ASUS ZenBook Duo 14 (UX482): Laptop Layar Ganda & Prosesor Terkini

Pada acara The Laptop of Tomorrow, ASUS mengumumkan 3 buah laptop premium baru. Salah satu dari laptop itu adalah ASUS ZenBook Duo 14 (UX482). Yuk, kita intip apa yang dimilikinya.

Nama “Duo” menjadi salah satu ciri khas laptop ASUS dalam beberapa tahun terakhir ini. Bila kamu melihat laptop ASUS dengan embel-embel “Duo” pada namanya, kamu tahu kalau ada layar kedua di sana. Seperti ASUS ZenBook Pro Duo (UX581) atau ROG Zephyrus Duo 15 (GX550).

Begitu pun dengan laptop ini. Dari serinya, kamu bisa tahu kalau laptop ini punya spesifikasi di bawah ASUS ZenBook Pro Duo (UX581) karena mulai dengan seri ‘4’ dan tanpa cap ‘Pro.’ Tapi kamu juga tahu kalau laptop ini lebih baru (angka terakhir ‘2’).

Nah, mari kita lihat.

Desain Lebih Baru

ASUS ZenBook Duo 14 (UX482) memiliki desain bagian luar yang serupa dengan pendahulunya. Masih minimalis, dengan logo ASUS di salah satu sisi. Namun yang menarik adalah bentuk ScreenPad+ yang lebih baru.

Sebagai layar kedua, ScreenPad+ mampu membantu kita melakukan multitasking dengan lebih baik (kami pernah membahas fitur ScreenPad+). Kali ini layar kedua ini akan terangkat saat laptop dibuka. Yang membuatnya lebih mudah dilihat dan dioperasikan. Jadi lebih mirip ROG Zephyrus Duo (GX550) daripada ZenBook Pro Duo (UX581).

Bukan hanya layar kedua saja yang terangkat. Saat layar laptop kamu buka, bodi laptop yang mendapat sertifikat ketahanan MIL-STD 810H ini juga terangkat. Kedua hal itu memberikan ruang udara keluar, membuat sirkulasi udara lebih baik.

Nah, kedua layar laptop ini sama-sama memiliki resolusi tinggi, memenuhi standar industri kreatif (PANTONE validated), juga mendapat sertifikasi untuk keamanan dan kenyamanan mata (TÜV Rheinland). Sementara untuk audio, ASUS berkolaborasi dengan Harman-Kardon.

Seperti yang pernah kami bahas di ASUS ZenBook Pro Duo, touchpad laptop ini punya keunikan tersendiri dengan barada di bagian samping. Posisi ini sama seperti ketika kamu memegang mouse. Jadi sangat natural.

Kemudian, kamu juga tidak perlu kuatir dengan pemakaiannya bersama perangkat atau akesori lain. Laptop ini punya colokan yang lumayan komplit. Ada Thunderbolt 4 (USB type-C) yang mendukung display output dan power, USB typr-A, HDMI, colokan audio 3,5mm, dan microSD card reader. Di samping itu, laptop ini juga mendukung konektivitas Wi-Fi 6.

Performa Mantap

Untuk menemani produktivitasmu sehari-hari, ASUS menanam baterai berkapasitas 70WHrs yang mampu bertahan sampai 11 jam. Hal ini terlihat dari benchmark menggunakan PCMark10 pada mode Modern Office.

Uniknya, karena ada colokan USB type-C selain colokan power standar, laptop ini bisa kamu isi dayanya dengan power bank. Yah, kalau kepepet.

ASUS ZenBook Duo 14 (UX482) ini memakai prosesor Intel Core generasi 11 (ada pilihan i5 dan i7), RAM LPDDR4X (ada pilihan 8GB dan 16GB), penyimpanan SSD 3.0 M.2 NVMe (512GB dan 1TB), dan GPU yang mantap (NVIDIA GeForce MX450 dan Intel Iris X).

Dengan spesifikasi seperti itu, ASUS ZenBook Duo 14 (UX482) punya kemampuan di atas rata-rata. Berikut hasil uji dari varian dengan prosesor Intel COre i7-1165G7, NVIDIA GeForce MX450, RAM 16GB, dan penyimpanan 1TB.

Kalau kamu ingin melihat informasi teknis yang lebih detil, langsung saja kunjungi halaman resminya di situs ASUS.

%d blogger menyukai ini: