel atau pun AMD. Tapi untuk GPU-nya, mereka semua pakai dari NVIDIA.

Kalau kamu mau yang beda, ada yang baru nih. Namanya ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition. Dia adalah laptop yang ditenagai chip AMD Ryzen 5000 Series, dengan GPU berbeda. Nggak pakai NVIDIA, laptop ini pakai AMD Radeon RX 6000 Series.

Menariknya, ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition adalah laptop gaming pertama di dunia yang menggabungkan CPU AMD Ryzen 9 5900HX dengan GPU AMD Radeon RX 6800M.

Gimana, penasaran kan? Kira-kira bakal se-petjah apa sih performa laptop yang satu ini? Nah dari pada kamu penasaran, mending langsung saja simak ulasan berikut ini.

Performa Super Segila Monster

Seperti yang tadi saya sebutkan, laptop ini menggabungkan CPU AMD Ryzen 9 5900HX dengan GPU AMD Radeon RX 6800M. Jadi bisa dipastikan performanya nggak boleh diremehkan.

Apalagi prosesor AMD Ryzen 9 5900HX sudah di-overclock. Motherboard-nya juga memiliki 6-phase power design yang bisa memasok daya ke prosesor sampai 90 Watt (10 Watt lebih tinggi dari ROG Strix G biasa).

GPU yang dipakai laptop ini juga spesial (bahkan dia adalah GPU flagship). GPU AMD Radeon RX 6800M dibuat pakai arsitektur 12nm untuk menghasilkan kualitas visual lebih nyata dan immersive.

Laptop ini juga dibekali aplikasi Amoury Crate (biar CPU lebih kencang), Smart Access Memory (CPU bisa mengakses semua memori GPU), SmartShift (bisa menyesuaikan performa sesuai beban kerjanya).

Nggak cuma itu, laptop ini dibekali RAM DDR4 3200 16GB (2x8GB) dengan konfigurasi dual-channel dan bisa di-upgrade jadi 32GB. Untuk penyimpanan, laptop ini memanfaatkan M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD berkapasitas 1TB.

Berikut ini performa ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition pada sejumlah game-game terpopuler di resolusi FullHD 1080p:

Sistem Pendingin yang ‘Another Level’

Laptop ini juga dibekali ROG Intelligent Cooling. Sebuah sistem pendingin terbaik yang cocok banget buat kombinasi CPU dan GPU AMD. Dengan sistem pendingin ini, laptop bisa berjalan lebih kencang dan dingin dari spesifikasi dasarnya.

ROG Intelligent Cooling juga memberikan thermal headroom yang lebih bagus. Memastikan semua komponen laptop tetap berjalan stabil dan optimal.

Biar lebih dingin, laptop ini juga menggunakan liquid metal sebagai thermal compound untuk menghantarkan panas ke CPU dan GPU (suhu 14⁰ Celcius lebih dingin). Dia juga pakai lapisan vapor chamber besar untuk menghantarkan panas ke VRM dan VRAM.

Strix G15 Advantage Edition juga masih pakai kipas Arc Flow. Cuma bedanya, kali ini kipas tersebut hadir dengan bilah lebih banyak dan desain khusus. Aliran udara jadi lebih lancar dan nggak bising.

Menariknya laptop ini juga dibekali fitur self-cleaning cooling pada sistem pendinginnya lho. Fitur ini berbentuk terowongan di sistem pendingin yang dapat membuang debu dan partikel lainnya.

Terakhir, laptop ini punya fitur CoolZone untuk menghadirkan ventilasi khusus di keyboard. Lewat fitur ini, keyboard bakal tetap adem walau dipakai main game dalam waktu lama.

Kualitas Visual “Nggak Kaleng-Kaleng”

Strix G15 Advantage Edition pakai layar 15,6 inci beresolusi QHD 2560 x 1440 pixel. Layar ini mampu menampilkan visual game dengan resolusi yang lebih tinggi dan detil.

Nggak cuma itu, laptop ini juga menyajikan refresh rate 165Hz dengan waktu respon 3ms. Hasilnya semua aksi keren dalam game bisa ditampilan lebih mulus dan lancar.

Serunya lagi, laptop ini juga mampu memproduksi warna dengan handal lho. Layar laptop ini punya color gamut 100% pada color space DCI-P3. Ini juga membuat Strix G15 Advantage Edition cocok buat konten kreator.

Ditambah teknologi FreeSync, ROG Strix G15 Advantage Edition dipastikan akan dapat menyajikan pengalaman gaming terbaik tanpa efek stuttering maupun tearing.

Sistem Audio Premium

Sistem audio yang bagus tentu bakal bikin aktivitas gaming makin gila. Nah, kebetulan laptop ini menawarkan sistem audio premium.

Strix G15 Advantage Edition dibekali set speaker Smart AMP yang diarahkan ke depan. Speaker ini dilengkapi teknologi Dolby Atmos untuk sensasi audio lebih presisi. Dolby Atmos juga dapat dikonfigurasikan untuk penggunaan headphone dan memberikan kualitas suara terbaik melalui fitur virtual 5.1.2-channel surround sound.

Ada lagi, laptop ini dilengkapi fitur Two-Way AI Noise-Cancellation, untuk menghilangkan suara bising dengan bantuan AI. Fitur ini berlaku dua arah, yakni suara yang dikirim dan diterima oleh pengguna laptop.

Konektivitas Lengkap

Strix G15 Advantage Edition menawarkan konektivitas lengkap. Laptop ini hadir dengan port HDMI, USB Type-A, dan USB Type-C yang juga dapat digunakan sebagai DisplayPort serta fasilitas pengisian daya melalui fitur USB Power Delivery.

Buat yang suka konektivitas kabel, tenang. Laptop ini punya port Ethernet. Kalau lebih suka konektivitas nirkabel, laptop ini dibekali Bluetooth 5.1 dan WiFi 6.

Laptop ini juga punya fitur ROG RangeBoost yang memungkinkan sinyal WiFi dapat ditangkap secara lebih baik, sehingga pengguna laptop bisa selalu mendapatkan kualitas sinyal WiFi terbaik.

Daya Tahan Sangat Oke

Walau bodinya 7% lebih ringkas dari pendahulunya, tapi Strix G15 Advantage Edition menawarkan daya tahan yang lebih bagus.

Laptop ini berani mengusung baterai dengan kapasitas yang lebih jumbo, yakni 90Whr. Baterai ini memungkinkan laptop bertahan hingga 11,4 jam (kalau dipakai untuk memutar video terus-menerus).

Strix G15 Advantage Edition juga mendukung pengisian cepat, yakni mampu mencapai 50% dalam waktu 33 menit. Pengisian daya juga dapat dilakukan menggunakan adapter USB Type-C berkat fitur USB Power Delivery hingga 100W yang didukung oleh laptop gaming ini.

Spesifikasi


Main Spec.
ROG Strix G15 Advantage Edition
CPUAMD Ryzen™ 9 5900HX Processor 3.3 GHz (16M Cache, up to 4.6GHz)
Operating SystemWindows 10 with Office Home & Student 2019 Pre-Installed
Memory2x8GB DDR4 3200MHz RAM (Dual Channel)
Storage1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Display15,6″ (16:9) IPS-Level QHD (2560×1440), 100% DCI-P3, 165Hz, 3ms, Free Sync
GraphicsAMD® Radeon™ RX 6800M, 12GB GDDR6, AMD RDNA™ 2 (2300Mhz Game Clock  up to 2600Mhz Max)
Input/Output1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.0b, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort and power delivery
ConnectivityWi-Fi 6 (Gig+) (802.11ax), Bluetooth 5.1 (Dual band) 2*2
Audio1x RJ45 LAN port, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ / power delivery / G-SYNC, 3x USB 3.2 Gen 1 Type-A//1x 3.5mm Combo Audio Jack
Battery90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension35,4 x 25,9 x 2,26 ~ 2,72 cm
Weight2,5Kg
ColorsOriginal Black
%d blogger menyukai ini: