BBM Akan Berhenti Beroperasi Pada Akhir Mei 2019

Ping! Ping! Ping!

bbm berhenti beroperasi

Ya, BBM akan berhenti beroperasi pada akhir Mei 2019. Salah satu aplikasi pesan paling populer ini akhirnya mengibarkan bendera putih, dan surut undur dari panggung dunia teknologi.

BBM mengumumkan hal itu melalui blog resminya. Mereka menyebutkan bahwa secara resmi, BBM akan berhenti beroperasi pada tanggal 31 Mei 2019.

Mereka juga menyebutkan kalau tiga tahun lalu, BBM berusaha tampil sebagai aplikasi pesan instan baru.

Pembaruan BBM itu meliputi kemampuan lintas perangkat, mengakses berbagai konten, dan bahkan untuk membayar berbagai tagihan. Walau aplikasi itu tercapai, namun pertumbuhannya tidaklah seperti yang diharapkan.

BBM mengakui bahwa dunia sudah berubah. Dunia teknologi bergerak begitu dinamis. Banyak pengguna pindah ke platform lain, dan hanya sedikit pengguna baru yang bergabung.

BBM atau lengkapnya Blackberry Messenger awalnya adalah aplikasi pesan instan untuk perangkat Blackberry. Pertukaran pesan berjalan hanya sebatas pengguna perangkat tersebut, melalui sistem otentikasi berupa nomor PIN.

bbm blackberry
Aplikasi BBM di perangkat BlackBerry

Seiring waktu berjalan, dengan ponsel Android dan WhatsApp yang semakin populer, BBM pun surut. Pada tahun 2016, Indonesia menjadi satu-satunya negara tempat aplikasi BBM masih populer.

Tahun itu, Emtek Group yang berbasis di Indonesia mendapatkan lisensi untuk BBM selama 6 tahun. Pada tahun 2017, server BBM pindah dari pusat data di Kanada ke pusat data berbasis Google Cloud di Asia.

Demikianlah, pada akhirnya, BBM mengumumkan berhenti beroperasi pada tahun 2019.

Melalui artikel di blog resmi tersebut, BBM juga berterima kasih pada semua pengguna, rekan, dan pegawai yang telah menjadi bagian aplikasi pesan ini.

Jadi bagi kamu pengguna BBM, bersiaplah mengucapkan selamat tinggal. Jangan lupa cek semua data dan layanan yang kamu pakai selama menggunakan BBM. Mumpung masih ada waktu sebelum aplikasi pesan ini benar-benar berhenti.

%d blogger menyukai ini: