Bocoran ASUS ZenFone 8 Mini Pakai Layar OLED 5,9 Inci 120Hz

Rumor terbaru ASUS ZenFone 8 Mini mengatakan bahwa ponsel ini akan memakai layar OLED 5,9 inci dengan refresh rate 120Hz.

Awal Maret lalu, ASUS resmi meluncurkan ponsel gaming terbarunya ASUS ROG Phone 5. Meski diluncurkan lebih awal dari biasanya, tapi ponsel ini mampu menyajikan banyak peningkatan dibanding pendahulunya.

Perlu kamu tahu, ROG Phone 5 bukanlah satu-satunya ponsel flagship ASUS yang diluncurkan tahun ini. Rumornya masih ada penerus ZenFone 7, ZenFone 8 Series yang muncul tahun ini.

ASUS ZenFone 8 Series gosipnya bakal menawarkan varian baru yang belum ada di pendahulunya, yakni varian “Mini.” Seperti apa detailnya? Yuk, kita cek!

Bocoran ASUS ZenFone 8 Mini

Sebenarnya ada beberapa rumor mengenai ZenFone 8 Series. Rumor pertama dikutip dari XDA-Developers, seri ini akan menambahkan versi “Mini” ke dalam jajarannya. Sesuai namanya, ponsel ini akan menampilkan spesifikasi premium namun dalam bentuk yang lebih ‘mini.’

Sumber Gambar : BGR

Rumor kedua masih dari sumber yang sama. XDA-Developers menemukan ponsel misterius “ASUS ZenFone 8 Flip” di dokumen dukungan Google, beberapa waktu yang lalu.

Namun belum bisa dipastikan, apakah “Mini” dan “Flip” bakal jadi satu produk atau tidak. Tapi yang pasti, seri ini akan memiliki dua model pasti yakni ZenFone 8 dan ZenFone 8 Pro, dan ‘kemungkinan’ ada model tambahan.

Di sisi lain, tim XDA juga menemukan kode sumber kernel dari ASUS ROG Phone 5, serta menemukan referensi ketiga ponsel unggulan lain yang diberi nama kode “SAKE,” “PICASSO,” dan “VODKA.”

Tim XDA juga melihat referensi “SAKE_PLUS” dan “VODKA_PLUS” dalam satu file kode sumber kernel. Sayangnya mereka belum bisa memastikan, apakah ini benar-benar model yang berbeda atau tidak. Sebab belum ada referensi tambahan dari sumber lain.

Meski hingga kini belum diketahui nomor model mana saja yang masuk seri ZenFone 8, namun tim XDA kembali menemukan referensi yang merujuk ke ZenFone 8 dan ZenFone 8 Flip di versi terbaru aplikasi ASUS PixelMaster Camera. Kabarnya, ponsel-ponsel tersebut akan memakai chipset Snapdragon 888.

Untuk sementara ini, “SAKE” diduga kuat sebagai versi “Mini.” Sebab nomor model ini didefinisikan memakai layar OLED 5,92 inci, dan disebut sebagai ‘ponsel kecil’ di perangkat lunak ASUS.

File konfigurasi untuk panel juga mengatakan jika ponsel ini akan mendukung kecepatan refresh 120Hz dan resolusi Full HD+ (2400 x 1080). Sedangkan untuk kamera, hanya terlihat dua sensor Sony IMX686 64MP dan Sony IMX 663 terbaru.

Di sisi lain, kode “PICASSO” sepertinya memiliki panel yang sama dengan seri ZenFone 7, yakni OLED 6,67 inci dengan resolusi Full HD+. Ponsel ini juga punya kamera yang mirip ZenFone 7, dengan salah satu sensornya berukuran 24MP.

Terakhir adalah nama kode “VODKA.” Jujur, belum ada keterangan menarik dari nama kode ini. Bahkan referensi tentangnya baik di kode sumber kernel atau firmware juga masih sedikit.

%d blogger menyukai ini: