Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

ASUS Vivobook S14 Flip OLED (TP3402): Apa Desain & Spesifikasi Cocok Dengan Harganya?

asus vivobook s14 flip oled
Gambar: ASUS
Anom Penulis

Dari namanya, ASUS Vivobook S14 Flip OLED (TP3402) sudah menunjukkan sebuah fitur yang spesifik. Flip. Artinya, laptop ini memiliki desain konvertibel yang bisa berubah jadi tablet. Pertanyaannya, apakah desain ini sudah cukup menjadi alasan pembelian? Bagaimana dengan spesifikasinya?

  • DISCLAIMER
    Artikel ini ditulis berdasarkan perbandingan informasi harga, desain, dan spesifikasi, bukan review berdasar pengalaman penggunaan.

Fitur & Spesifikasi ASUS Vivobook S14 Flip OLED (TP3402)

Gambar: ASUS

Desain Konvertibel

Desain dan konstruksi konvertibel jelas menjadi kekuatan utama laptop ini. Bagian layar laptop bisa diputar sampai 360º sampai menyerupai tablet. Hal ini memberikan fleksibilitas pemakaian tersendiri.

Misalnya memakainya dalam mode tenda untuk menggambar. Dengan begitu, kita tidak menyentuh keyboard dan touchpad secara tidak sengaja.

Lalu kita juga bisa memakai mode tablet untuk menggambar atau menulis dengan pena stylus. Selain itu kita bisa memakai mode tablet ini untuk membaca atau menonton sambil bersantai.

Gambar: ASUS

Dukungan ASUS Pen 2.0

Sebagai laptop konvertibel, ASUS melengkapi laptop ini dengan ASUS Pen 2.0. Pena stylus ini mendukung sampai 4096-level tekanan, punya 2 tombol samping dan 1 tombol atas, dan ujungnya bisa diganti (sesuai ukuran pensil 2H, H, HB, B).

Ini jelas fitur menarik. Namun, situs resmi ASUS menyebutkan kalau ketersediaan aksesori ASUS Pen ini tergantung pada wilayah. Yah, hal ini jadi catatan tersendiri.

Layar OLED dengan Corning Gorilla® Glass NBT

Karena layarnya merupakan layar sentuh yang bisa dipakai dengan pena stylus, ASUS memperkuatnya dengan Corning Gorilla® Glass NBT. Fitur ini disebut bisa melindungi layar lebih kuat terhadap goresan dan tekanan.

Kemudian seperti standar laptop ASUS saat ini, layarnya juga OLED dengan resolusi 2,8K. Layar ini pun memenuhi standar industri. Seperti rentang warna 100% DCI-P3, validasi PANTONE, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, dan juga punya sertifikasi kenyamanan mata dari TÜV Rheinland.

Baca Juga:  ASUS Hadirkan Inovasi Teknologi Terbaru Laptop & Desktop di Jogja

Untuk sisi layar, bolehlah kita sebut aman. ASUS OLED tidak mengecewakan sejauh yang pernah saya temui di laptop lain.

Prosesor Intel® Core™  Generasi 12

Di dalam laptop ASUS Vivobook S14 Flip OLED (TP3402) ini terdapat prosesor Intel® Core™ i5-12500H atau Intel® Core™ i7-12700H. Keduanya merupakan generasi terbaru dan termasuk prosesor High Performance yang dioptimalkan untuk laptop.

Selain itu, versi Intel® Core™ i5-12500H ditemani oleh RAM 8GB, sementara versi Intel® Core™ i7-12700H ditemani oleh RAM total 16GB (8GB on-board dan 8GB SO-DIMM). Sementara penyimpanannya adalah SSD 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0.

Situs resmi ASUS menyebutkan kalau GPU-nya Intel® UHD Graphics — walau di sana disebut juga sampai Intel® Iris® Xe . Meskipun cukup standar, seharusnya performanya sudah memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Fitur Lain

Fitur lain yang ASUS hadirkan di laptop ini juga cukup menggoda. Misalnya webcam berkualitas 1080p dengan penutup fisik. Lalu ada sensor sidik jari yang memudahkan membuka layar kunci dan login.

Secara keseluruhan, laptop ini memang menarik. Tapi bagaimana dengan harganya dan perbandingannya?

Pertimbangan Harga ASUS Vivobook S14 Flip OLED (TP3402)

Seperti sudah disebut di atas, laptop ini punya 2 varian berdasarkan spesifikasinya. Dengan demikian harganya pun berbeda.

  • Rp14.299.000 — Intel® Core™ i5-12500H, 8GB DDR4 on board, SSD 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0, layar 2.8K OLED, Windows 11 Home
  • Rp16.799.000 — Intel® Core™ i7-12700H, 8GB DDR4 on board + 8GB DDR4 SO-DIMM, SSD 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0, layar 2.8K OLED, Windows 11 Home

Nah… sebenarnya, laptop ini punya spesifikasi yang tidak terlalu berbeda dengan ASUS Vivobook 14X OLED (A1403). Sementara, ada perbedaan harga sekitar Rp2.000.000 untuk spesifikasi yang serupa. Menarik kan?

Baca Juga:  Workshop ASUS Business Berikan Tips Jitu Digital Marketing

Perbedaan harga itu “hanya” muncul akibat desain, konstruksi, dan fungsi yang berbeda di antara keduanya. Yang satu ditujukan untuk pemakaian yang lebih portabel dengan fungsi lebih, sedangkan yang lain lebih konvensional.

Gambar: ASUS

Tentu, konstruksi engsel dan penambahan kekuatan layar dengan Corning Gorilla® Glass NBT tidak bisa dianggap enteng. Kemudian, jika ASUS Pen juga termasuk dalam paket penjualan, maka pena itu akan menjadi benefit tersendiri.

Nah, bicara soal benefit, pastinya semua kembali pada kebutuhanmu. Fitur dan spesifikasi yang wah tidak akan memberi pengaruh banyak jika kamu tidak membutuhkannya.

Di sinilah ada garis batas yang tegas antara laptop ASUS Vivobook S14 Flip OLED dan ASUS Vivobook 14X OLED.

Pilih Yang Sesuai

Jika kamu seseorang yang hobi menggambar atau malah berprofesi sebagai ilustrator, laptop ini akan cocok untukmu. Kamu bisa menggambar dengan mudah dan memanfaatkan kekuatan laptop untuk pekerjaan lain.

Begitu juga kalau kamu membutuhkan laptop yang bisa dipakai dalam berbagai mode. Misalnya untuk presentasi yang lebih mudah saat kamu bepergian.

Karena kebutuhanmu bisa terpenuhi oleh laptop ini, maka harga yang lebih tinggi akan masuk akal. Di sisi lain, jika kebutuhanmu tidak seperti itu, ya pilihlah laptop konvensional yang harganya lebih murah.

Kasusnya akan berbeda lagi jika kamu butuh laptop konvensional, tapi ingin spesifikasi yang lebih powerful, bisa buat main game, tapi harganya masih relatif terjangkau. Kalau seperti ini, mungkin kamu bisa melirik ASUS Vivobook 16X OLED.

Jadi, apakah ASUS Vivobook S14 Flip OLED (TP3402) ini sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu?