Bagaimana Menyembunyikan Aplikasi di Android

daftar aplikasi android

Mungkin hal ini jarang terjadi. Tapi ada kemungkinan kamu ingin menyembunyikan aplikasi Android di handphone milikmu. Entah dari orang yang tidak berkepentingan (siapa tahu ada yang meminjam), atau aplikasi itu tidak bisa di-uninstall dan kamu sebal melihatnya. Untuk itu mari kita lihat bagaimana cara melakukannya.

Beberapa merk handphone mungkin punya fitur untuk menyembunyikan aplikasi. Tapi sebagian lain tidak. Misalnya handphone yang menggunakan Android murni atau mendekati Android murni (seperti Moto G5s Plus yang saya pakai).

Ada beberapa cara untuk melakukannya. Cara-cara itu pun punya efek yang berbeda. Yah, tergantung kepentinganmu. Mana yang lebih cocok.

BACA JUGA
Cara Mengganti Fitur Quick Setting & UI Tuner Android

Menyembunyikan Aplikasi dengan Menonaktifkan

Cara ini akan menyembunyikan aplikasi dari daftar (app drawer). Tapi kamu pun tidak bisa menggunakannya (aplikasi tetap ada, tidak uninstall). Menonaktifkan aplikasi bisa jadi pilihan kalau kamu eneg lihat aplikasi bawaan yang tidak bisa di-uninstall.

menonaktifkan aplikasi android

Cara menonaktifkan aplikasi Android
  1. Buka Setelan
  2. Aplikasi.
  3. Tekan aplikasi yang ingin kamu hilangkan.
  4. Tekan tombol NONAKTIFKAN.
  5. Konfirmasi tindakan.

Sekarang aplikasi tersebut sudah hilang dari daftar aplikasi. Ketika kamu cari di kotak pencarian pun aplikasi itu tidak akan muncul.

BACA JUGA
5 Aplikasi Tema Android (Launcher) Terbaik

Menyembunyikan Aplikasi Android dengan Launcher

Cara paling mudah untuk menyembunyikan aplikasi Android tapi tetap bisa menggunakannya adalah dengan menggunakan fitur di launcher. Maksudnya, aplikasi tidak akan terlihat di daftar (drawer), tapi kamu masih bisa mencarinya lewat kotak pencari.

Sejauh pengetahuan saya, aplikasi launcher yang punya fitur ini adalah Nova Launcher Prime dan Apex Launcher. Kebetulan yang saya punya adalah Nova Launcher Prime. Oya, Prime adalah versi premium (berbayar) dari aplikasi launcher tersebut.

menyembunyikan aplikasi android dengan nova launcher

Cara Menyembunyikan Aplikasi dengan Nova Launcher Prime
  1. Pasang Nova Launcher Prime.
  2. Buka Setelan Nova.
  3. Buka Drawer.
  4. Geser halaman ke bawah, sampai di kategori Grup Drawer.
    Tekan Sembunyikan Apl.
  5. Pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan.

Nah, sekarang aplikasi tersebut tidak akan terlihat di daftar (drawer). Tapi seperti sudah saya sebut, kalau kamu mencarinya di kotak pencari, aplikasi itu masih tetap muncul.

Kalau kamu ingin pilihan gratis, kamu bisa mencoba Apex Launcher. Fitur ini bisa dipakai di Apex Launcher versi gratis (bukan Pro).

Itulah beberapa cara menyembunyikan aplikasi Android. Kalau kamu punya aplikasi yang “berbahaya” dan tidak ingin terlihat oleh orang lain, kamu bisa mencoba cara kedua. Kalau kamu merasa terganggu dengan aplikasi yang tidak bisa dihapus, pakai cara pertama. Semoga selalu sehat.

Ada komentar?