Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

6 Alasan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) Jadi Pilihan Paten

asus vivobook pro 14 m3400
Anom Penulis

Ketika kita mau membeli laptop, kadang kita penat dengan spesifikasi yang rumit. Padahal, ada alasan praktis yang bisa jadi pertimbangan. Misalnya alasan memilih laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini.

Memang, dalam hal membeli laptop, kita harus mempertimbangkan banyak hal. Termasuk fitur, harga, dan spesifikasi. Mencari laptop yang value, yang setimbang antara harga dan spesifikasinya, merupakan tantangan tersendiri.

Oleh karena itulah, kali ini kami membahas alasan yang membuat laptop ASUS satu ini punya value tersendiri.

Harga Yang Pas

ASUS Vivobook sudah terkenal sebagai laptop berkualitas dengan harga yang relatif terjangkau. Namun melalui lini Pro, ASUS mendorong fitur dan spesifikasi lini tersebut lebih jauh lagi. Sebagai resikonya, harganya memang tidak semurah laptop entry level.

Menariknya, laptop ini punya harga yang pas. Dengan harga di pasaran mulai Rp11.299.000, ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) duduk di sweet spot. Tidak terlalu mahal, juga tidak terlalu murah.

Kalau kamu masih belum yakin dengan harga yang tepat itu, mari kita lanjutkan ke alasan berikutnya.

Layar OLED Beresolusi Tinggi

Ya, laptop ini juga menggunakan panel layar ASUS OLED. Artinya, layar laptop ini sudah mendukung standar industri kreatif. Seperti dukungan color gamut 100% DCI-P3, sertifikasi PANTONE®, dan sertifikasi TÜV Rheinland untuk kenyamanan mata (anti flicker dan emisi cahaya biru rendah).

perbandingan layar

Selain itu, layar ini punya rasio 16:10. Dengan rasio seperti ini, bidang kerja di layar jadi lebih luas. Misalnya, kamu bisa mendapat lebih banyak baris ketika menggunakan MS Excel, mengetik dengan lebih nyaman di MS Word bahkan ketika edit video dengan ClipChamp.

Kemudian, masih bicara soal layar, laptop ini memiliki resolusi 2,8K (2880 x 1800) dan refresh rate 90Hz. Resolusi seperti ini, ditambah dengan panel ASUS OLED, membuat tampilan gambar di layar menjadi jernih dan tajam. Baik itu untuk membuat dokumen, mengolah gambar, atau menonton video.

Baca Juga:  Bocoran ASUS ZenFone 9 Tampilkan Tombol Gulir dan Dudukan Bahu

Nah, sekarang silakan pertimbangan harga di atas dengan kualitas layar tersebut. Biasanya, laptop dengan layar OLED punya harga di kisaran Rp15 juta ke atas.

Bodinya Ringkas

Nah, ada satu hal dari layar yang berhubungan dengan hal lain. Bezel layar laptop ini lumayan tipis. Dengan begitu ukuran keseluruhannya pun jadi lebih ringkas. Dimensinya berukuran 31,58 cm X 22,63 cm X 1,89 cm. Mudah masuk tas.

Bicara masuk tas, alias mobilitas, laptop ini juga punya bobot yang relatif ringan. Beratnya hanya 1,4Kg saja. Boleh dibandingkan dengan laptop lain yang setara.

Performa Tinggi

Walau punya bodi ringkas, performa laptop ini tidak bisa dianggap ringan. Karena ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini punya spesifikasi yang mumpuni.

Laptop ini menggunakan prosesor AMD Ryzen 5000 Series. Ada dua pilihan, yaitu AMD Ryzen 5 5600H atau Ryzen 7 5800H. Sekedar informasi, huruf H di seri itu, menandakan kalau prosesor ini termasuk High Performance.

Untuk mendukungnya, ASUS juga menawarkan pilihan RAM 8GB dan 16GB tergantung pilihan prosesornya. Begitu juga dengan penyimpanannya yang sudah menggunakan SSD M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 dengan kapasitas 512GB.

Oya, laptop ini juga dilengkapi dengan kipas pendingin. Jadi komponen di dalam tidak cepat panas. Bayangkan, bodi tipis tapi sudah pakai kipas kayak laptop gaming.

Aman dan Nyaman

Layar tajam sudah, mobilitas sudah, performa sudah, lalu apa lagi? Oh, masih ada. Laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) juga memiliki sensor sidik jari untuk pengamanan biometrik.

Nah, penggunaan sensor sidik jari ini sangat menyenangkan. Selain aman, sensor ini juga praktis dipakai. Hanya dengan satu sentuh kamu sudah bisa membuka layar kunci.

Baca Juga:  Acer Predator Helios 300 SpatialLabs Edition: Laptop Gaming 3D yang Imersif

Bahkan jika kamu memakai aplikasi password manager, kamu juga bisa memasukkan password dengan lebih mudah. Aman dan praktis.

Di samping itu, laptop ini juga memiliki penutup kamera. Jadi kalau kamu takut ada yang menyusupi dan memanfaatkan kamera laptop, kamu bisa menutupnya. Sebuah solusi provasi praktis yang tidak bisa dikalahkan dengan aplikasi.

Desainnya Keren

Terakhir, mungkin kamu bisa melihat kalau desain laptop ini berbeda dengan lainnya. Alih-alih hanya menempelkan merek di penutup layar, ASUS membuat label menonjol di penutup layarnya, yang dihias dengan motif bergaris. Sehingga berkesan modern.

asus vivobook pro 14 oled m3400 cosmos blue

Kamu juga bisa melihat kalau laptop ini juga punya pilihan warna yang tidak kalah modern. Ada pilihan warna Cosmos Blue dan Solar Silver yang elegan. Tinggal pilih sesuai kepribadianmu. Mau yang kalem atau agak berani tampil beda.


Nah, setelah membahas semua hal di atas, kamu kini tentu bisa paham kenapa laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) layak kamu beli. Semua faktor di atas, termasuk harganya, menunjukkan kalau laptop ini punya value untuk aktivitas sehari-hari.

Kamu bisa melakukan pekerjaan dengan cepat, bisa membawa ke mana saja dengan mudah, menikmati hiburan dengan baik, dan tetap merasa aman.

Jika kamu masih ingin tahu lebih jauh, kamu bisa mengunjungi situs resmi ASUS. Oya, kalau kamu punya dana yang lebih, mungkin kamu juga tertarik dengan seri lain yang lebih tinggi, ASUS Vivobook Pro 16X OLED yang pernah kami review.

Udah deh, nggak udah bingung lagi. Kalau budget masuk, nggak rugi kok beli laptop ini.