Backup WhatsApp di Google Drive Tidak Mengurangi Kapasitas

backup whatsapp di google drive

Google Drive merupakan media penyimpanan untuk cadangan data WhatsApp bagi pengguna Android. Belum lama ini WhatsApp mengabarkan kalau backup WhatsApp di Google Drive tidak lagi mengurangi kuota kapasitas penyimpanan.

Mungkin ada di antara kamu yang merasa kalau hal ini tidak berpengaruh banyak. Bisa jadi karena data yang kamu cadangkan juga tidak besar. Namun bagi mereka yang kerap mengirim dan menerima berkas media (foto dan video), hal ini bisa membuat perbedaan signifikan.

Harus kita ingat bahwa cadangan data WhatsApp berguna untuk tetap menjaga percakapan tetap sama. Hal ini berguna kalau kamu terpaksa melakukan hard reset atau ganti handphone. Tentunya kita tidak mau kehilangan data penting, termasuk foto maupun video.

Nah, pengguna akun Google pada umumnya akan menerima kapasitas Google Drive sebesar 15 GB secara gratis. Setiap data yang kamu simpan di layanan cloud Google ini, akan mengurangi jumlah kuota tersebut. Termasuk cadangan WhatsApp. Dengan perkecualian Google Photo, kalau kamu mengaturnya dengan tepat. Jadi, bisa melakukan backup WhatsApp di Google Drive tanpa mengurangi kapasitas jelas memberi keuntungan.

Keputusan WhatsApp ini berlaku mulai tanggal 12 November 2018. Kemudian, backup WhatsApp yang berusia lebih dari 1 tahun akan secara otomatis terhapus. Jadi, segera saja buat backup sebelum tanggal 12 November.

backup whatsapp

Keterangan WhatsApp soal Google Drive

Sekali lagi, besarnya data yang dicadangkan akan berbeda untuk tiap orang. Sebagai contoh, saya memiliki cadangan data sebesar 317 MB. Tiap kali melakukan backup, saya mengunggah berkas sebesar sekitar 69 MB. Tapi saya termasuk yang tidak terlalu sering berbagi foto dan video berukuran besar di WhatsApp. Untuk kebutuhan ini — terutama kalau penting — saya lebih sering memanfaatkan email, layanan cloud langsung, atau malah Facebook (tergantung dengan siapa).

Jadi, kalau kamu termasuk salah satu pengguna WhatsApp yang sering mengirim dan menerima berkas berukuran besar, bergembiralah. Kamu bisa membuat backup di Google Drive dengan lebih tenang, tidak perlu takut kehabisan kuota penyimpanan.

Ada komentar?