Review Moto G5S Plus: Kualitas Prima Dengan Harga Terjangkau

review moto g5s plus

Moto G5s Plus adalah handphone terbaru Motorola yang hadir di Indonesia. Handphone kelas menengah ini menawarkan banyak fitur dengan kualitas tinggi. Silakan ikuti review Moto G5s Plus dari kami berikut  ini.

Moto G5s Plus diumumkan dan dirilis pada bulan Agustus 2017. Handphone ini merupakan salah satu varian dari keluarga G5 yang memiliki spesifikasi lebih tinggi. Misalnya layar lebih besar dan menggunakan kamera ganda.

Jenis handphone Motorola yang beredar di Indonesia memang tidak banyak. Handphone baru Motorola tahun 2017 yang beredar hanyalah Moto E4 Plus, Moto Z2 Play, dan Moto G5s Plus.

Untungnya handphone ini masuk di Indonesia. Bukan apa-apa. Dengan bandrol harga Rp3.300.000, Motorola memberikan penawaran yang benar-benar menggiurkan. Yuk kita lihat.

Hands-on Moto G5s Plus

moto g5s plus

  • Kualitas kontstruksi mantap
  • Agak licin, tapi enak dipegang ????

Sebagai produk tahun 2017, handphone ini cukup konvensional. Motorola tidak memberi gimmick tren seperti bezeless dan sudut membulat. Hal ini berbeda dengan LG yang mendorong tren itu ke kategori handphone murah dengan LG Q6.

Toh Moto G5s Plus tetap memiliki penampilan menarik. Yang ada di tangan saya adalah yang berwarna lunar grey (pilihan lain adalah blush gold). Walau begitu, bagian depan tetap berwarna hitam. Bagian belakanglah yang berwarna abu-abu gelap.

Beberapa hal yang saya kritik di Moto Z tidak saya temui. Bagian depannya sederhana. Tidak banyak ornamen. Yang terlihat jelas hanyalah kamera depan, speaker, dan lampu flash. Bahkan logo Moto pun hadir secara elegan (berwarna abu-abu gelap). Lalu fingerprint scanner-nya sudah membulat (tidak kotak lagi), mengikuti desain terbaru handphone Motorola.

Begitupun di bagian belakang. Yang paling menonjol hanyalah kamera gandanya. Ornamen lain hadir dengan warna abu-abu yang sedikit lebih terang atau lebih gelap. Termasuk logo M milik Motorola.

BACA JUGA
5 Handphone Dengan Kamera Terbaik 2018

Moto G5s Plus juga nyaman dipegang. Bodinya (unibody) yang didominasi metal dan kaca terasa mantap. Yah, salah satu yang saya suka dari handphone Motorola, baik dari kelas Moto E3 Power sampai Moto Z—adalah kualitas materi dan kontruksinya. Tidak murahan. Begitupun handphone ini. Kualitasnya prima.

Layarnya memiliki besar 5,5 inci dengan resolusi FHD 1080p (1920 x 1080) dan ketajaman 401 ppi. Karena layarnya merupakan LCD IPS, kecerahannya tidak sebaik AMOLED. Agak redup. Tapi cukuplah untuk memanjakan mata. Terbuat dari Corning™ Gorilla™ Glass 3, ketahanannya boleh diuji.

Apa ada yang saya keluhkan dari memegang handphone ini? Sayangnya ada. Untung saja bukan hal penting. Sudut pinggir bagian depan (antara layar dan bodi) cukup terasa. Tidak tajam atau mengganggu, tapi cukup terasa.

Lalu, kamera ganda menonjol keluar. Tidak mengganggu waktu dipegang. Hanya membuatnya tidak menempel datar saat diletakkan. Sekali lagi, bukan problem besar.

Secara keseluruhan, Moto G5s Plus memiliki kualitas desain dan materi yang bagus. Sekilas, kamu mungkin tidak percaya kalau handphone ini “hanya” seharga tiga jutaan. Dua jempol untuk Motorola.

Sistem Operasi dan Fitur Motorola G5s Plus

  • Mendekati Android murni
  • Aplikasi Moto fleksibel

Handphone ini hadir dengan Android 7.1 Nougat. Motorola memasang Moto App Launcher di Home. Tapi UI skin Moto ini sangat mirip dengan Google Now. Tidak mengubah banyak. Yang terlihat hanya widget Jam & Cuaca khas Moto dan dock yang berwarna gelap (dock Google Pixel berwarna terang).

Fitur atau aplikasi tambahan Moto di sini sama seperti handphone Motorola lain. Tentu saja minus Moto Mods yang hanya dimiliki seri Z. Ada Moto Actions untuk mengatur fungsi gestur tangan, dan Moto Display yang mengatur perilaku layar.

Fitur Moto Actions pada umumnya sama seperti yang ada di handphone Moto lain. Misalnya gerakan memotong dua kali untuk menyalakan lampu senter, atau memutar untuk membuka kamera. Tapi di generasi ini, Motorola memperkenalkan one button nav.

Fitur one button nav memanfaatkan bidang fingerprint scanner sebagai alat navigasi. Kalau fitur ini aktif, maka bidang navigasi di home screen akan hilang, dan fungsi tersebut diganti oleh gestur di fingerprint scanner. Geser dari kanan ke kiri menggantikan tombol back, geser dari kiri ke kanan menggantikan app switcher, dan tekan lama untuk memanggil Google Assistant.

BACA JUGA
Review ZenFone Zoom S: Smartphone Terbaik Untuk Bepergian

Kalau belum terbiasa, fitur one button nav ini bisa terasa canggung dan salah-salah. Terus terang, sampai saya menulis artikel ini, saya belum lancar menggunakannya.

Nah, di Moto Display, ada fitur Night Display. Kamu bisa mengatur cahaya layar sesuai waktu. Kapan mengaktifkan blue light filter, dan kapan kembali normal. Ini berguna untuk mengurangi beban mata ketika melihat layar. Selain itu ada fitur mengintip notifikasi di lockscreen. Misalnya kamu bisa melihat isi notifikasi pesan WhatsApp ketika layar dalam posisi mati / sleep.

Kamera Moto G5s Plus

mode profesional kamera moto g5s plus

Mode profesional aplikasi kamera Moto G5s Plus

  • Tidak istimewa, tapi bagus dikelasnya
  • Proses “Portrait Mode” (Depth Enabled) tidak secepat yang diharapkan

Ah, kita tiba di salah satu bagian paling menarik. Kamera adalah salah satu fitur yang membedakan antara Moto G5s Plus dengan keluarga G5 lainnya. Handphone ini punya kamera ganda di bagian belakang.

Tepatnya ada dua kamera 13 MP dengan f/2.0 dan dilengkapi dual LED flash. Aplikasi kamera untuk foto menawarkan HDR, Low Light Mode, Professional Mode, Depth Editor, dan Panorama. Sedangkan untuk video bisa merekam sampai 4K Ultra HD di 30 fps, dengan video stabilisation dan Slow Motion mode.

Sayangnya, saat saya mencoba kamera Moto G5s Plus, cuaca kurang mendukung. Hujan. Saya tidak bisa menguji secara maksimal. Bagaimana pun, saya usahakan memberi contoh optimal.

Secara umum, Moto G5s Plus ini memenuhi standar kamera handphone jaman sekarang. Hasilnya cukup bagus dengan warna yang cukup cerah.

Namun kelihatannya, kamera belakang agak sensitif dengan intensitas cahaya terang. Dalam beberapa percobaan, terlihat over exposure di bagian tertentu (padahal cuaca mendung dan cahaya cenderung datar).

Efek bokeh—di aplikasi kamera disebut Depth Enabled—Moto G5s Plus cukup bagus. Memang tidak istimewa dan menuntut pengaturan yang pas. Pengaturan tersebut bisa kamu lakukan saat memotret, dan setelah memotret di Depth Editor.

hasil kamera belakang moto g5s plus

Hasil foto normal

hasil efek bokeh kamera belakang moto g5s

Hasil foto dengan efek bokeh (Depth Enabled)

Sayangnya proses pengolahan gambar masih belum cukup cepat. Beberapa kali memotret dan mengubah setelan membuatnya tidak bisa menyimpan gambar. Kalau efek diatur maksimal, efek kabur sering muncul di tempat-tempat tertentu (tidak terlihat alami).

Kamera belakang handphone ini punya mode low light. Tapi, sejauh yang saya coba, saya tidak melihat perbedaan signifikan dengan yang biasa. Hasilnya cukup standar. Tidak mendongkrak pencahayaan, tapi juga tidak terlalu banyak noise. Berbeda dengan Vivo V7+ yang mendongkrak pencahayaan dan mendapat noise sebagai konsekuensinya.

Sekali lagi, secara keseluruhan hasil kamera belakang Moto G5s Plus bisa dibilang cukup bagus. Memang tidak istimewa, tapi memadai. Apalagi kamu mendapat beberapa fitur kamera yang biasanya hanya ada di handphone flagship.

hasil makro kamera belakang moto g5s plus

Hasil foto makro

hasil low light kamera belakang moto g5s plus

Hasil foto low light

Kamera depan memiliki kualitas 8 MP wide-angle lens dengan bukaan f/2.0 dan dilengkapi LED flash. Fitur kameranya meliputi HDR, Beautification Mode, Panorama dan Professional Mode. Heh, selfie ala fotografer profesional ceritanya.

Hasil untuk video tidak mengecewakan. Sesuai dengan yang dijanjikan. Yang asik, Moto G5s Plus sudah ada fitur slow motion. Yang saya suka dari fitur slow motion Moto adalah kita bisa mengatur kapan video melambat.

Performa dan Pengalaman Penggunaan

  • Memenuhi semua kebutuhan
  • Baterai awet

Prosesor Moto G5s Plus adalah Qualcomm® Snapdragon™ 625 2.0 GHz octa-core dengan GPU Adreno 506. Jelas terlihat bahwa handphone ini berada di kelas menengah.

Spesifikasi Moto G5s Plus lain boleh dibilang memadai. RAM 4 GB, memori internal 32 GB (mendukung SD card sampai 128 GB), dan baterai 3000 mAh. Handphone ini juga sudah punya NFC, tidak seperti G5 atau G5 Plus.

Sebagai handphone kelas menengah, performa handphone ini bagus. Sejauh ini saya tidak menemukan kendala. Membuka banyak aplikasi dan berpindah antar aplikasi berjalan dengan lancar. Termasuk memulihkan riwayat percakapan WhatsApp (saya tidak pernah melakukan clear chat) dan email, main game online, dll.

Menonton film atau video YouTube di handphone ini memuaskan (tadi kita sudah membahas layar di hands-on). Kualitas suara yang keluar dari speaker juga bagus. Tidak cempreng dan mantap. Tapi perlu saya ingatkan, speaker-nya terletak di bawah. Jadi kalau main game, sering tertutup tangan dan teredam.

Baterai Moto G5s Plus juga awet. Dengan mudah bertahan untuk satu hari (penggunaan standar, tidak main game online lama). Mengisi baterai dengan Turbo Charge (fast charging ala Motorola) juga cepat.

Nah, ada hal yang masuk dalam catatan saya. Ada beberapa kondisi yang bisa membuat handphone ini hangat. Ketika sinyal susah dan saat main game online lama (dan sinyal kurang bagus). Masalah hangat ini juga terasa karena bodinya yang terbuat dari metal. Sejauh pengalaman saya, hal ini masih dalam tahap wajar.

Kesimpulan: Salah satu handphone menengah terbaik

  • Kualitas dengan rasa handphone flagship
  • Dipuji di mana-mana

Handphone kelas menengah umumnya merupakan handphone nanggung. Berambisi tinggi, tapi masih terbatas kelengkapannya. Biasanya hal itu membuat pertimbangan jadi rumit.

Lalu apa yang ditawarkan oleh Moto G5s Plus? Baik di atas kertas maupun berdasar pengalaman, handphone ini menunjukkan kelas tersendiri. Terutama karena kualitas produk dan fitur turunan handphone flagship.

Moto G5s Plus tidak pelak lagi merupakan salah satu handphone terbaik di kelasnya. Pesaing terdekat mungkin Xiaomi Mi A1. Tapi yang jelas, pertarungan kedua handphone itu akan berlangsung sengit. Karena saya belum berkesempatan mencoba Xiaomi Mi A1, untuk sementara saya bertaruh ke Moto G5s Plus.

Kamu boleh saja tidak percaya ulasan saya. Tapi silakan lihat blog ternama lain. Baik Tech Radar, Trusted Reviews, Android Authority, atau Tom’s Guide memberikan nilai yang baik. Beberapa opini mungkin berbeda dengan saya. tapi secara umum, Moto G5s Plus mendapat opini bagus.


Setelah sukses di program flash sale eksklusif di Lazada, Moto G5s Plus kini tersedia di gerai Point 2000, Oke Shop dan Global Teleshop di Jakarta dan Bandung, juga gerai Erafone di berbagai kota dan toko handphone lain. Moto G5s Plus dibandrol dengan harga Rp 3.333.000.

Kunjungi Toko

Moto G5s Plus
  • Desain & Bodi
  • Layar
  • Audio
  • Kamera
  • Fitur
  • Penggunaan
  • Harga/Performa
4.1

Kesimpulan

Dengan harga terjangkau, Moto G5s Plus memberikan fitur dan kualitas di atas rata-rata. Salah satu yang terbaik di kelasnya.

Sending
User Review
0 (0 votes)

Ada komentar?