Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Kapasitas Baterai iPhone 14 Series Terungkap!

Anom Penulis

Apple menjanjikan daya dari baterai yang bertahan seharian. Tapi seberapa besar sebenarnya baterai iPhone terbaru? Nah, ada informasi soal kapasitas baterai iPhone 14 series muncul di internet.

Seperti biasa, Apple tidak pernah mencantumkan secara persis berapa besar baterai perangkat. Mereka hanya menyebutkan ukuran berdasar penggunaan. Misalnya berapa jam untuk memutar video.

popculture.id

Tentu hal ini membuat banyak orang penasaran. Apalagi jika ingin membandingkan baterai iPhone dengan ponsel Android. Ya kan?

Nah, MacRumors berhasil mendapatkan data soal kapasitas baterai jajaran iPhone 14. Mereka mendapatkannya dari data soal peraturan perangkat di Cina.

all iphone 14 series

Perbandingan Baterai iPhone 13 dan iPhone 14 Series

Dari data tersebut, terlihat kalau sebagian besar iPhone yang rilis tahun 2022 ini punya baterai lebih besar dari sebelumnya. Namun, yang menarik, iPhone 14 Pro Max punya kapasitas daya lebih kecil dari seri 13.

Baterai iPhone 13 Series

  • iPhone 13: 3227 mAh
  • iPhone 13 Mini: 2406 mAh
  • iPhone 13 Pro: 3095 mAh
  • iPhone 13 Pro Max: 4352 mAh

Baterai iPhone 14 Series

  • iPhone 14: 3279 mAh
  • iPhone 14 Plus: 4325 mAh
  • iPhone 14 Pro: 3200 mAh
  • iPhone 14 Pro Max: 4323 mAh

Selain pada versi Pro Max, perbedaan lain tentu berada pada versi Mini dan Plus. Seperti kita ketahui bersama, Apple menghapus versi mini dari seri 14 dan menggantinya dengan versi Plus. Yang jelas punya baterai lebih besar.

Mana Yang Lebih Awet?

Secara logis, ini membuat iPhone 14 Plus nampaknya menjadi versi dengan daya paling awet. Bagaimanapun, ponsel ini punya baterai yang sama besar dengan versi Pro Max.

Lalu dengan besar layar 6,7 inci yang sama dengan versi Pro Max, ia tidak punya fitur lebih seperti ProMotion dengan adaptive refresh rate sampai 120Hz dan tidak punya Always-on Display.

Kecerahan layarnya pun ‘hanya’ 1200 nits pada kondisi puncak (HDR), jika dibandingkan dengan versi Pro Max yang mencapai 2000 nits pada kondisi puncak (HDR).

Tapi ternyata tidak begitu. Apple menyebutkan kalau iPhone 14 Plus bisa memutar video sampai 26 jam. Sementara iPhone 14 Pro Max mampu memutar video sampai 29 jam. Menarik bukan?

Nampaknya Apple menerapkan optimalisasi khusus pada versi iPhone 14Pro Max. Misalnya menyesuaikan refresh rate sesuai pemakaian, termasuk sampai 1Hz untuk Always-on Display.

Yah, ini memang merupakan keunggulan Apple. Karena mereka berada di satu ekosistem yang sama, Apple bisa membuat efisiensi tiap perangkat dengan sangat optimal.

Hal ini juga yang sering memuat jadi agak ‘kurang masuk akal’ ketika kita membandingkan perangkat Apple dengan yang lain. Seperti kita ketahui, ponsel Android rata-rata punya baterai yang lebih besar. Bahkan sampai 6000 mAh, seperti di ROG Phone 5s.

Nah, itulah informasi kapasitas baterai iPhone 14 series. Lumayan untuk jadi pertimbangan jika kamu berminat membelinya.

    %d blogger menyukai ini: