Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Tutorial Clipchamp, Step by Step Edit Video dengan Mudah

clipchamp

Edit video sekarang nggak perlu pakai laptop monster, cukup lewat browser saja — bisa Chrome, bisa Edge. Langkah-langkahnya juga cukup mudah kok. Saking mudahnya, kamu bahkan bisa mendapatkan hasil terbaik tanpa harus menjadi seorang expert. Cukup ikuti saja tutorial Clipchamp yang akan kita bahas di bawah.

Sebelumnya yang perlu kamu tahu yakni editor video Clipchamp ini adalah bagian dari layanan Microsoft. Jadi berbahagialah user Windows karena sudah pasti akan lebih diuntungkan.

Pasalnya editor video berbasis web yang bisa kamu oakai secara online ini telah mendapat perhatian dari pemilik barunya, Microsoft. Kini aplikasi Clipchamp hadir terpasang secara default pada windows 11.

Sambil mendalami fitur-fitur ciamik dari Cliphamp, saya akan coba memulainya langsung step by step edit video atau lebih tepatnya tutorial menggunakan Clipchamp.

Proses Login

Sebelum memulai mengedit, kita bisa membuka situs resmi Clipchamp melalui browser Chrome atau Edge. Jika kamu user Windows 11, kamu tinggal cari aplikasi Clipchamp.

Setelah itu, kita tidak bisa langsung memulai edit video ya. Wajib login / sign up dulu. Di sini ada 5 metode yang bisa digunakan, yakni memakai akun Microsoft, Email, akun Google, Facebook atau DropBox.

Memulai Proyek Video

tampilan memulai proyek video di aplikasi clipchamp

Kamu bisa memulai proyek videomu baik dengan template, menggunakan kamera atau merekam layar, atau mulai dari nol.

Start with a template adalah langkah yang paling recomended, karena sudah pasti akan memudahkan dan mempercepat proses editing. Varian template-nya cukup banyak kok, tergantung peruntukan video kita nantinya. Apakah untuk konten Youtube, IG, TikTok, iklan, atau yang lain?

Baca Juga:  Microsoft Uji Variasi Tombol Pencarian (Search) Windows 11

Jika kamu pakai template, ukuran video juga secara otomatis diatur sesuai medianya. Misalnya, kalau TikTok, ya video vertikal 16:9.

Memasukkan Materi Edit Video

Nah, setelah mendapat template yang pas, kamu bisa memasukkan file video yang akan kita edit. Jika sudah tersedia semua bahannya di PC, kamu tinggal upload ke Your Media dengan cara drag ‘n drop atau pencet tombol + di pojok kiri atas.

Jika kamu memulai dengan membuat rekaman — entah melalui kamera, screen, atau kamera & screen — materinya juga akan muncul di bagian ini.

Mengedit Video

edit video di aplikasi clipchamp

Nah, inilah salah satu fitur Clipchamp yang sama dengan program editor video profesional. Yaitu editor video multitrack.

Pengaturan yang terdapat pada Timeline akan memungkinkan kita mengatur durasi dan gaya. Mulai dari mengkombinasikan beberapa bahan editing, memotong, memisah klip, menggeser, bahkan menyisipkan efek.

Pada tahap ini kamu bisa menambah materi agar hasilnya semakin maksimal. Misalnya Text dan Musik. Karena aplikasi ini mendukung multitrack, maka kamu bisa menumpuk berbagai materi tersebut.

Mengatur Warna, Tambah Filter, dan Efek

Langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah mengatur sisi artistik klip video. Pada sidebar sebelah kanan bisa kita temukan menu yang bakalan membuat kita layaknya editor profesional.

Menu efek di Clipchamp adalah:

  • Audio
    Di sini kita bisa mengatur volume suara terutama jika terdapat beberapa audio dalam timeline, misalnya mengeraskan suara vokal atau merendahkan suara backsound.
  • Filter
    Fitur Filter Ini lebih ke efek warna, apakah mau dibuat hitam putih, sephia, cerah atau yang lain, banyak menu yang tersedia. Kita tinggal sesuaikan dengan konsep videonya.
  • Fade
    Sangat berguna terutama untuk video pembuka atau penutup. Kita bisa atur pada detik keberapa video mulai ditayangkan dan pada detik ke berapa video berakhir. Melalui menu Fade proses pembukaan dan penutupan video jadi semakin lebih halus.
  • Adjust Colors
    Selain melalui filter, pengaturan warna bisa menggunakan Adjust Colors. Menu ini jauh lebih spesifik karena bisa diperuntukkan untuk segala bahan, baik video, gambar atau bahkan teks.
  • Speed
    Cepat atau lambatnya video bisa diatur lewat menu satu ini, tingkat kecepatan yang bisa diatur di sini adalah mulai dari 0,1x lebih lambat hingga 16x lebih cepat.
  • Transition
    Efek satu ini memiliki peran yang sangat penting terutama jika video yang kita buat adalah slide show. Karena kita bisa mengatur efek perpindahan dari gambar / video satu dengan yang lain lebih menarik.
  • Color
    Menu ini paling jarang digunakan, kecuali kita benar-benar ingin sesuaikan warna text dengan sangat spesifik dan detail. Umumnya orang yang menggunakan menu Color ini adalah orang yang sudah biasa sesuaikan warna dengan kode warna.
Baca Juga:  Tutorial Edit Video CapCut Untuk Pemula di Smartphone

Export & Save

Ketika proses editing dirasa sudah cukup, langkah terakhir adalah export. Ada 4 pilihan yang tersedia, mulai dari 480p, 720p, 1080p bahkan GIF. Tidak lupa, Clipchamp juga menawarkan pilihan penyimpanan, langsung download ke PC atau langsung upload ke penyimpanan online lain.


Demikian adalah tutorial edit video menggunakan Clipchamp, sambil kepoin apa aja yang ada di sana, mungkin ada baiknya langsung mencoba dengan ikuti langkah-langkah yang sudah kita bahas di atas. Selamat mencoba…