Awas Jasa Blokir Akun Instagram: Pertolongan & Penipuan Beda Tipis!

Jasa blokir akun Instagram kini makin diminati. Tapi awas.. Karena saat ini banyak laporan mengatakan kalau jasa ini penuh dengan penipuan.

Instagram saat ini bukan cuma tempat strategis buat orang-orang yang suka jualan online. Bagi sebagian pengguna terlebih yang jago mengutak-atik akun Instagram, media sosial yang satu ini bisa mereka jadikan sumber uang dengan ‘cara berbeda.’

Contohnya jasa blokir akun Instagram, yang saat ini telah menjadi incaran banyak orang. Dengan merogoh kocek ratusan ribu sampai jutaan rupiah, kamu bebas memblokir akun Instagram siapa pun. Baik temanmu yang menyebalkan, musuhmu, atau bahkan sampai akun Instagram mantan pacarmu.

Sekilas penyedia jasa ini mungkin bakal memberikan bantuan yang ‘menggiurkan’ buatmu. Tapi apa kamu yakin mereka benar-benar telah menolongmu? Atau justru, kamu selama ini cuma dimanfaatkan untuk kepentingan mereka sendiri?

Hmmm… Simak artikel ini sampai selesai deh. Biar kamu tahu ‘sisi lain’ dari jasa blokir akun Instagram.

Fenomena Jasa Blokir Akun Instagram

Menurut laporan yang diposting situs Motherboard baru-baru ini (mereka dapatkan dari proses wawancara dengan si penipu dan deretan kasus pernah yang ada), biasanya scammer (si penipu yang menyediakan layanan blokir akun Instagram) bakal memakai taktik khusus.

Scammer biasanya akan menggunakan akun terverifikasi -akun centang biru- untuk melancarkan aksinya. Mereka bakal menyamar sebagai target (nama, foto, bio dibikin supaya kembar dengan target).

Setelah itu, akun terverifikasi yang mereka pakai bakal melaporkan target ke Instagram dengan tuduhan menjiplak dirinya. Rupanya cara tersebut sangat manjur. Katanya asalkan target memakai gambar profil manusia, maka metode ini bakal berhasil.

Sumber : The Verge

Agar akun si target benar-benar bisa diblokir Instagram, scammer akan membuat skrip yang bisa mengirim spam ke alat pelaporan Instagram tanpa mencapai batas aplikasi (kelihatannya sekitar 40 laporan). Karena Instagram mendapat banyak aduan, jadi mereka otomatis bakal langsung memblokir akun si target.

Nah menariknya selain menawarkan jasa pemblokiran akun, penipu biasanya juga menawarkan jasa untuk mengembalikan akun Instagram lho. Biasanya jasa pengembalian akun bakal dibanderol lebih mahal yakni sekitar $3.500 – $4.000.

Menurut Motherboard, orang yang akunnya tiba-tiba diblokir Instagram, biasanya akan menerima tawaran bantuan pemulihan ‘segera setelah’ akun mereka diblokir. Lucunya, tawaran bantuan ini juga berasal dari si tukang blokir tadi.

Jadi setelah tukang blokir menolongmu memblokir akun musuhmu, dia juga akan menolong musuhmu untuk mengembalikan akunnya. Setelah dapat bayaran dari kamu, mereka juga bakal minta bayaran ke musuhmu (kalau dia tertarik pakai jasa pengembalian akun sih). Benar-benar penipuan kan jadinya?

Instagram sendiri belum mau banyak berkomentar soal fenomena ini. Tapi menurut pernyataan terbarunya kepada Motherboard, Instagram cuma bilang kalau mereka saat ini tengah menyelidiki situs yang menawarkan layanan pemblokiran akun. Instagram juga mewanti-wanti pengguna agar selalu hati-hati dengan para penipu.

Jika kamu merasa akunmu hilang atau diblokir Instagram secara tiba-tiba, padahal kamu merasa nggak melanggar peraturan Instagram, kamu bisa baca Pusat Bantuan Instagram untuk mengetahui cara memulihkan akunmu.

Nah setelah mengetahui sisi lain dari penyedia jasa pemblokiran akun Instagram, sekarang kamu bisa lebih berhati-hati. Jangan mau ‘dikibulin’ sama mereka ya guys!

%d blogger menyukai ini: