Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

ASUS ZenFone 8 Kantongi Sertifikasi IP68. Tapi, Untuk Perangkat Mana Ini?

Indri Penulis

ASUS beberkan kalau ZenFone 8 Series bakal kantongi sertifikasi IP68. Pertanyaannya, untuk perangkat mana ini? Semuanya atau perangkat tertentu saja?

Peluncuran ASUS ZenFone 8 Series sudah di depan mata. Jajaran smartphone flagship ASUS ini akan memulai debutnya pada tanggal 12 Mei mendatang.

Jauh-jauh hari sebelum tanggal peluncuran diumumkan, berbagai bocoran ZenFone 8 Series memang telah bermunculan. Dari yang kabarnya ada varian ASUS ZenFone 8 Mini, adanya ASUS ZenFone 8 Flip, sampai rumor kalau ASUS ZenFone 8 Series tak akan punya kamera putar.

Kali ini, bocoran kembali datang langsung dari si vendor itu sendiri, ASUS. Perusahaan yang berbasis di Taiwan itu membeberkan kalau ASUS ZenFone 8 Series telah mengantongi sertifikasi IP68.

ASUS ZenFone 8 Series Dukung IP68

Berdasarkan bocoran dari akun Twitter resmi ASUS, ZenFone 8 Series akan menyajikan ‘performa yang besar’ dan juga ‘ukuran yang kompak (kemungkinan untuk ZenFone 8 Mini).’

Unggahan Twitter tersebut juga menggambarkan kalau ASUS ZenFone 8 Series mengantongi sertifikasi IP68. Itu artinya, jajaran ponsel ini akan tahan air dan debu.

Ini adalah peningkatan cukup besar. Mengingat ASUS telah berkecimpung di bisnis ponsel sejak 2005, dan telah meluncurkan smartphone sejak 2012. Tapi belum ada satu pun perangkat yang mengantongi sertifikasi tahan air dan debu. Nah sekarang pertanyaannya, siapa saja ponsel yang mengantongi sertifikasi ini?

Sebab sebelumnya, ASUS sudah pernah membocorkan tampilan ZenFone 8 Series. Lewat foto yang beredar, seri terbaru ini akan menyajikan tampilan ponsel yang mulus dengan punch-hole sebagai tempat kamera selfie.

Bocoran sebelumnya tentu membuat banyak orang penasaran. Apakah mekanisme kamera ini bakal dipakai di seluruh varian ASUS ZenFone 8 Series? Atau kah, mekanisme ini hanya akan dipakai di model tertentu saja?

Baca Juga:  POCO M4 5G Hadir dengan Spesifikasi Dimensity 700, Kamera 50MP, dll

Sebab, sebelum ASUS membocorkan tampilan ZenFone 8 Series, Google sempat membocorkan nama-nama ponsel yang belum rilis dan salah satunya adalah ‘ASUS ZenFone 8 Flip.’

Belum diketahui apakah embel-embel ‘Flip’ di belakangnya cuma penamaan biasa saja, atau embel-embel tersebut dipakai untuk ponsel ZenFone 8 yang mendukung kamera putar seperti pendahulunya (ZenFone 6 dan ZenFone 7 Series).

Kalau ZenFone 8 benar-benar punya punch-hole dan tahan air, apakah itu artinya, ASUS benar-benar telah memutuskan untuk menghilangkan mekanisme kamera flip-nya?

Di sisi lain, kalau ASUS tetap menghadirkan ponsel dengan kamera flip (ASUS ZenFone 8 Flip misalnya), bagaimana perusahaan berhasil membuat bagian kamera putar bisa tahan air? Atau.. Apakah IP68 cuma untuk smartphone yang lebih kecil?

Hm, terlalu banyak teka-teki ya. Tapi sabar dulu, kita masih perlu menunggu sekitar seminggu lagi untuk melihat kejutan yang bakal dihadirkan ASUS. Nanti setelah acara peluncuran, semua pertanyaan di atas bakal menemukan jawabannya.